Recommended vet or pets clinic

Posted: October 28, 2011 in Vets dan Pengobatan

Tidak semua vet mengerti mengenai guinea pig dan permasalahan kesehatannya. Banyak juga diantaranya yang malah salah memberi obat. Namun, berdasarkan pengalaman beberapa GPL yang pernah memeriksakan GP2nya ke vet, ada beberapa vet yang mengerti atau setidaknya mau belajar mengenai GP sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya salah memberikan obat atau treatment kepada GP kita. Beberapa vet tersebut antara lain :

Quote:
PASTIKAN MENELPON DULU SEMUA VET UNTUK MENGETAHUI JADWAL VET YANG DIREKOMENDASIKAN BERADA DI TEMPAT

SUNTER, JAKUT
Drh. Rotoro [hanya dia yang cavy savy] -thx to pinkberry
alamat di
Drh. Cucu Kartini Sajuthi (Praktek Bersama) -24jam
Jl. Sunter Permai Raya Ruko Nirwana,
Sunter Asri Tahap III Blok J-I No.2
Jakarta Utara Telp: 021-6515261-62

GREENGARDEN, JAKBAR
Drh. Rotoro
Praktek Dokter Hewan Bersama, -tidak 24 jam-
drh. Cucu K Sajuthi, dkk.
Green Garden block I.9 no. 35, Jakarta, Indonesia 11520.
(021) 58302918

KEMANG, JAKSEL
Drh. Siti Zaenab
My Vets Animal Clinic
Jl. Kemang Selatan 8, No. 7A
Tel: 021 7668241
Clinic open: Mon-Fri 10am-8pm, Sat 10am-3pm
House calls by appointment.
Phone: 0816 1872729 or 0815 1809746

BSD, TANGGERANG
Drh. Siti Zaenab
animal clinic my vet BSD
Nusa Loka, JL. kalimantan Blok e2 no. 4
No. telp : 5384236

ALAM SUTERA, TANGGERANG
Drh. S.R.Rotoro
Praktek Dokter Hewan Bersama Alam Sutera Drh. S.R.Rotoro, dkk
Alamat: RUKO JALUR SUTERA KAV. 19A NO.22, ALAM SUTERA SERPONG – (021) 4555 0404

Vet Siti tergolong bagus dalam menangani permasalahan GP, beliau cukup mengerti mengenai pengobatan dan treatment berbagai penyakit GP.  Beliau cenderung lebih menghindari antibiotik dibandingkan Drh Toro. Tetapi apabila dibandingkan, keduanya adalah dokter hewan yang paling berkompeten dalam menangani GP  dibandingkan drh lainnya. Mereka mengerti penanganan penyakit pada GP dan tahu dosis dan jenis-jenis obat yang terlarang untuk GP. 

 

ZEN pet clinic, grooming, and shop
Jl. Pluit Permai no. 30 JAKARTA UTARA 14450
telp : 021-6696968
fax : 021-6670052

Review :

* Seorang GPL menginformasikan bahwa pernah membawa GPnya untuk grooming di tempat ini, dan mengatakan bahwa pelayanannya sangat memuaskan. Tetapi hingga hari ini 30.04.2011 masih belum ada info lebih lanjut mengenai apakah clinic ini pernah menangani GP atau belum.

 

Drh. Iwan Willyanto MSc. PHd dan Drh. Inggrid S. Willyanto
Rungkut Mejoyo Utara V-31
(Tenggilis Mejoyo AE-22)
Surabaya
Telepon: (031) 8411810, 8493041

Review :

Salah seorang GPL membawa GPnya kepada vet Iwan untuk diperiksakan, GPL tersebut tidak lupa membawa print out beberapa pages penting untuk dijadikan acuan apabila nanti ada keraguan tentang pengobatan GPnya. Vet Iwan mau membaca dan memberikan treatment kepada GPnya sesuai dengan print out yang diberikan kepada beliau. 

Drh. Alex Saba, Drh. Muhammad Al Faiz, Drh. Agry Yayan

Alamat : Jalan Matra Persada No. 10 Gn. Batu,Bandung

Telp : (022) 2013474 & 08112232630

Melayani house call
Review :
Vet Alex memenuhi panggilan house call ke rumah saya ketika salah satu GP saya sakit. Beliau cukup ramah dan mau menerima masukan dari saya ketika beliau akan memberikan treatment dengan menggunakan obat yang sebetulnya tidak boleh diberikan ke GP. 

ZOOM Petshop

Drh. Yessi (hanya ada hari Kamis)

Pkl 16.00-20.00

Praktek Dokter Bersama

Jln Cikapayang (bawah flyover Pasopati), Bandung

Telp : 081809269828

 

Drh. Yessi (hanya ada hari Kamis)

Praktek Dokter Hewan Bersama

Ruko Gyan Plaza B32

Terusan Pasir Koja, Bandung

Telp : 081809269828

Review : 

Drh. Yessi ini praktek bersama dengan Drh. Anton Susilo yang termasuk salah satu vet yang bagus di kota Bandung. Drh. Anton juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangani GP, meskipun beliau tampaknya lebih dikenal dalam menangani anjing, kucing dan reptil. Tetapi kalau untuk penanganan GP, terus terang saya lebih mempercayakan GP2 saya kepada Drh. Yessi yang meskipun lebih junior daripada Drh. Anton tetapi memiliki kemampuan yang lebih dalam menangani GP dan kelinci. 

 

NB : Dokter-dokter tersebut memang pernah melayani GP, tetapi SANGAT DISARANKAN untuk tetap membawa print out dari guinealynx!

Vet yang baik adalah vet yang mau menerima masukan dari ownernya (tentunya dengan berpatokan pada pengobatan yang disarankan oleh guinealynx atau buku2 veterinarian). Tidak semua vet yang profesional di bidang anjing/kucing juga memiliki profesionalisme yang sama di bidang GP. 

Comments
  1. GP lover says:

    mas bro .. mw tanyak nii .. utk daerah pekanbaru ada gaa yaa ..??

    mw tnyak lagi ..
    marmut gw bulu nya ada seperti bintik2 kcil wrna coklat … n banyak …
    knp itu yaa ..??

    • keliatannya kutu…
      coba beli ivermectin secara online, boleh yg injeksi boleh juga yang oral. Untuk yang injeksi sebaiknya diberikan secara topikal saja, gunakan yg 1% solution. Gunakan hanya 0.05 cc/kg, jadi kalikan berat badan GP dengan 0.05 cc, jumlah yang didapatkan adalah dosis ivermectin yang harus dioleskan ke bagian tengkuk GP.

      • zizizizizi says:

        ini gp saya kok kulitnya pink, dgn spots coklat, di kakinya warnanya ada putih2 dan mengeras, lalu skrg samping badannya botak gitu gede. kenapa yah? haduhhh.. bingung ini. tq

      • Saya kurang mengerti pertanyaan sis ttg kulit pink dgn spot coklat. Memang terkadang warna kulit GP tergantung oleh warna bulu yg tumbuh pada area tersebut. Makanya kadang terdapat kulit yang pink dan ada pula bagian yang berwarna coklat. Mungkin ini maksud pertanyaannya ya?

        Untuk kaki yang warnanya putih dan mengeras, kemungkinan itu spurs. Harus dikelupas agar tidak mengganggu GPnya, karena nantinya akan makin besar. Cara pengelupasan spurs bisa dengan merendam kaki GP ke air hangat agar lapisan spursnya melunak, kemudian dikelupas pelan-pelan. GP akan merasa terganggu dan tidak nyaman karena dia kemungkinan merasa kesakitan karena kulit dan bulunya ikut tertarik. Untuk itu kita harus super hati-hati, karena salah-salah kulitnya bisa ikut terkelupas dan akhirnya menimbulkan luka. Obati dengan betadine salep apabila terjadi luka. Pengelupasan spurs harus dilakukan dengan perlahan-lahan dan sabar. Kemungkinan tidak hanya dalam 1 kali pengelupasan, tetapi bisa saja 2-4 kali pengelupasan agar GP juga tidak terlalu stress.

        Untuk bagian samping badan yang botak itu patut diwaspadai. Apabila GP sis betina, ada kemungkinan dia terkena ovarian cyst (kista) yang kalo sudah sangat parah harus dioperasi. Ovarian cyst bisa dibaca disini : http://www.guinealynx.info/ovarian_cysts.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s