TENTANG GPL

Guinea Pigs Lover (GPL) adalah komunitas pecinta Guinea Pig di Kaskus. Didalamnya terkumpul banyak pecinta, pemelihara dan beberapa breeder Guinea Pig. Karena seringnya diskusi dan tukar pikiran mengenai GP dan pemeliharaannya, maka para anggota GPL menjadi dekat satu sama lain. Link komunitas GPL sendiri asli nya adalah Guinea Pigs Lover-Kaskus dikarenakan keterbatasan pages yang di berikan oleh server… yaitu setiap 500 pages trit akan di tutup dan di pindah ke trit baru, dan karna kekhawatiran para GPL akan kehilangan info2 penting di dalam nya, maka kami, berinisiatif untuk membuat blog ini sebagai back up info  :D

Guinea Pig sendiri sebenarnya hewan yang telah lama ada dan diternakkan di Indonesia, hanya saja kemunculannya sebagai hewan peliharaan yang tidak kalah lucu dibandingkan dengan hewan-hewan peliharaan lainnya baru disadari oleh masyarakat. Karena itulah pemeliharaan dan perawatan guinea pig sebagai pet masih sedikit diketahui oleh masyarakat. Banyak yang mengira bahwa pemeliharaan guinea pig sebagai pet disamakan dengan pemeliharaan guinea pig sebagai hewan ternak. Untuk itu, kami selaku pecinta Guinea Pig berusaha menggebrak sistem pemeliharaan konvensional masyarakat dan berusaha menggantinya dengan sistem pemeliharaan yang lebih baik bagi guinea pig yang kami dapat dari berbagai sumber. Tujuannya…tidak lain untuk mensejahterakan kehidupan guinea pig itu sendiri. Sistem perawatan yang berusaha kami share mengacu pada “Aturan Umum di My Pets” Kaskus :

Sesuai judul Forum My Pets ditujukan untuk binatang yang dikategorikan kedalam PETS. Definisi yang dipakai disini adalah binatang/hewan kecil (small animal) yang dipelihara manusia untuk disayang, dimanja, dielus elus dan dijadikan teman.
My Pets tidak mengijinkan thread/postingan yg memuat segala bentuk olah raga/aktivitas/hobby yang dapat membahayakan kesehatan/keselamatan hewan itu sendiri apalagi kalo dengan sadar mengadu, mempertarungkan binatang, baik itu hewan sejenis atao laen jenis.
Termasuk perjudian yang dilatar belakangi oleh hal di atas tidak bisa ditolerir.

Binatang buas yang belum di domestikasi tidak termasuk pets, misalnya : harimau sumatera, gajah, badak, buaya, komodo, serigala …. etc.
Hewan ternak tidak masuk dalam kategori pets, yg termasuk disini: sapi perah, kerbau sawah, ayam potong, kambing kurban, kelinci sate … etc.

jadi jelas bahwa sistem perawatan yang diharapkan untuk dishare di GPL adalah sistem perawatan guinea pig sebagai pets, dan bukan sebagai hewan ternak.

semoga blog ini bisa berguna untuk dunia per GPan indonesia…

kalau ada masalah tentang guinea pig anda… silakan gabung di trit guinea pigs lover-Kaskus, grup FB GPL : http://www.facebook.com/groups/260045984071239/ atau email ke gplkaskuscommunity@gmail.com

–salam nguik-nguik ^^–

Comments
  1. della says:

    wah terpukau deh sama blog ini.. lagi cari – cari info tentang guinea pig, dapetnya langsung lengkap banget !! mantep dehh..😀 mustinya dibikin jadi buku aja nih.. :b
    saya belum punya guinea pig. baru ada niat pelihara gara – gara keseringan liat tivi tentang guinea pig, heheheh abisnya lucu bangett
    eh iya, mau tanya, guinea pig bisa tertular toksoplasma ga? terimakasih atas perhatiannya…🙂

    • Makasih replynya sis, semoga kedepannya blog ini bisa terus menjadi panduan bagi GP owners lainnya🙂

      Pada dasarnya, hewan mamalia pasti akan memiliki kemungkinan tertular toksoplasma, begitupula dengan GP. Tapi bukan berarti hal ini tidak dapat dicegah, dengan mengetahui bagaimana proses penularan toksoplasma kita bisa mencegah penularan toksoplasma ke peliharaan kita – tidak hanya GP🙂
      Seingat saya (sedikit lupa, tapi nanti coba sis googling tentang penularan toksoplasma ke pet), penularan toksoplasma itu terjadi melalui 3 hal : janin, memakan bangkai/daging hewan yang tidak bersih dan tertular toksoplasma, menyentuh kotoran hewan yang terjangkit toksoplasma (hal ini termasuk mengkonsumsi makanan yang sebelumnya telah tersentuh oleh kotoran hewan yang terjangkit toksoplasma).
      Dari kemungkinan-kemungkinan diatas, penularan toksoplasma ke GP paling mungkin ditularkan melalui hal ketiga, dimana GP mengkonsumsi makanan (berupa sayur atau rumput), yang sebelumnya telah tersentuh oleh kotoran hewan yang terjangkit toksoplasma. Makanya, di GPL selalu disarankan untuk mencuci terlebih dahulu sayur dan rumput yang akan diberikan kepada GP, selain menghindari zat2 berbahaya yang mungkin meracuni GP (misal bekas pestisida dan bahan kimia lainnya) juga untuk menghindari penularan toksoplasma ke GP🙂

  2. dewdew says:

    mau nanya dong kalo guinea pig kena jamur gimana yah ngobatinnya selagi belum parah banget

    • ngobatinnya bisa pake miconazole atau ketoconazole (dapat dibeli di apotik). Oleskan sehari 2 kali di area yang terinfeksi jamur sambil dipijat2 pada area tersebut sehingga obat meresap. Kalo mau, bulu2 GP di sekitar area yang terinfeksi jamur dicukur dulu agar mengobatinya lebih mudah. Lalu ada baiknya tiap 3 hari sekali GP dimandikan dengan Nizoral SS (atau shampo lain yang mengandung ketoconazole), caranya GP dimandikan sekali dengan shampoo puppy/kitten, lalu setelah dibilas GP dishampoo lagi dengan menggunakan Nizoral SS. Diamkan selama 5-15 menit, selama waktu ini GP akan berusaha menjilat shampoo dari tubuhnya, ini tidak berbahaya tapi bagaimanapun juga usahakan agar GP tidak terlalu banyak menjilat agar pengobatan dapat maksimal. Setelah itu, bilas GP hingga bersih dan keringkan tubuh GP.

    • andjelo says:

      Gan mau tanya pelet yg sangat cocok buat GP apa ya?? Trims😀

      • GP yang kena jamur bisa diobati dgn menggunakan salep miconazole atau ketoconazole. Dan dimandikan dgn shampoo nizoral atau ketomed (atau shampoo lain yang memiliki kandungan ketoconazole). Cara memandikan GP dgn shampoo tersebut bisa dibaca di blog ini juga🙂

  3. Julia says:

    Mbak mau tanya…toko yang jual kain fleece dimana ya???thanks

  4. dinda says:

    saya mau nanya dong, GP itu suka gigit kaya hamster ga? dan GP bisa di mandiin yah? maklum, baru mau terjun di dunia pemeliharaan GP nih..thx infonya yaa.

    • GP bisa menggigit, tapi sangat-sangat jarang menggigit. Gigitan GP biasanya digunakan hanya untuk berkelahi dalam memperebutkan dominasi kandang, tetapi tidak menutup kemungkinan GP akan menggigit ownernya kalau dia merasa sangat-sangat terancam. Saya sendiri pernah digigit GP tapi cuma 2 kali, itupun karena saya panik untuk segera misahin GP2 yang berkelahi, akhirnya dia malah salah gigit.

  5. andrew says:

    halo…mau tanya nih klo pelet buat kelinci ga cocok ya untuk GP?
    sejauh apa sih efek nya buat GP? apa bisa menyebabkan kematian?
    soalnya GP saya dikasih pelet kelinci 2 hari kemudian mati….kasian anak2nya skrg gada induknya…😦

    rus knp ya anak2nya skrg gak nafsu makan padahal sebelumnya suka bgt makan wortel?
    perutnya gemuk bgt n susah pup, sakit apa ya?
    klo perut ayahnya kaya berketombe knp ya?

    oh iya satu lagi nih….GP boleh ga sih dikasih vitagel yg utk hamster?
    sori banyak nanya nih…thx ya…hehehehe

    • Perutnya gemuk dan susah pup kemungkinan GPnya kembung, ini berbahaya dan bisa membunuh GP. Untuk kembung lengkapnya bisa dibaca disini : http://www.guinealynx.info/emergency.html#bloat atau tanya2 aja di GPL buat lebih jelasnya (saya lebih sering reply dan ngecek GPL daripada ngecek blog soalnya). Penanganan kembung harus dilakukan secara cepat karena kalau dalam 18 jam GP bro ga makan, maka otomatis pencernaannya akan terhenti dan 90% bisa dipastikan GP bro akan meninggal.

      Pellet kelinci tidak cocok untuk GP karena kebutuhan nutrisi GP dan kelinci itu berbeda. GP lebih membutuhkan vitamin C sementara kelinci membutuhkan vitamin A. Dan kebutuhan2 akan mineral, vitamin dan zat2 lainnya juga berbeda. Pellet kelinci dibuat dan disesuaikan nutrisinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kelinci, bukan GP. Jadi kalau menggunakan pellet kelinci untuk GP akibatnya akan ada kelebihan dan kekurangan mineral, vitamin dan zat-zat lainnya. Dalam jangka pendek mungkin ini tidak terasa, tetapi dalam jangka panjang ini akan sangat terasa bahkan bisa berakibat sangat fatal.

      GP sebaiknya tidak diberikan suplemen2 yang tidak perlu seperti vitagel, dan multivitamin lainnya. Usahakan untuk memberikan sayuran yang bervariasi, ini cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sementara untuk vitamin, hanya gunakan vit C IPI 1/2 tablet per hari atau 1/8 bagian paprika setiap hari sebagai sumber vitamin C-nya. Buah2an tidak bisa digunakan sebagai sumber vitamin C karena kadar gulanya yang tinggi. Lengkapnya baca https://guineapigsloverindonesia.wordpress.com/category/the-foods/

      Perut GP yang berketombe bisa jadi karena jamur. Pakai miconazole atau ketoconazole dan oleskan 2 kali sehari di area yang terkena jamur. Mandikan GP dengan shampoo nizoral SS setiap 3 hari sekali untuk membantu mempercepat pengobatan.

      Semoga membantu🙂

  6. Helsa says:

    mau nanya nich. Aq baru beli gp bulan lalu. Umur dan jenis beda. jenis kelaminnya 1 ce (6 bln) 2 co (4 bln). katanya yang co nya 1 indukan. yang abangnya usiiiiilll bgt.yang dedenya sering digangguin (disundul2). yang mau aq tanyain dari smua gp yang aq punya yang paling sering gigit itu yang paling kecil (c dede nya). gimana caranya supaya dya ga gigit2 terus?

    • Maksudnya ketiga2nya disatukan di satu kandang? GP adalah hewan yang memiliki sifat dominasi yg cukup tinggi. Keberadaan GP betina disekitar mereka akan memicu perkelahian antara para jantan. GPL selalu menyarankan agar memisahkan betina dengan jantan agar tidak terjadi overpopulasi.

      Untuk kasus sis, kalau memang ketiga-tiganya disatukan disatu kandang ada baiknya dipisahkan betinanya agar yang jantan dapat lebih akur. Sediakan juga area yang cukup luas karena jantan memiliki sifat teritorial yang lebih tinggi daripada betina. Moga-moga dengan begini mereka dapat lebih akur🙂

  7. Coba ke FJB – Kaskus, ada beberapa breeder yang juga memasarkan GP secara online di FB, atau coba ke petshop/pasar hewan terdekat.

  8. jodie says:

    kain fleece dan kain flanel itu sama nggak?
    saya kesulitan cari kain fleece didaerah saya.

  9. Margita FT says:

    Informasi-informasi yg ada diwebsite ini dan diforum kaskus telah saya ikuti dan sangat bermanfaat bagi saya ..
    tetapi saya ada kendala pada saat ingin ikut bertukar pikiran diforum kaskus , karena saya belum pernah ikut forumnya , taunya cuma jual beli , gimana sih caranya ?

    Lalu, saya sekitar dari 2 bulan yang lalu sangat menyukai guinea pig . Tetapi hingga sekarang saya belum memelihara GP .
    Karena saya masih ragu-ragu untuk memeliharanya, keraguan saya itu bermula ketika saya melihat berbagai macam penyakit pada GP .
    Saya takut , nanti saya malah tidak dapat mengatasinya karena dilihat dari macam-macam penyakitnya sangat menakutkan .
    Dari segi materi dan perawatannya saya sudah sangat bersedia .
    Saya dirumah telah memelihara hamster beberapa ekor semenjak 1 tahun yg lalu , malahan hamster saya sudah beranak hingga 50an ekor dan dibagi-bagikan dengan teman saya yang ingin memelihara hamster jg dan sampai skrng tidak ada yg sakit-sakitan .
    Menurut Anda bagaimana dengan keraguan saya ini ?

    Tolong bantuannya🙂

    • Kami mempunya satu forum lagi berbentuk grup facebook GPL, sis bisa join dan sharing di grup tersebut : http://www.facebook.com/groups/260045984071239/

      Salah satu tujuan dibuatnya grup tersebut memang agar yang tidak memiliki ID Kaskus, tidak terlalu familiar dengan kaskus tetap dapat bergabung dan sharing mengenai GP2nya.

      Untuk permasalahan keraguan, sebenarnya tidak perlu ragu apabila memang dalam segala segi sudah dirasa mampu. Kalau sumber dari segala keraguan tersebut hanyalah karena penyakit, semua makhluk hidup pada dasarnya tidak akan terlepas dari yang namanya penyakit. Yang paling penting adalah bagaimana kita mencegahnya, mengobati dan mengatasinya. Dengan mengetahui gejala-gejala GP yang sakit, diharapkan penyakit dapat dideteksi sedini mungkin sehingga dapat ditangani sesegera mungkin.

      Satu pertimbangan utama ketika akan memelihara GP selain pertimbangan material adalah komitmen terhadap kepemilikan pet tsb nantinya: komitmen untuk non breeding agar mencegah overpopulasi, komitmen merawat secara baik untuk jangka waktu minimal 5 tahun, dll. Kalau kira-kira semuanya OK, menurut saya tidak ada lagi yang perlu dicemaskan🙂

  10. norman says:

    gan mw nanya.. pelet / pur khusus GP ada ga sih??
    slain sayur, ato buah bisa di kasi apa??
    nyari rumput skitar rumah susah banget soalnya…

    • Pellet khusus untuk GP ada (coba baca artikel tentang pellet yang diapproved oleh GPL di blog ini).

      Sayur dan rumput/hay tetap harus dikasi, ga bisa digantikan dengan pellet atau apapun bro. Untuk sayurnya bisa coba dikasi selada2an, tomat mini, zucchini, paprika, daun ubi, daun ketumbar/cilantro/coriander, kulit jagung (minimal berikan 3 sayur per hari, sayuran wajib = selada).

      Kalau kesulitan mencari rumput, coba beli hay bro. Sebagian besar GP owners memang kesulitan mendapatkan rumput unlimited, sehingga memang harus beli hay. Ada koq seller hay lokal yang jual secara online🙂

  11. alvin says:

    mau nanya niih kalau guinea pig lovers di bandung ada ga sih?????

  12. Ninis says:

    halo, mau tanya kalo GP dikasih pelet hamster dan wortel boleh ngga ya??

    • Pellet hamster disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi hamster, bukan dgn kebutuhan nutrisi GP. Gunakan hanya pellet khusus GP yang telah diapprove oleh GPL

      Pemberian wortel dibatasi seminggu sekali, hanya sebagai treat saja. Untuk sayur2an daily bisa diberikan selada, kulit jagung, daun ubi jalar, tomat mini, paprika, zucchini, dan daun ketumbar.

  13. Aprie says:

    gan, mau tanya..,kok GP saya perutnya tambah ndut ya stlh saya satuin sama yg jantan, apa jgn2 dy lagi hamil ya??
    kalo emang bener dy hamil,saya harus gimana ya?padahal umurnya baru 3 bln..
    makasih

  14. ronisoemolang says:

    Kenapa guinea pig saya malas makan

    • Selama ini makanan apa yang diberikan pada GP? Perubahan makanan secara mendadak bisa menyebabkan GP malas makan.

      Permasalahan lain yg paling umum adalah karena GP sakit, biasanya sakitnya sudah cukup parah kalau GP secara mendadak nafsu makannya menurun. GP bukan hewan yang suka menunjukkan kondisi sakitnya kepada owner, seringkali GP terlihat sehat walaupun sebenarnya sakit. Bawa ke vet sesegera mungkin kalau memang terjadi perubahan nafsu makan secara mendadak.

  15. Silvia says:

    mau tanya kenapa GP saya sekarang selalu bersin2 terus ya sampe 5x lebih terus idungnya sampe basah, bisa kasi infonya kenapa penyebab sama penangannaya. Terima kasih

    • Kemungkinan karena URI, ini penyakit berbahaya karena tergolong salah satu penyakit yg paling sering menjadi penyebab kematian.

      Penyebabnya :
      – kandang yang sirkulasinya krg baik
      – bedding yg kurang baik (contoh : serbuk kayu)
      – sanitasi kandang yg kurang
      – kelembaban udara yg tinggi

      Pencegahan :
      – kandang diletakkan indoor/didalam rumah
      – ukuran kandang yg sesuai standar, semakin kecil kandang otomatis pup dan pee akan menumpuk ditempat yg itu2 saja, ini meningkatkan kelembaban kandang dan jg sebagai media berkembangnya bakteri
      – bedding yang baik. Gunakan fleece, handuk, dan bedding2 lainnya yg dianjurkan di blog ini. Penggunaan bedding yg baik yg dikombinasikan dengan ukuran kandang yg baik, akan mengurangi kelembaban kandang.
      – bersihkan kandang secara rutin
      – berikan GP makanan yang baik, yg terdiri dari hay, variasi sayuran yg baik dan pellet. Tidak lupa selalu berikan vit C IPI 1/2 tablet per hari. Kombinasi makanan yg baik akan meningkatkan daya tahan tubuh GP dan membuatnya sehat.

      Penanganannya :
      – Bawa ke vet secepatnya, vet akan memberikan antibiotik untuk mengobati URI-nya. URI menyebar dgn sangat cepat, sehingga harus ditangani secepatnya pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s