Save your money to buy washing machine ;) It’s your time saver!!!

Posted: October 21, 2012 in Tips-tips keren dari GPL

Saya mau cerita tentang gimana awalnya saya akhirnya memutuskan untuk beli mesin cuci khusus untuk nyuci perlengkapan anak-anak dirumah…

Dulu, sewaktu saya sharing di forum GPC, saya seringkali mendapatkan saran dari penghuni disana untuk beli mesin cuci aja, mereka bilang “it’s very great and it saves your time a loooot, it won’t be a waste”. Waktu itu saya masih bimbang, karena gimanapun juga mesin cuci itu bukanlah barang yang murah. Darimana saya mendapatkan uang sebanyak itu untuk beli mesin cuci? Saya bolak balik mempertimbangkan lagi keputusan saya…

Terus terang, mencuci fleece dengan tangan sebenarnya tidak terlalu merepotkan, tapi pada saat itu dengan jumlah GP 7 ekor, dan kandang mereka adalah kandang yang ukurannya lebih dari ukuran ideal, mencuci fleece sebanyak 6 lembar tiap minggu memang cukup merepotkan. Untuk mengurangi beban, kadang suka dicicil nyucinya, tapi memang  tidak selamanya saya punya waktu luang untuk mencicil.

Akhirnya di satu titik saya merasa jenuh dan memutuskan untuk mulai menabung agar bisa membeli mesin cuci. Saya tidak mengambil keputusan lain seperti menggunakan bedding yang lebih buruk atau memperkecil kandang agar pekerjaan saya lebih praktis karena menurut saya itu merugikan GP2 saya. Lagipula, saya sangat bahagia dengan kondisi GP2 saya saat itu, dimana mereka mempunyai area yang cukup luas untuk bermain, kandang yang nyaman, bedding yang empuk. Saya tidak ingin menukar semua  rasa nyaman dan bahagia saya itu dengan kata : PRAKTIS yang malah  menyengsarakan GP2 saya dan membebani pikiran saya nantinya.

Saya mulai menabung, saya sisihkan uang 100ribu per bulannya. Target saya, selama 1 tahun saya harus bisa membeli mesin cuci sendiri. Selama menabung, saya bolak balik mempertimbangkan lagi keputusan saya, apakah ini bukan pemborosan? Rugi ga kalo saya beli mesin cuci, duitnya kan bisa dipake untuk hal yang lain…dan berbagai pertimbangan lainnya. Tapi kayanya keinginan saya untuk beli mesin cuci lebih besar (ditambah doktrin berupa bolak balik ngecek youtube dan nonton video cleaning guinea pig cage, atau washing guinea pig fleece, dan lain-lain). Oh iya, ada lagi kekhawatiran saya selain takut barang ini nantinya tidak berfungsi. Saya khawatir pihak keluarga saya akan menganggap itu pemborosan. Tapi untungnya karena orang tua saya pernah melihat susahnya saya mencuci fleece sendiri, akhirnya mereka mendukung keputusan saya itu. Dan pada tahun berikutnya, saya sudah bisa membeli mesin cuci sendiri yang harganya bahkan diatas 1 juta (hasil tambah-tambah dari uang THR, dan lain-lain).

Benar saja, seperti yang telah diprediksi penghuni GPC sebelumnya, membeli mesin cuci sama sekali bukan pemborosan. Sangat mudah dan sangat menghemat waktu, yang harus saya lakukan sekarang hanyalah menyapu kandang, mengganti handuk, lurik dan fleece dan memasukkan yang kotor ke mesin cuci. Nyalakan mesin cuci, dan saya bisa melakukan hal lainnya. Bahkan, mesin cuci itu ternyata tidak hanya berfungsi untuk saya pribadi, orang tua saya juga suka mencuci perlengkapan lain seperti kain pel, lap kotor atau keset dengan menggunakan mesin cuci tersebut.

Setelah hampir setahun menggunakan mesin cuci, saya sharing di grup FB GPL dan menganjurkan untuk mulai menabung juga. Dan ternyata tanpa saya duga, telah ada juga orang yang mempunyai pikiran seperti saya dan membeli mesin cuci portable untuk mencuci perlengkapan GP2nya, dan ada juga orang-orang yang cukup excited dengan hal ini dan mulai memutuskan untuk ikut menabung.

So, mari kita sama-sama mulai nabung buat beli mesin cuci. Saya rasa menabung 100ribu per bulan bukanlah hal yang sulit, apalagi kalau melihat dari manfaatnya yang jauh lebih besar. Saya berani jamin, pada saat GP owners telah membeli mesin cucinya dan menggunakannya, pasti akan merasa sangat bersyukur karena telah mempunyai mesin cuci tersebut🙂

Comments
  1. taniania says:

    start from this month😉

Leave a Reply

