Maintenance & Layering Kandang ala Sis Frida (fridzalone)

Posted: October 21, 2012 in Tips-tips keren dari GPL

One of the cages🙂

Teknik layering untuk kandang GP memang hal yang gampang-gampang susah, sebagai owner kita harus mau mencoba dan ngetes satu-persatu material yang kira-kira paling baik dan paling aman bagi GP.
Saya pribadi, udah mencoba berbagai teknik layering, mulai dari pakai serbuk kayu saja (pada saat informasi tentang serbuk kayu masih simpang siur), pakai wood pellets (yang ternyata menurut saya terlalu merepotkan karena pelletsnya nanti berubah menjadi seperti tanah yang mengendap di bagian bawah box impraboard kalau basah terkena pee GP), dll.

Saat ini, saya berada pada tingkat yang membuat saya merasa cukup puas dengan layering yang saya pakai (lapisan terbawah hingga teratas) :

– handuk (dan pada beberapa spot yang terbasah saya gunakan underpad)

– fleece

– lurik (khusus pada daerah kitchen, fungsinya agar hay yang berserakan lebih mudah diambil karena tidak menempel ke fleecenya)

Untuk maintenance-nya, dengan luas kandang yang diatas saya hanya perlu mengganti fleece sekitar 1-2 minggu sekali, kandang disapu 1-2 kali sehari. Sementara untuk handuk dan underpad, saya cek tiap 3 hari sekali, kalau udah lembab handuknya diganti. Underpad bisa dipotong menjadi 2-3 bagian (seperlunya saja) hanya untuk spot2 yang superbasah. Begitu underpad sudah basah, saya langsung ganti dengan yang baru (umumnya 3 hari sekali), begitupula dengan luriknya. Fleece, lurik dan handuk saya cuci dengan mesin cuci (ya, saya menabung untuk membeli mesin cuci untuk mencuci fleece dan handuk GP serta lap, keset rumah, pel, dll).

Sejauh ini, saya ngerasa ini layering bedding yang terbaik yang pernah saya pakai. Ada beberapa keuntungan yang saya dapatkan dengan menggunakan layering ini apabila dibandingkan dengan menggunakan layering lainnya :

  • ketika saya memakai serbuk kayu, serbuk berceceran kemana-mana jadi saya harus bolak bali nyapu sekeliling kandang dan ini sangat merepotkan
  • ketika saya memakai serbuk kayu lalu dilapis dengan fleece, serbuk kayu menempel di fleece jadi cukup sulit membersihkannya sebelum dimasukkan ke mesin cuci
  • ketika saya memakai serbuk kayu-kasa nyamuk (tujuannya agar serbuk tidak menempel di fleece)-fleece, debu pada serbuk kayu cukup banyak
  • ketika saya hanya memakai handuk-fleece, handuk cepat sekali kotor

Dan untuk mengakali burrowing, fleece saya sengaja dijahit dengan velcro (mungkin lebih umum disebut reketan), tujuannya untuk merekatkan fleece ke box impraboardnya jadi ga gampang ditembus oleh GP. Kira-kira kaya gini gambarnya :

Fleece and velcro (sumber gambar : http://pinterest.com/happycavy/guinea-pig-habitat/)

Moga-moga layering dan maintenance kandang saya ini bisa membantu GP owners lainnya ^^

Comments
  1. rulaay says:

    kira2 gp masih bisa ngelepas fleecenya ga ya walopun sudah dipasang velcro?
    pengen nyoba soalnya

Leave a Reply

