[NEWS] Keputusan Rangers Mengenai Pellet

Posted: February 11, 2012 in The Foods

Sesuai janji saya kemaren, saya bakal ngumumin keputusan tentang pellet setelah beres UAS (meskipun belom beres semuanya, seenggaknya yg ngerepotin udah berakhir  )

Sekedar kilas balik sedikit…
Kemaren terakhir kali saya posting disini dan bicara soal pellet, saya sempat bilang kalau sementara rangers mutusin agar kita tetap merujuk ke apa yang disaranin di GPC yang nyaranin agar tetap pake pellet Nova. Tapi karena yg ngomong itu bukan ahli nutrisinya (Ly&Pigs) jadi rangers sendiri masih ragu karena Nova mengandung BHA/BHT yang jelas2 ditulis sebagai bahan yg harus dihindari di GL. Dan keputusan pastinya baru akan diputuskan oleh rangers setelah nanya ke guinealynx.

Setelah tanya-tanya ke forum gl (tritnya bisa dibaca disini :http://www.guinealynx.info/forums/viewtopic.php?t=64184), disana saya disaranin agar mencoba pelletless diet. Pelletless diet itu pola makan GP yang sama sekali tidak memberikan pellet kepada GP, jadi asupan makanan benar-benar dari hay/rumput dan sayur. Nanti saya akan posting lebih banyak tentang pola makan ini, skg kita ngomongin keputusannya dulu aja ya…hoho…

Saran dari Lynx sangat berbeda dengan apa yang disarankan oleh GPC. Dan terus terang, rangers sendiri juga mikir2 lagi kalo harus nyaranin semuanya buat pindah ke Oxbow karena pasti sangat ngeberatin GP owners lainnya.

Akhirnya setelah rembukan dengan rangers lainnya, kami mutusin ada 3 alternatif pellet yang bisa diberikan:
– Alternatif 1 (yang paling baik) : ganti pelletnya ke Oxbow. Cavy Cuisine untuk yang diatas 6 bulan, Cavy Performance untuk yang dibawah 6 bulan.
– Alternatif 2 (yang paling baik juga) : ganti pola diet dengan pelletless diet. Pelletless diet bahkan dipercaya sebagian orang kalau jauh lebih baik daripada pola diet yang menggunakan pellet.
– Alternatif 3 (kurang disarankan karena risky, tapi paling ekonomis) : pilih salah satu diantara pellet ini : Nova, Browns Encore, atau Browns Nutrition Plus. Pellet2 ini lebih ekonomis dari oxbow, tetapi semuanya mengandung komposisi yang berbahaya bagi GP. Kami sangat menganjurkan agar pemberiannya TIDAK lebih dari 1-2 sendok makan per hari untuk 1 ekor GP-nya.

————————————————————————–

Comments
  1. yori says:

    kalo gak pake pelet, cuman dikasih makan sayur2an sama hay gpp kan?

  2. Adel says:

    kalau dikasih pellet ikan koi ,bahaya ga ? GP teman saya lahap bener makan pellet koi .. Tks

    • Guinea Pigs Lover says:

      Wew…ga boleh sis, sama aja kaya temen sis dikasi makan dog food ato cat food -_-”

      Setiap spesies punya keunikan masing-masing dalam kebutuhan nutrisinya, dan satu sama lain ga bisa disamakan. Memang mungkin pada beberapa spesies terdapat kemiripan sistem pencernaan, tapi tetap aja nutrisi yang dibutuhkannya berbeda, mungkin kalo saya analogikan seperti manusia dengan monyet, kita bisa aja makan makanan yg dimakan oleh monyet, tapi apakah kita akan sehat dengan makan makanan monyet? Pasti ngga kan?

      Kalo bisa secepatnya kasitau temen sis agar ngasih makanan yg memang baik untuk GP : unlimited hay, sayur2an yg variatif dan pellet yang komposisinya cocok untuk GP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s