Why We Are What We Are (What Makes Us Soooo Damn Strict!)

Posted: December 3, 2011 in About Us

Mungkin perlu sedikit dijelaskan kepada semua GPL disini (biar ga ada salah paham) tentang alasan2 kenapa Rangers dan penghuni GPL sangat strict terhadap standar perawatan dan rules di GPL. Tanpa ada maksud mau ngomel2/menegur/marah2/dsb. Ini hanya sekedar tulisan untuk mempertegas seperti apa sih GPL itu, kenapa dibuat se-strict dan seribet ini, kenapa rangersnya galak2, dsb. Tulisan ini saya buat agar kita sama2 mengerti tentang Rangers dan penghuni GPL lainnya :

1. GPL berusaha menerapkan standar perawatan GP yg baik

Quote:
Standar itu bukan dibuat2 oleh kita, tapi memang berasal dari sumber2 yg terpercaya : GPC, GL, dan beberapa buku veterinary. Bagaimana GP owners lainnya menerima hal ini, it’s their problem not ours.

2. GPL memang trit anti breeding, tetapi bukan berarti semua yg posting disini adalah non-breeder.

Quote:
Ada juga koq beberapa breeder yg posting2 dimari, ato bahkan dekat dgn beberapa dari rangers/anak GPL lainnya DAN tetap tidak bermasalah dengan rules GPL. Artinya, pada saat mereka posting di GPL, mereka tetap menghargai dan mengikuti rules yg berlaku.
Untuk masalah kenapa kami memilih untuk non-breeding, kami mempunyai alasan2 yg terlalu panjang untuk dijelaskan disini (mungkin akan saya buat artikel tersendiri khusus membahas ttg hal ini), tapi intinya kami tidak mensupport breeding SAMA SEKALI. So don’t brag about your guinea pig having babies or how to breed more babies in here or anywhere near breeding things. If you want to search for breeding information, please kindly find another forum. There are tons of breeding forum out there.

3. GPL adalah trit edukasi, berdasarkan standar yg telah ditetapkan di luar sana. 

Quote:
Kenapa kita mengikuti standar tsb alasannya adalah karena perawatan GP di Indonesia sebagai Pet termasuknya masih baru di Indonesia (sebelum ini perawatan GP masih banyak yg mengikuti perawatan GP sebagai hewan ternak yg jelas2 berbeda). Makanya kita mengikuti standar luar karena dirasa paling baik. Standar tsb tentunya juga telah melalui berbagai research yg tentunya bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan GP.

4. Trit GPL bukanlah trit diskusi dimana kita memulai research sendiri ttg apa yg terbaik bagi GP tanpa pedoman apapun. 

Quote:
Disini kita bisa berdiskusi dengan tetap berpatokan pada standar yg ada. Misalnya : Pellet Oxbow harganya mahal, trus alternatifnya apa ya pellet yg lebih murah tapi tetap bisa diberikan dan tidak berbahaya bagi GP. Hal ini yg kita diskusikan. Bukan hal-hal yg pasti2 sudah dilarang tapi tetap berusaha dipertahankan. Misalnya : GP kalo ga dikasih sayur dan hay boleh kali ya? A NO stays as a NO. Unless there’s another reliable source that says it’s okay.

5. Kami (Rangers) selalu memiliki alasan dibalik apa yg kami sampaikan.

Quote:
Suka atau tidak, rangers telah menghuni, memantau dan menjaga trit ini selama berbulan-bulan bahkan ada yang tahunan. Apa yg terjadi pada GP2 para GPL disini, keluhan2 yg disampaikan, komentar, drama, dsb sebagian besar pernah terjadi pada member2 GPL yg terdahulu. Para rangers tahu hal ini, dan mencoba mengingatkan GPL2 yg nubi2 agar hal2 buruk yg terjadi pada GPL2 sebelumnya tidak terulang.

Quote:
Misalnya : bahaya kandang berjeruji yg pernah membuat beberapa GP kakinya patah (bahkan ada yg terancam diamputasi), maka ketika ada GP owner nubi yg bilang kalo GPnya tinggal di kandang berjeruji, otomatis kami akan mengingatkan agar tidak menggunakan kandang berjeruji karena pernah ada beberapa kejadian dimana kaki GP patah karena kandang tsb. Kami mungkin tidak akan menceritakan secara detail ttg kejadiannya, tapi kami mengingatkan bahayanya. Kalau saran kami tidak dihiraukan dan nubi tsb tetap ngeyel, kami juga tidak akan berhenti berkata bahwa itu tidak layak bagi GP. Alasannya? Karena kami tidak mau GPL lainnya salah menangkap maksudnya, dan mengira bahwa tindakan tsb boleh2 aja.

Makanya mungkin banyak yg datang-pergi dari GPL salah satunya ya karena hal ini. Biasanya skenarionya gini (believe me, this scenario happens over and over again) :
>>> Tidak cocok dengan standar perawatan GPL, merasa ditekan/ditegur, memutuskan untuk menjadi silent reader (sementara atau permanen) sambil tetap uji coba “standar perawatan” yg dibuat sendiri. Biasanya kalau sementara, nanti begitu muncul lagi langsung ganti topik ke pembahasan lainnya (menganggap teguran tidak pernah ada). Kalau yg silent reader permanen, nanti kalau ada apa2 dengan GPnya, baru panik dan posting lagi di GPL, nanya pemecahannya gimana. Banyak juga yang akhirnya bosan dan memutuskan pensiun.

Memang bukan berarti semua GPL yg datang dan pergi semuanya seperti itu, banyak juga yang berhenti posting di GPL karena kesibukannya, dan bukan karena bermasalah dgn standar GPL.

6. Rules dibuat sebagai alat bantu untuk menerapkan standar perawatan.

Quote:
Rules dibuat untuk menjaga ketertiban postingan di GPL, agar semua postingan di GPL tetap berada di jalurnya (ga ngobrol ngalor ngidul tanpa ada arahnya dan patokannya). Rules ini mengikat semua orang yg posting di GPL, tidak terkecuali para rangers. Kalau GPL mau jalan2 keliling Kaskus dan ngecek rules di trit2 lain, banyak banget yg rulesnya malah jauh lebih strict daripada rules GPL. Malah banyak yg tidak peduli apakah nubi tsb bikin first post tanpa baca rules dulu, pokoknya salah langsung dibata. Saya sendiri bahkan tidak pernah menggunakan bata kalau kesalahannya tidak sangat keterlaluan dan berulang2.

7. Rules are rules, meant to be followed. Take it or leave it

Quote:
Seperti yg udah dijelasin diatas, rules dibuat sebagai alat bantu untuk menjaga standar GPL. Mungkin banyak yg mengeluhkan rules GPL yg strict, tapi suka atau tidak, rules tsb harus diikuti. Semakin banyak kami memberi toleransi terhadap pelanggaran rules, akan semakin turun standar perawatan GP di GPL.

Sekian dulu kayanya…*udah mentok*
Moga2 kita bisa saling ngerti aja kenapa trit GPL dikondisikan seperti ini jadi kedepannya satu sama lain sama2 bisa maklum…Kalo ada salah2 kata mohon dimaapkeun…Makasi perhatiannya ya sodara2..hoho..

Regards,
[-fridzalone-]
(GPL Counselor Board Leader)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s