Pertolongan Pertama : Heatstroke

Posted: June 6, 2011 in Vets dan Pengobatan

Heatstroke adalah salah satu penyebab kematian mendadak pada GP. Heatstroke disebabkan oleh kandang yang tidak memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik atau karena GP ditempatkan dibawah terik matahari dalam jangka waktu yang panjang.

Tanda-tanda heatstroke :

– bagian bawah bibir hingga leher terlihat basah

– GP bergerak dan berlari terus-terusan seperti kebingungan, kadang disertai nguik2

– GP terengah-engah dan nafasnya cepat

Setelah beberapa saat keadaannya akan berbalik :

– GP menjadi tidak mau bergerak

– Nafasnya lambat

– Terbaring telentang dan kondisinya melemah Kalau tidak segera ditangani, GP akan mati dengan cepat. Salah satu GPL dulu pernah mengalami GP yang meninggal karena heat stroke akibat kelalaian pembantunya yg lupa memasukkan GPnya ke dalam rumah setelah bermain di taman. Padahal beberapa jam sebelumnya kondisi GPnya sehat-sehat aja.

Penanganan pertama :

– Bawa GP ke tempat yang teduh

– Semprotkan air yg cukup dingin atau selimuti GP dengan handuk yg telah dibasahi air yg cukup segar, tapi dijaga agar jangan sampai GPnya kedinginan. Karena seperti yg kita tahu, perubahan drastis akan suhu yang terlalu cepat dapat berakibat fatal bagi makhluk hidup.

– Setelah GP dapat berdiri dengan menggunakan keempat kakinya, baru kasih dia minum dengan air, kalo dia masih belum mau minum, gunakan syringe atau sendok untuk meminumkan airnya.

– Selama 24 jam pertama, berikan air sebanyak mungkin agar GP tidak dehidrasi

Tindakan pencegahan pada saat membawa GP bermain diluar rumah:

– Siapkan tempat berteduh (berupa hidey/hutch) pada saat GP bermain di taman, lengkap dengan air minum. Lokasi yang baik adalah dibawah pohon atau tempat-tempat yang teduh. Hutch sebaiknya dialasi dengan handuk/kain yang dibasahi terlebih dahulu untuk menjaga suhu didalam hutch tetap sejuk.

– Selalu perhatikan ramalan cuaca sebelum mengeluarkan GP bermain, dan pada saat GP diluar rumah, tetap awasi cuaca dan aktivitas GP.

–  Mungkin harus diingat bahwa di bawah panas matahari, air di botol minum juga akan cepat menjadi panas. Untuk itu air minum sebaiknya disediakan sedingin mungkin dan letakkan di area yang teduh.

– Siapkan satu botol yang diisi air yang telah menjadi es, bungkus dengan kain/handuk dan simpan di satu sudut agar GP dapat “ngadem” disitu

– Kalau bisa, sediakan fan kecil di sekitar tempat bermain GP, karena pada beberapa tempat saat panas terik, justru tidak terdapat angin. Padahal angin buatan dibutuhkan agar GP bisa menurunkan suhu tubuhnya.

– Hindari menggunakan hidey plastik, dan sebisa mungkin gunakan hidey/mainan yang memiliki lubang di bagian atas agar sirkulasi panas menjadi lancar.

Ngerangkum info dari :

http://littlebramblesguineapigrescue.co.uk/index.php?module=pagemaster&PAGE_user_op=view_page&PAGE_id=17&MMN_position=22:22 http://www.oginet.com/pgurney/heatstroke.htm http://www.aracnet.com/~seagull/Guineas/ailments.html

http://www.animalhospitals-usa.com/small-pets/guinea-pigs/guinea-pig-diseases/guinea-pig-diseasesgeneral.html

Comments
  1. Teruntuk Hamster kuuuuuuu😥

  2. tita says:

    lips aku kemarin baru aja meninggal karena penyakit ini😥
    semoga ga ada lagi gp yang mati karena penyakit ini, mami-papi ayo dibaca ya demi kesehatan baby gp-nya

  3. Farah Aisha Armeinda says:

    Gp saya bru 2 bln tiba2 meninggal pdhl bru 3 hri yg lalu saya adopt.. td pgi pas saya pegang masih baik2 aja…tiba2 siangnya meninggal…makananya pdhl cuma timun,tomat dan paprika bru mau saya buatin menu2 sesuai anjuran blog ini… kira2 mungking ya kena heat stroke ini…

    • Kalo kandang diluar, sangat mungkin terkena heatstroke.
      Tetapi untuk tau lebih tepatnya mengenai penyebab meninggalnya, harus dilihat juga dari berbagai aspek yg ada, misalnya kondisi tubuhnya sebelum meninggal, apakah GPnya seperti mengalami pilek, batuk atau nafasnya bersuara, bagaimana kondisi pup dan pee-nya, dll.

      GP adalah hewan yang enggan untuk menunjukkan rasa sakitnya sehingga owner harus aware terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, sekecil apapun. Karena bahkan perubahan yang kecil juga bisa menjadi indikasi sesuatu yang serius telah terjadi pada GPnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s