Peruvian, Abyssinian, Abyruvian/Sheba Mini Yak?

Posted: April 12, 2011 in What Must You Know First

Banyak GP owners yang mengeluhkan tertipu oleh penjual GP karena ternyata GP yang mereka beli tidaklah sesuai dengan breed yang mereka harapkan, dan banyak pula calon GP owners yang bertanya dan kebingungan ketika akan memilih GP yang sesuai dengan breed GP yang ingin dibelinya. Melihat hal ini, saya sedikit tergoda untuk membocorkan beberapa tips dalam melihat perbedaan antara beberapa breed GP yang paling umum ditanyakan : Peruvian, Abyssinian, Abyruvian/Sheba Mini Yak.

Cara mengetahui breed dari seekor GP adalah dengan melihat bulu dan rosettanya, namun untuk bisa mengenal breed dari seekor GP secara pasti memang dibutuhkan waktu dan ketekunan dalam mengamati perbedaan-perbedaan yang ada.

Sebelum memulai tipsnya, satu pengecualian yang harus benar-benar disadari dan dipahami oleh seluruh GP owners adalah “sangat sulit untuk mencari GP purebreed di Indonesia karena tidak adanya sertifikasi, bahkan saya sendiri (setelah bertukar pikiran dengan sis Kampoeng-GP) menyimpulkan bahwa mungkin tidak ada GP purebreed di Indonesia karena semuanya adalah hasil kawin silang.” Yang ada hanyalah kecenderungan untuk menyerupai salah satu purebreed akibat kecenderungan perkawinan GP secara turun temurun ke salah satu breed yang dilakukan secara turun temurun. Akibatnya, gen breed tersebut menjadi lebih dominan.

Sebagai contoh : seekor abyssinian dikawinkan dengan peruvian sehingga menghasilkan seekor abyruvian. Kemudian abyruvian tersebut dikawinkan lagi dengan peruvian, dan keturunan selanjutnya selama 10 generasi terus dikawinkan dengan peruvian. Wajar sekali kalau kemudian keturunannya pada garis generasi ke 11 menjadi sangat menyerupai peruvian purebreed. (mudah-mudahan dapat dipahami).

Setelah kita sama-sama sadar bahwa yang nanti kita jumpai di pasar hewan, di petshop, breeder, seller ataupun tempat lainnya kemungkinan besar bukanlah purebreed, mari kita mulai tipsnya…🙂

“Cara mengenali breed GP yang paling mudah adalah dengan melihatnya dari arah samping”

Abyssinian dan Peruvian cukup mudah dibedakan, cara ngeliatnya perhatikan jumlah rosettanya (ato biasanya disebut unyeng-unyeng). Abys punya rosetta yang lebih banyak dari peruvian. Peruvian purebreed katanya hanya memiliki 1-2 rosetta (karena di Indonesia hampir tidak ada, jadi saya simpulkan : semakin sedikit rosettanya, semakin menyerupai Peruvian ).

Sebagai perbandingan, saya ambil beberapa gambar anakan GP dari beberapa web. Coba perhatikan gambar di link ini :

http://cherishedcavies.piczo.com/per…linkvar=000044
Gambar-gambar itu adalah anakan Peruvian purebreed yang memiliki sertifikasi, perhatikan arah tumbuh bulunya yang dari belakang ke depan dan tidak ada rosetta lain selain yang tumbuh dari arah belakang tubuhnya.

Bandingkan dengan gambar GP abyssinian di link2 dibawah ini :
http://ijscavies.webs.com/newarrivals5.htm (Anakan dari Rowland&Perry udah ga termasuk ke dalam abyssinian lagi)
http://ijscavies.webs.com/abyssinian.htm
Dari samping keliatan jelas perbedaan jumlah rosettanya, abyssinian punya rosetta yang tumbuh hampir di seluruh tubuhnya.

Yang susah justru membedakan peruvian dengan abyruvian (sheba mini yak) karena sheba punya bulu yang lebih panjang dari abyssinian sementara rosettanya juga lebih banyak daripada peruvian.  Coba perhatiin gambar-gambar abyruvian/sheba mini yak hasil googling dibawah :
http://www.google.com/images?um=1&hl=en&biw=1024&bih=677&tbm=isch&sa=1&q=baby+mini+yak+guinea+pig&aq=f&aqi=&aql=&oq

 

Malah tambah bingung ya soalnya semuanya mirip peruvian tapi juga mirip abyssinian 
Seperti yang tadi saya sebutkan di atas, pada dasarnya abyruvian bisa sangat menyerupai peruvian atau abyssinian, tinggal tergantung gen mana yang lebih berpengaruh. Kalau nenek moyangnya kebanyakan dikimpoikan dengan abyssinian, bisa jadi nantinya mirip abyssinian, kalo kebanyakan dikimpoikan dengan peruvian, bisa juga jadi mirip banget ma peruvian. Jadi nentuin breed GP ga bisa hanya dengan melihat satu garis keturunan aja, tapi harus ditelusuri ampe ke nenek moyangnya juga, dan mungkin hanya kejelian dan keberuntungan kita yang bisa membantu kita dalam mendapatkan breed GP persis seperti apa yang kita mau.

Apapun breednya, pilihlah GP yang paling menarik perhatian kita, sayangilah  dan rawatlah sebaik-baiknya 

Comments
  1. jojo says:

    Gan klo kita kawinin abyruvian sama abyruvian juga bisa ga? Msh newbie nih, mau pelihara tp mau cari2 dulu gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s