Maintenance & Layering Kandang ala sis Achel (the3ternal)

Posted: January 5, 2011 in Tips-tips keren dari GPL

TIPS BUAT YANG PAKE KORAN DI BAWAH FLEECE

1. Taro koran lebar di paling dasar sebanyak 2 lembar

2. Tebarkan serbuk kayu sebanyak mungkin jaid tebal (NOTES : Pine woodshaving, yang sudah diangin-anginkan 1-2 minggu).

3. Tutup lagi dengan koran lebar sebanyak 2 lembar

4. Lapisi dengan kertas booklet promo dari supermarket yang banyak(GIANT, HYPERMART)
biasanya banyak tuh mereka… aku suka nyolongin segepok kayak buat ngeloak  Kertasnya daya serapnya lebih bagus dari koran dan cepat kering

(Kalau bagian makanan, aku gantinya cukup 3 hari sekali meski basah tapi cepet keringnya

5. Lapisi lagi dengan fleece.

6. Tempat main anak2 Babon, lapisi dengan pampers didobletape jadi ga geser2.

DIJAMIN AKAN TETAP KERING LEBIH DARI 1 MINGGU lebih 

notes:
Kalau aku biasanya setiap malem angkat fleece dan kibas2 biar pupinya kebuang semua dan bersih lagi dan 1 minggu sekali aku ganti koran lapisan di atas serbuk plus NGEBALIK PERMUKAAN FLEECE. Fleece bagian atas aku bersihin dan kibas2, dipindah ke bawah jadi Fleece yang bersih dan kering ditaruh di bagian atas  Jadi ga terlalu cape cuci

Comments
  1. ayo says:

    misi sist,,saya mau nanya. klo misalnya si gp ga di taro di kandang,tp dia di taro di ubin berpengaruh ga yah sm kesehataannya? thx ya sist

  2. tergantung sis…kalo maksudnya ditaro di ubin itu dibebasin berkeliaran di dalam rumah mungkin tidak akan berpengaruh, tapi kalo misalnya dia ditaro di area tertentu yang terus dibatasin pake pagar2an sebagai kandang dan dia tinggal di area itu terus menerus mungkin akan sangat berpengaruh thd kesehatannya. Ubin itu tidak memiliki daya serap yg baik, sementara GP itu adalah “poop machine” karena dia bolak bali pup dan pee. Kasian GP dan kasian ubinnya juga kalo nantinya area tsb malah jadi becek dan kotor karena terus2an kena pup dan pee GP. Sebaiknya kalaupun mau di lantai tetap dialasin pake bedding yg daya serapnya baik, sehingga GP tidak basah, lantai juga tidak kotor🙂
    .

  3. Pepen says:

    tampilin contoh kandang2 nya dong …

  4. Alvian Han says:

    sis newbie nih..maaf yah…klo GP nya dikandanginnya di kandang bentuk ram ngaruh ga yah??soalnya kondisi sy saat ini pny kandang buat kelinci..jd typenya ram..
    klo seumpama memang gpp..biar ga becek ato lembab sy musti taruh koran yah di alasnya??thx sis..:)

  5. Alvian Han says:

    GAN MAAF!!problem solved!!!thx God i found this website…:D
    sorry ganggu gan!!

  6. jojo says:

    sorry gan..mau tanya simple aja..GP itu kotorannya bau menyengat ga gan?? saya tingal di kos kos an…kalau baunya menyengat, kira2 ada solusinya tidak gan…(kalau bau menyengat jadi tidak nyaman kamar kos nya)..thx..

    • Pada dasarnya setiap kotoran baik kotoran manusia maupun hewan pasti berbau menyengat. Tetapi memang kotoran hewan herbivora lebih tidak menyengat dibandingkan dgn kotoran hewan karnivora seperti anjing atau kucing. Tetapi kotoran hewan herbivora dengan sistem pencernaan pendek seperti kelinci atau GP bisa jauh lebih menyengat apabila penanganan kandangnya tidak tepat.

      Penanganan masalah bau (odor) pada kandang GP sebenarnya berpatok pada ukuran kandang, bedding, sirkulasi udara, jumlah GP, dan makanan. Saya coba jelasin satu per satu ya :
      – Semakin kecil ukuran kandang otomatis semakin berbau, karena pee dan pup akan numpuk jadi satu di tempat yang itu2 aja. Semakin luas kandang GP, otomatis pee dan pup tersebar, maka cenderung lebih bersih.
      – Bedding yang daya serapnya kurang otomatis tdk dpt menyerap pee dgn baik, sehingga kandang lebih basah dan berbau. Pilih bedding yang daya serapnya baik dan juga AMAN bagi GP (baca artikel bedding untuk tau bedding2 jenis apa yang aman bagi GP)
      – Penempatan kandang harus di area dgn sirkulasi udara yang baik, karena kalau penempatannya salah otomatis udara kotor yang berada di sekitar kandang akan berputar di area yang itu2 aja, dan tidak tergantikan oleh udara yang bersih. Otomatis kandang jadi lebih bau dan tidak sehat bagi GP.
      – Makanan. Saya tidak mau berbicara banyak mengenai makanan meskipun memang berpengaruh terhadap odor pada GP. Sayur memang akan membuat GP cenderung lebih berbau, tetapi jangan pernah tidak memberikan sayur hanya karena takut akan bau GP. Sayur merupakan sumber nutrisi utama GP, tanpa sayur GP akan lebih mudah terserang penyakit seperti bladder stone, UTI dan mineral deficiency. Triknya hanyalah perhatikan jenis2 sayur yang kira-kira membuat kandang terasa lebih berbau, kurangi porsi sayur2 tersebut atau gantikan dengan jenis sayur lainnya. Ada sayur2 yang bisa meminimalisir bau kotoran GP, ada pula yang memperparah bau kotoran. Triknya adalah mempelajari reaksi tubuh GP terhadap jenis-jenis sayuran yang diberi. Yang pasti berikan makanan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh GP (hay unlimited, 1 cup sayur/daily dan 1/8 pellet/daily).

  7. jojo says:

    wahhh..makasihh gan…lengkap…makasihh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s