Which type of GP owner are you? (sebagai bahan renungan)

Posted: November 17, 2010 in What Must You Know First

Setiap pet owner memang pasti akan memiliki caranya masing-masing dalam memelihara pet-nya, begitupula dengan GP owners.

Beberapa saat yang lalu, ada seorang GPL yang mengutarakan curhatannya tentang beberapa tipe GP owners dalam memperlakukan GP2nya.  Tanpa bermaksud menyinggung salah satu atau beberapa pihak, saya rasa ada baiknya kalau saya quote postingan dari GPL tersebut :

Saya perhatikan ada beberapa jenis owner GP di Indonesia ini:
1. Owner yang semangat pada awalnya memelihara GP kemudian ketika 3-5 bulan (atau kurang) memelihara, dia menjual GPnya dengan berbagai alasan.
dan sorry to say, alasan utama rata-rata adalah:
a. Mau nambah GP baru (baca: Saya uda bosan sama GP yang lama. Yang baru lebih lucu. Jadi maaf saya jual yang kurang lucu ini)
Tanggapan saya: Duh, puuuuuuhhhhlease deh (gaya CINCHAY LAYRA)… Memangnya GP Anda tidak punya perasaan main dijual-jual seenaknya seperti itu? Okelah anggap Anda bukan dr.dolitle yg mengerti perkataan hewan. PUHLEASEEEE Jangan beli GP hanya untuk lucunya saja tapi pikirkan juga perasaan GP Anda itu. Apakah Anda pikir GP Anda itu adalah boneka? Ada mainan baru, mainan lama di kasih orang?
b. Papa-Mama pusing sama ributnya
Tanggapan saya: Papa Mama Anda kemana saja selama 3-5 bulan itu, Mbak, Mas? Keluar negeri ya? Kalau gak suka, ya sebulan juga sudah dijual dong, Mbak, Mas…
c. GP saya beranak terus
Tanggapan saya: Yah, mbo ya tahu kalau GP itu memang suka menikah. Ya JANGAN DISATUIN DONG KANDANGNYA! (gemes deh saya sama alasan yang ini)

2. Owner yang ingin memelihara BANYAKKKK GP seolah-olah punya lautan GP itu seru tapi tidak memperhatikan kesejahteraannya.
Cont:
A: Yah… GPL, GP ku hari ini sakit…
B: Ya bawa dong ke dokter!!
C: Yah… gak sempet lagi kerja soalnya. Gak papalah. Aku masih punya banyak kok… Lagian ke dokter kan mahal…
Tanggapan saya: no comment. Sudah cukup jelas kan? Ini adalah tipe owner yang saya ingin beri saran: “LU MENDINGAN GAK USA MIARA DARI AWALNYA! UDA TAHU PERAWATAN MAHAL, PGN PUNYA BANYAK2!” (pengen timpuk bata tapi krn bulan puasa, saya cuma bisa ngelus dada)

3. Owner yang sangat memperhatikan kesejahteraan GP-nya meski cuma 1 ataupun GP-nya bahagia meskipun banyak.
Contoh:
Sis Kunang-kunang  Meski cuma 1 GP-nya, tapi bahagia setengah mati si Jojo.
Sis Frid meski GPnya 5 (aku gak tahu kalau nambah lagi ya Sis) tapi diperhatikan kesejahteraannya. Bahkan dia menghibahkan anaknya, bukan induknya ke orang lain.
Dan kalau breeder, ya kalian tahulah siapa Breeder yang banyak GP-nya tapi terawat semua satu per satu.

Saya: Oleh karena itu di akhir kata saya menasihatkan agar Anda benar-benar memikirkan ulang untuk memelihara GP.
Mereka makhluk hidup dan ALLAH memberikan alam ini serta isinya (termasuk GP) untuk ANDA PERTANGGUNGJAWABKAN dan RAWAT sebaik-baiknya. Kalau tidak mampu, lebih baik jangan pelihara.

Anda: Tapi kan itu GP-GP sayaaa… suka-suka saya dong, Mbak..! :nimpukbata

Saya: Yah.. semuanya saya kembalikan lagi ke pihak Anda masing-masing. Anda yang ketika mati nanti juga akan dipertanyakan apa yang Anda lakukan terhadap alam titipan Allah ini. Anda merusaknya atau memeliharanya?

 

Menurut saya, ketika seseorang akan memutuskan untuk memiliki pet itu sama seperti ketika akan memutuskan untuk memiliki anak. Tanggung jawab yang dibebankan sama-sama berat. Jadi silahkan renungkan yang terbaik untuk Anda dan juga peliharaan Anda…

So which type are you?🙂

Comments
  1. uchan says:

    kalo misal saya punya 1 GP betina dalam waktu lama tanpa menambah yg jantan (dengan alasan ekonomi, kalo banyak ga mampu) apa ga apa”?? soal nya masih newbie

    • solusi yang paling baik bagi semua GPL (baik yg bermasalah dgn ekonomi maupun tidak) justru adalah dengan membeli GP yg satu jenis kelamin. Itu akan sangat membantu menghindari overpopulasi. Jadi menurut saya, sangat baik kalau sis beli 1 ekor GP lagi tapi yg betina juga. Kalo cuma punya 1 GP, bukannya apa-apa, tapi takut GPnya kesepian, bagaimanapun GP butuh teman sekandang yang sama2 satu spesies dgn dia untuk bersosialisasi🙂

  2. Irish says:

    sorry nih sebelumnya kalo OOT, GP saya baru melahirkan satu anak,, naah udah 2 hari dari lahiran, si jantan dipisah kandang (menurut orang-orang sekitar saya), tapi selama itu, si jantan kayanya panik terus, ngeluarin suara2 keras, trus bolak-balik di kandangnya kaya nyari si betinanya,,
    kapan ya gp jantan bisa disatuin lagi di kandang bareng betina dan anaknya?
    makasih..^.^

    • Sebaiknya tidak disatukan lagi karena rawan overpopulated. GP jantan memang pasti akan stress karena mencari temannya, menurut saya pisahkan aja. Nanti kalau anakan GPnya yang berkelamin jantan sudah berusia 21 hari baru pisahkan dari GP betina dan satukan dengan GP jantan. Dengan begini populasi GP akan terkontrol dan GP pastinya akan lebih bahagia.

      • Irish says:

        saya baruu bgt liat di artikel sebelah, katanya umur 3 minggu pisahkan bayi GP jantan dengan si GP jantan, karena takut saingan.. lah,, gimana ya? tp bayi GP emg mu dipisah saat 21 hari karena mau di sapih,, jadinya bingung, lebaih baik mana yg nantinya harus sendiri mana yang disatukan??

      • Wew…iya gitu bro? Soalnya seharusnya yang dipisah itu adalah bayi GP jantan dengan GP betina dan anakan GP betina karena berpotensi menghamili induk dan saudara-saudaranya. Bayi GP jantan bisa disatukan dengan GP jantan (ayahnya). Kalau di artikel sebelah ditulis seperti itu, mungkin bro bisa posting linknya disini untuk saya benarkan. Karena kalau memang tertulis begitu itu artinya saya salah nulis. Maaf apabila kesalahan saya malah menyebabkan kebingungan :hammer:

  3. dela marie says:

    aku setujuuuuu bngtttttt dehh
    ihhh curhat2 yuk soal gp sama aku hihiii
    ohya sis ,diindonesia ada assosiation of guinea pigs indonesian ngga?
    kalo ada info2 yaa x))

Leave a Reply

