Litter Train GP

Posted: November 17, 2010 in The Care

Guinea pig adalah hewan yang memiliki sistem pencernaan yang cepat. Ini artinya makanan yang masuk akan cepat dicerna dan dikeluarkan. Hal ini juga yang menyebabkan GP cepat sekali merasa lapar dan mengapa GP membutuhkan hay 24/7.

GP dan hewan pengerat lainnya yang memiliki sistem pencernaan yang cepat memang akan memproduksi pup lebih banyak daripada hewan mamalia lainnya seperti anjing/kucing. Dan hal ini yang menyebabkan banyak GP owners yang bertanya, bisakah GP di litter train (diajari pup/pee di tempat).

GP pada dasarnya bisa dilatih untuk litter train, meskipun tingkat keberhasilannya tidak setinggi pada kucing, anjing atau kelinci. Disamping itu dibutuhkan kesabaran yang tinggi dalam melatih GP, karena proses ini dapat memakan waktu berbulan-bulan.  Yang harus diingat, meskipun GP sudah terlatih litter train, tetapi itu tidak dapat dijadikan jaminan kandang akan bersih sepenuhnya. Masih ada kemungkinan beberapa pup yang berserakan diluar litter box. Ada  tips untuk melatih GP agar dapat pup/pee pada tempatnya, dan semuanya harus dilakukan secara bertahap.

Tips  :

– Pelajari kebiasaan GP! GP biasanya akan pup/pee pada spot2 tertentu terutama pada tempat2 yang dianggapnya aman. Biasanya tempat-tempat tersebut berada di sudut2 kandang, di tempat yang tertutup bayang-bayang (didalam/dibelakang hidey, dsb), di dekat area makan mereka. Kenali pola ini dan letakkan litter box yang berisi serbuk kayu, wood pellets atau paper pellets (pasir zeolite TIDAK DIREKOMENDASIKAN) diatas area itu dengan harapan GP akan pup didalam litter box tersebut.  Selanjutnya letakkan pup GP yang berserakan diluar litter box ke dalam litter box.

Comments
  1. cicitt says:

    Ternyata susahh yaa ngajarin gp buat pup di litter box..😦

    • Memang dibutuhkan kesabaran ekstra untuk membuat GP mau pup di litter boxnya. Saran tambahan dari saya, coba pelajari karakter dan kebiasaan GPnya, sesuaikan dengan kemauannya dengan memberikan litter box di area yang dia inginkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s