Tips mengecek kesehatan GP kita

Posted: November 5, 2010 in The Care

Guinea pig bukanlah hewan yang mudah untuk menunjukkan rasa sakit, kehadiran mereka didunia sebagai hewan yang dimangsa seringkali memaksa mereka untuk selalu terlihat sehat agar tidak mengundang predator. Sifat inilah yang seringkali menyulitkan kita dalam mengetahui kondisi fisik GP kita. Ini juga yang menyebabkan banyak GP owners yang mengira bahwa GPnya mati mendadak, padahal sebenarnya mungkin GP ownernya sendiri yang kurang peka dalam mengenali gejala-gejala penyakit pada GP.

Mengenali kondisi GP kita memang gampang-gampang susah, untuk itu GPL akan memberikan  beberapa tips mengecek kesehatan GP :

1. Timbang GP Anda setiap minggunya dan catat perkembangannya..

Ya, belilah timbangan kue dan timbanglah GP Anda. Harga timbangan kue di pasaran cukup murah, untuk timbangan analog harga berkisar antara 40-60ribu (bahkan ada GPL yang pernah membeli dengan harga 35ribu). Merk apapun tidak menjadi masalah, selama timbangan itu stabil. Akurasi tidaklah penting, karena kita tidak memantau keakurasian tetapi kita memantau perkembangan berat badan GP setiap minggunya. Tetapi kita bisa mengecek kondisi timbangan dengan cara menggunakannya untuk menimbang 1-2 barang lain, menulisnya pada secarik kertas dan menempelkannya pada barang tersebut. Pada minggu-minggu berikutnya kita bisa mengecek kondisi timbangan dengan menimbang lagi barang tersebut dan mengecek apakah ada perbedaan berat. Kalau ada perbedaan, berarti ada yang salah dengan timbangannya.

Pada saat menimbang GP sebaiknya gunakan permukaan yang datar, untuk meminimalisir resiko kalau sewaktu-waktu GP panik dan meloncat dari timbangan. Buatlah sebuah chart/jurnal perkembangan berat badan GP dan tempelkan di dekat kandang GP. Pantau perkembangannya setiap minggu. Berikut cara membaca kenaikan/penurunan berat GP setiap minggu :

–  1 ons : normal

–  2 ons : waspada. Tindakan yang harus dilakukan : cek pola makan GP, sanitasi, perilaku.

–  3 ons : awas. Tindakan yang harus dilakukan : cek pola makan, sanitasi, perilaku, mata, telinga, perut, kulit, mulut dan bagian2 lainnya. Berikan vitamin tambahan apabila diperlukan.

– 4 ons :  bawa ke vet! Timbang setiap hari!

Guinealynx.info mengutip dari  beberapa buku referensi veterinarian bahwa berat badan GP dewasa adalah :

– 900-1200 gram untuk GP jantan

– 700-900 gram untuk GP betina

Meskipun begitu, guinealynx.info juga menyebutkan bahwa GP2 betina dari pengarang buku-buku referensi veterinarian tersebut memiliki berat badan antara 1000-1600gram. Ini artinya GP yang dirawat dengan baik dapat memiliki berat badan yang lebih besar tetapi tetap sehat.

2. Kenali ciri-ciri GP yang sehat.

Seperti yang telah GPL tuliskan pada bagian “Hunting GP Tips & Tricks”, ada beberapa ciri-ciri GP yang sehat :

– GPnya aktif/tidak, perhatikan saat berlari, lurus/tidak. Klo larinya tidak lurus/sempoyongan ato muter2/zig zag ga jelas, ada kemungkinan sakit.
– Matanya jernih dan bening/tidak, belekan/tidak, di sekitar matanya ada sesuatu yang mencurigakan/tidak (penampakan seperti ketombe misalnya bisa jadi indikasi klo GPnya kena jamur). Mata yang buram/keabu-abuan bisa jadi indikasi GPnya rabun
– Hidungnya basah ga, bersih ga, ada luka ga, ada jamur ga
– Nafasnya berbunyi ga, GP normal nafasnya ga berbunyi
– Liat kulitnya, bersih ga, kaya ada ketombenya ga, ada kutunya ga, ada luka ato pitak ga
– Liat telinganya, bentuknya rapi ga (klo telinganya bentuknya ga rata biasanya ada kemungkinan scabies), ada bulu di telinganya ga (GP normal punya bulu sedikit di telinganya), ada ketombe ga
–  Liat pantatnya, pantatnya kotor ga, biasanya pantat yang kotor bisa jadi karena GPnya diare
–  Liat giginya, patah atau tidak, bentuk gigi normal atau tidak gigi normal GP harusnya gigi atas berada didepan gigi bawah, klo kebalik ato bentuknya ga normal sebaiknya jangan dibeli
– Liat kakinya, ada keanehan ga. Ada GP yang memang mempunyai spurs, dan itu ga berbahaya, hanya memang patut dipertimbangkan mengingat spurs itu ada kemungkinan muncul lagi dan harus dicabut.
– Liat kelaminnya, kotor atau tidak.
– Liat putingnya (terutama klo yang betina) klo ada putih-putih kaya ketombe pada putingnya ditakutkan memiliki ovarian cyst. Botak di bagian kiri-kanan badannya juga bisa jadi indikasi ovarian cyst.
– Liat kondisi kandang tempat dia dibesarkan, adakah bekas darah, atau bekas pee yang seperti pasir menempel di fleece, apakah bulunya rontok dan menempel di fleece.
– Liat bentuk dan warna kotoran pada kandangnya, bentuk pup GP harusnya cukup padat dan berbentuk lonjong (ada kemungkinan sedikit basah), tapi bukan yang hancur/lembek seperti kotoran kucing/ayam. Klo ada darah di sekitar kotorannya atau pee-nya itu patut dicurigai. Lihat juga bentuk perut GP, apabila menggembung dan ketika dipukul2 perlahan terdengar suara kosong, ada kemungkinan GP terkena kembung/diare.

3. Kenali ciri-ciri penyakit GP

Luangkanlah sedikit waktu untuk browsing dan mencari informasi tentang penyakit GP. Baca, pelajari, kenali. Dengan mengenali ciri-ciri penyakit GP kita akan lebih berhati-hati apabila ada perilaku GP kita yang tidak wajar, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya penyakit. Ciri-ciri umum penyakit pada GP dapat dibaca disini : http://www.guinealynx.info/emergency.html

Comments
  1. ranti says:

    aku mau tanya kalo biaya konsultasi ke dokter hewan untuk GP brapaan sih biasanya

  2. tata says:

    kalo berat nya lebih dari 1 ons kenapa waspada sis..
    kan bukannya malah gemuk GP
    tolong penjelasannya,masi nubi😀

    • bukan beratnya yang lebih dari 1 ons, tapi perkembangan berat badan normal itu 1 ons/minggu. Kalo diatas itu, berarti ada yang salah dengan kesehatan GPnya. Bisa jadi karena pola makan yang kurang baik (misalnya makanan yang mengandung gula, karbohidrat, atau protein yang terlalu tinggi) atau GPnya sakit. Dan sama seperti manusia aja, kelebihan berat badan/obesitas efeknya ga akan baik bagi GP. Dan menurut saya, hal ini juga berlaku bagi semua makhluk, ga cuma GP atau manusia aja.🙂

  3. JEJE says:

    saya mau nanya, saya sudah merawat gp selama 3 bulan biasanya saya kasih makan sayur sama jagung bikin perutnya gendut banged tapi hanya dibagian perut yang lainnya kurus malah kalo saya pegang kaya cuma tulang2 doang.
    itu kenapa yah? apa makanannya yang kurang nutrisi?

  4. Ada yang saya kurang mengerti dengan pertanyaan sis Jeje :
    – Bagian lain yang dianggap kurus itu bagian apanya, apakah bagian kaki-kakinya (karena pada dasarnya GP hanya mempunyai sedikit sekali daging di bagian kaki (seperti hamster), atau dibagian lain (punggung, dsb).

    GP yang sehat tidak sama dengan GP yang gendut. GP gendut bisa karena obesitas, kembung, ovarian cyst, dll.

    Untuk mengetahui apakah GP kekurangan nutrisi, coba koreksi dulu pola makannya : jenis sayur apa saja yang diberikan, apakah porsi sayuran cukup/malah berlebih sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan nutrisi pada GP, apakah disertai dengan pemberian pellet dan hay, dan apakah mendapat vitamin C yang cukup setiap harinya. Kalau memang semuanya diberikan secara benar, GPnya beraktivitas secara normal, dan perkembangan berat badannya normal berarti GPnya sehat. Tapi kalau misalnya saat dicek ternyata variasi sayuran kurang, atau hay yang diberikan hanya sesekali, atau tidak mendapat/jarang mendapat vitamin C, sangat besar kemungkinan GPnya kurang nutrisi.

    Semoga jawabannya bisa membantu🙂

    • uchan says:

      sist, sebenernya pemeriksaan GP ke dokter itu harus teratur ga sih ? atau kalo dia ada gejala sakit aja ? kalo emang rutin per berapa minggu ? biasanya biaya nya berapa ???

  5. Baru ngeh kalo ada bekas pee yang seperti pasir menempel di fleece itu masalah. Kirain ini normal kalo pee lama2 jadi kering trus keinjek jadi ancur. Yang bener ini knp ya? Kalau ketemu pee yg begini, brarti GP yang sakit yang ciri2nya gmn? Soalnya aku ada 3 GP 1 kandang, kayaknya baik2 aja. Trus ngobatinnya gmn?

    • Penyakit ini disebut bladder stone sis, bahasa kerennya untuk kasus di manusia mungkin “kencing batu”. Ini disebabkan karena kadar kalsium yg terlalu tinggi di dalam tubuh akibat pola makan yang tidak tepat seperti :
      – Pemberian pellet dalam jumlah besar (pellet dibatasi 2-3 sendok makan per hari, sayangnya masih banyak yg memberikannya secara unlimited). Perhatikan juga jenis/brand pellet yang diberikan, banyak GP owners yg memberikan pellet kelinci/hamster untuk GP, komposisi pellet2 tersebut banyak yg mengandung kandungan kalsium yang cukup tinggi.
      – Pemberian jenis sayuran dengan porsi yang tidak sesuai dengan pola makan yang baik terutama sayuran dengan kadar kalsium dan oxalic acid yang tinggi seperti bayam, kangkung, sawi, pak choi, dll. banyak yang masih memberikan sayur2an ini secara daily, padahal pemberiannya seharusnya dibatasi 1-2 kali seminggu dalam porsi yang kecil sebagai selingan saja. Sayuran utama seharusnya :variasi selada, tomat mini, paprika, daun ketumbar, daun ubi jalar.
      – Pemberian jenis hay yang salah secara unlimited, hay seperti : alfalfa hay, hay dgn herbs, oat hay tidak boleh diberikan secara daily karena kalsiumnya yang tinggi.

      Cara mendeteksi kemungkinan bladder stone :
      – Pee meninggalkan bekas putih pada fleece, dan ketika diraba saat pee telah kering akan terasa berpasir
      – GP menguik kesakitan pada saat pee
      – Apabila telah parah, bekas pee bisa terlihat bercak2 darah (yang disebabkan karena adanya pendarahan di saluran pee-nya.

      Apabila ada GP yang kemungkinan terkena bladder stone, sebaiknya segera bawa ke vet. Pastikan berapa besar batu yang ada ditubuhnya, dan apakah GP tersebut perlu dioperasi untuk mengambil batu tersebut atau bisa dengan menggunakan obat yang diresepkan oleh vet.

      Pencegahan bladder stone :
      – Batasi pemberian pellet (atau pelletless sekalian)
      – Perhatikan pola makan sayurnya, dan porsinya.
      – Perbanyak floortime (dengan memperbanyak floortime otomatis GP akan berolahraga dan minum lebih banyak, sehingga pembuangan kalsium akan lebih baik)
      – Berikan jenis hay yang tepat secara unlimited

      Moga-moga bisa membantu ^^

  6. chi_yagami says:

    sis… aku bingung ma GP ku… malem ini GP ku gerakan’a aneh trus perut sampingnya brgerak” terus… pas q angkat lngsung triak” ksakitan… Trus aq cba search d’google ciri”a kya marmut mau mlahirkan… aq ngga mw… GP ku tu bdan’a kcil… aku ngga tega ngliatnya… pdahal ngga q kandangin ama p’jantan… gmna ni sis… aq tkut marmut’q knapa-napa…

    • GP yang tidak dikandangkan dengan jantan ada kemungkinan hamil apabila sebelumnya (pada saat di tangan breeder) pernah dikandangkan dengan jantan atau kandang GP jantan dan betina diletakkan bersebelahan dan kurang terjaga keamanannya sehingga GP jantan/betina bisa menerobos kandang disebelahnya. Dalam waktu beberapa menit saja, GP jantan bisa membuahi GP betina apabila GP betina sedang dalam masa estrusnya.

      Coba tanyakan kepada breeder tempat sis mendapatkan GP sis apakah dahulu GPnya diletakkan sekandang dengan GP jantan atau tidak.

      Mengenai gejala gerakan perut samping yang bergerak, memang beberapa sumber menyebutkan bahwa itu merupakan salah satu gejala kehamilan. Saya sendiri tidak berani menyebutkan apakan benar GPnya hamil atau tidak karena saya juga hanya berstatus pet owner non breeding, jadi pengetahuan tentang breeding GP juga sangat terbatas.

      Tetapi apabila memang (kemungkinan terburuknya) GPnya hamil, tidak ada yang bisa sis lakukan kecuali memenuhi kebutuhan nutrisinya. GP yang sedang hamil membutuhkan unlimited alfalfa hay, pellet alfalfa based yang berkualitas (diberikan secara unlimited juga), dan juga variasi sayur yang baik (sebaiknya mengandung kadar kalsium yang cukup). Tujuannya karena kalsium sangat dibutuhkan bagi GP yang sedang mengalami pertumbuhan dan sedang melalui masa kehamilan.

      Untuk permasalahan apakah nantinya GPnya akan kuat ketika melahirkan atau tidak, jujur saya sendiri juga tidak bisa menjamin. Pada dasarnya memang GP yang terlalu kecil usianya sangat rawan ketika menjalani proses melahirkan. Meskipun begitu, setidaknya dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkannya, sis telah mencoba untuk membantu sejauh yang sis mampu lakukan🙂

  7. mau nanya dong, saya mau beli GP ni tp bingung milihnya, soalnya di penjualnya semua GP’nya bulunya kliatan brantakan gitu, klo ky gitu apa termasuk gejala GP’nya kurang sehat??? TQ

  8. GP jantan gw ada kaya putih putih kaya ketombe gto cuman kecil kecil , itu kena penyakit apa ya?

  9. kalo bedanya jantan ama betina apa yaa??kalo dulu liat sihh dari dkt anusnya…..

  10. kok GP betinaku 750 gram..terus yang jantan malah sekitar 700graman kalo ga salah…aneh….knp yaa atw sakit? yang jantan kaya ada ketombe gitu…

  11. caca says:

    aku baru beli gp 2 hari lalu dan sebenernya gatau apa2 karna lucu jadi beli deh._. gpku gp abyssinian nah tadi aku perhatiin kok rambutnya kayak berkurang ya trus nemuin kayak kapas halus gitu pas lagi dibersihin, itu kira2 kenapa ya? thankyou^^

    • Apa GPnya sering terlihat garuk-garuk? Bisa jadi terkena penyakit kulit. Mungkin bisa dijelaskan lebih detail lagi tentang gejalanya, misalnya makanan yang diberikan apa, kandangnya seperti apa, bulu di bagian badan sebelah mana yang terlihat berkurang, apa ada gejala aneh pada kulit GP, kebiasaan makannya, jenis kelamin, usia, dll. Dengan info yg lebih rinci semoga bisa ketauan permasalahannya apa🙂

  12. klo yg masih kecil gmna ya cara bedain jns klminnya??
    takut salah…hahahaha….

  13. ohhh…klo di pegang abs ngelahrnin gpp?

  14. Marvin says:

    waktu hamil , jantan disatuin jangan sama betinanya??

  15. Marvin says:

    iya wwkwkwkkw

  16. Marvin says:

    kalo di pisahnya sejak kapan?

  17. Marvin says:

    maksudny pisah ank dari indknya…

  18. jojo says:

    sist…gp ku kok rambutnya botak y di seblah kanan kiri (atas kaki di belakang leher bag kanan dan kiri (bukan bagian perut))… jg sering garuk2…soal makanan, hay, variasi sayur dan pellet, selera makannya jg bagus…kandang udah bersih dan kering.. kondisi kulit yg agak botak itu jg trlihat normal…kira2 bs di beri obat apa y sist? thx

    • Coba dibawa ke vet aja, bisa aja karena kutu (mange mites/scabies) atau karena jamur. Biasanya salah satu ciri2 mange mites itu bagian belakang leher dulu yang botak. Bisa juga karena penyakit lainnya seperti ovarian cyst. Intinya, rambut botak pada GP akibat digigitin itu karena GP merasa tidak nyaman dengan kondisi badannya, bisa jadi mencoba menghilangkan rasa sakit atau rasa gatal.

      Dengan dibawa ke vet, akan lebih jelas kemungkinan penyakitnya apakah hanya karena kutu/jamur/karena permasalahan lainnya…

    • Coba dibawa ke vet aja, bisa aja karena kutu (mange mites/scabies) atau karena jamur. Biasanya salah satu ciri2 mange mites itu bagian belakang leher dulu yang botak. Bisa juga karena penyakit lainnya seperti ovarian cyst. Intinya, rambut botak pada GP akibat digigitin itu karena GP merasa tidak nyaman dengan kondisi badannya, bisa jadi mencoba menghilangkan rasa sakit atau rasa gatal.

      Dengan dibawa ke vet, akan lebih jelas kemungkinan penyakitnya apakah hanya karena kutu/jamur/karena permasalahan lainnya…

  19. taniania says:

    Reblogged this on taniania | cavycatlover and commented:
    Tips mengecek kesehatan Guinea Pig

  20. indra says:

    bro, GP ku kok sering gigitin kandang/grid y ?
    apa itu normal ? takut GP ku knp-np ni

    • Ada beberapa GP yang memang suka ngegigitin gridnya, selama itu tidak ekstrim sebenarnya tidak apa2. Tapi kalau sudah sampai tahap ekstrim coba diakalin. beberapa owner pernah berhasil mengatasinya dgn mencoba menyemprot gridnya dgn cuka, ada juga yang melapisi bagian dalam kandang dengan material seperti plastik mika lembaran, ecoplast atau material lain yang menghindarkan GP dari gridnya.

  21. Vincent Hung says:

    Gp saya silkie umur 3 bulan, berat normal nya brp ya??

  22. bagaimana cara mengetahui kalau GP terserang suatu penyakit dan gimana agar GP selalu sehat…?
    plus berapa kira2 biaya untuk vaksin lengkap?

    • Cara mengetahui GP terserang penyakit :
      Pada dasarnya GP adalah hewan yang suka menyembunyikan rasa sakitnya. Ini adalah insting alaminya mengingat di alam liar apabila seekor GP terlihat lemah tentunya akan menjadi sasaran empuk para predator. Sangat sulit untuk mengetahui apakah GP sedang sakit atau tidak. Indikasi yg paling baik adalah dengan melihat perkembangan berat badannya. Perubahan berat badan yg terlalu drastis biasanya menjadi indikasi pertama bahwa terjadi sesuatu pada GP kita. Segera bawa ke vet untuk menangani hal ini. Diatas juga telah disebutkan bagaimana cara mengecek kesehatan GP kita, dengan mengenali dan mempraktekkan hal2 diatas, kita akan terlatih untuk mengenali perubahan2 pada GP kita.

      Cara agar GP selalu sehat :
      Memberikan kandang dengan luas dan bedding yg sesuai, memberikan GP makanan yang sesuai dgn kebutuhannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca2 artikel2 lain pada blog ini yang membahas mengenai makanan dan kandang untuk GP. Pembahasan lebih lanjut seperti tanya jawab, bisa dilakukan di grup FB GPL.

      Vaksin untuk GP :
      Tidak ada vaksin untuk GP, yang ada hanyalah pencegahan kutu dan check up yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Pencegahan kutu bisa diberikan per 6 bulan sekali hingga setahun sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s