GP saya penakut..Gimana cara ngedeketinnya ya?

Posted: August 17, 2010 in Guinea Pig Behaviour and Their Social Life

Banyak new GP owners yang bertanya “Seberapa sulit dan seberapa lama waktu yang dibutuhkan agar GP kita bisa dekat dengan kita?”.

Sebenarnya tidak ada yang tau berapa lama waktu yang dibutuhkan, semua itu tergantung kesabaran, semangat owner dan karakter GP itu sendiri. Waspada akan keadaan sekitar memang sudah menjadi sifat dasar GP mengingat GP adalah hewan yang memang terlahir sebagai hewan yang dimangsa. Untuk itu kita harus pintar-pintar membuatnya percaya dan menyadari bahwa kita bukanlah ancaman bagi mereka.

Berikut ini ada beberapa tips cara mendekati GP :

1. Membangkitkan Rasa Keingintahuan
Dekati GP dengan kondisi pintu kandang tertutup. Berbaring disebelah kandang Gp anda sehingga posisi GP anda berada sejajar didepan mata anda. Diam selama beberapa menit, dan tirukan suara GP anda.Tidak ada GP yang tidak penasaran dengan suara GP lain, sehingga ia akan mendekati Anda dan mulai mengendus Anda dari dalam kandang. Rasa keingintahuannya telah muncul. Ulangi proses ini selama 2-3 hari kedepan.

2. Treat untuk menyogoknya
Sekarang buka pintu kandang GP anda dengan menggunakan 1 tangan, sambil memegang makanan misalnya wortel. Kemudian gosokan tangan anda ke bedding dikandang GP, hal tersebut akan mempermudah komunikasi kontak pertama ke GP anda karena sekarang anda memiliki bau yang serupa dengan GP anda. Genggam makanan diatas GP anda sambil memanggil namanya perlahan. Sambil menarik keluar makanan sambil membisikan suara “baguuus”, suara yang diucapkan perlahan akan membantu GP untuk rileks. Lanjutkan usaha ini hingga GP anda mau mendekati anda dengan mudah.

3. Mengajak GP keluar kandangnya untuk pertama kali
Sejauh ini GP sudah mengenali cara berkomunikasi yang positif dengan anda. Kepercayaan ini dapat diperkuat lebih lanjut. Buatlah semacam jembatan sehingga GP anda dapat keluar kandang dengan mudah. Bujuk GP anda untuk keluar kandang dengan sayuran, dan biarkan GP anda menggigit makanan ketika GP anda sudah setengah keluar dari kandang. Anda juga dapat membujuk GP kembali kekandang dengan menggunakan cara yang sama. Teruslah mengulangi latihan ini selama beberapa waktu.

4. Tidak Lagi Malu-malu
Apabila langkah tersebut dilakukan berulang-ulang, cobalah untuk mengelus-ngelusnya secara perlahan.Jika GP anda membiarkan anda mengelus-elus dagunya berarti dia sudah merasa nyaman. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati. Teman baru anda menikmati kasih sayang anda. Sekarang anda dapat berusaha untuk membelai bagian belakang dengan jari anda. Lakukan berulang-ulang secara perlahan hingga GP Anda terbiasa dengan hal ini.

5. Mempererat Hubungan
GP anda yang malu-malu sekarang telah mempercayai anda dan telah memilki keberanian untuk menjelajahi lingkungan sekitarnya. Terkadang GP anda suka beristirahat untuk ngemil. Disaat itu anda dapat melihat bagaimana rasa ingin tahu GP anda muncul. Pastikan GP anda dapat kembali kekandangnya tanpa kesulitan, karena kandang merupakan tempat dimana GP dapat merasa terlindungi.

6. Benar-benar Nyaman
GP yang cemas kini  telah menjadi dirinya sendiri yang dapat mengatasi situasi baru terhadap lingkungannya dengan lebih baik. Ikatan antara anda dengan GP sekarang lebih kuat sehingga GP anda dapat bermain walaupun Anda berada didekatnya. Ini merupakan suatu hal yang menunjukkan kepercayaan luar biasa dari GP, karena GP hanya mau bermain ketika mereka benar-benar merasa nyaman.

Ingat, proses ini membutuhkan kesabaran dan terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menumbuhkan kepercayaan GP.

Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan :

– Usahakan jangan mengagetkan GP, dekati secara perlahan.

-Jangan berusaha mendisiplinkan GP dengan cara kasar. Anda bisa menggunakan sentilan kecil tetapi jangan pernah menyakitinya. Ingat, GP adalah hewan yang memiliki ingatan yang cukup baik, dan perbuatan buruk Anda mungkin akan membuatnya trauma dan ketakutan(berarti GP Anda akan lebih sulit dekat dengan Anda). Salah satu cara mendisiplinkan GP adalah dengan menggunakan treat. Buatlah GP mengerti dengan cara : apabila dia melakukan hal baik, dia akan mendapatkan sesuatu. Jadi berikan sesuatu apabila GP Anda telah melakukan hal-hal yang baik.

Thanks for the help, bro stenlyaga😀



Comments
  1. dim-dim says:

    nice info gan!!

  2. Maryanti says:

    GP saya akhir2 ini sering gigit jeruji kandangnya. Kalau dideketin n dibilangin “gembul, jangan!” dia brenti, ngliatin, trus ngumpet. Kalau udah ditinggal, dia gigit2 lagi. Gimana cara ngasih taunya ato ada yang salah dengan dia ya?

    • Bagaimana dengan makanannya? Haynya apakah selalu unlimited di kandang? Ada kemungkinan GP bosan, maka setidaknya 1 jam sehari berikan GP waktu flooring time agar GP tidak bosan. Berikan beberapa mainan didalam kandang seperti cuddle cup, hidey, dll dan ubah2 posisi mainannya secara berkala agar GP merasa kandangnya seperti baru.

  3. raniwibowo says:

    NICE info..GP saia dah bisa nengok juga kalo di panggil “Cappy..Cappy..” hahaha lucu..tp lebih excited lg klo di panggil “Buncis..Buncis..” -_- karena makanan kesukaannya buncis..langsung menguuiiiik kesenengan hahaha..

    • GPnya lucu bangeeet….
      Tapi jangan keseringan dikasi buncis ya, takutnya kalo kebanyakan akan mengganggu sistem pencernaanya🙂

      GP yang dirawat dengan baik dan memiliki kedekatan dengan ownernya pasti lama kelamaan akan menunjukkan semua sifat-sifatnya. Kadang saya malah berpikir bahwa tingkat afeksi GP terhadap ownernya tidak kalah dengan anjing/kucing. Hanya saja, dibutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk menumbuhkan kepercayaan GP terhadap kita, tetapi begitu kepercayaannya tumbuh GP akan menjadi pet yang sangat menarik.

  4. jojo says:

    sist..gp saya kok suka lari2 sambil loncat2 y sist? itu normal atau tidak y sist? kalau perbedaan gp jantan dan betina apa y sist? karena sy itu waktu beli…minta jantan-jantan…tp setelah datang..kok kelihatannya (sy jg tidak yakin)1 cowo 1 cewe sist…

  5. jojo says:

    owh..ok ok..sy pikir ber-kutu…thx for info..

  6. Vincent Hung says:

    Sis suara guinea pig gmna sih?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s