MUST READ : Daftar Obat-obatan yang Berbahaya Bagi GP!

Posted: August 11, 2010 in Vets dan Pengobatan

Beberapa obat-obatan bisa berbahaya bagi GP, beberapa diantaranya bisa menyebabkan kematian atau enterotoxaemia (baca pengaruh antibiotik dan enterotoxaemia disini : http://www.petplace.com/small-mammals/antibiotic-associated-enterotoxemia-in-guinea-pigs/page1.aspx)

Semua obat-obatan yang berasal dari penicillin adalah racun bagi guinea pig. Pastikan vet tidak memberikan obat-obatan yang tergolong ke dalam penicillin. Amoxicilin (Clavamox) adalah obat berbahaya yang paling sering salah diberikan oleh vet.

Pastikan GP Anda tidak diresepkan satu atau beberapa dari obat-obatan ini :

dot amoxicillin (Clavamox)
dot ampicillin
dot bacitracin
dot cefadroxil
dot cephalexin * (derivative: Cefadroxil)
dot cephalosporins
dot cephazolin
dot chlortetracycline
dot clindamycin
dot dihydrostreptomycin
dot erythromycin
dot lincomycin
dot oxytetracycline
dot penicillin
dot streptomycin

Sekedar info tambahan, beberapa obat-obatan ada yang bisa diberikan oral (diminum), topikal (dioleskan) maupun injeksi, tetapi ada pula yang aman diberikan secara injeksi tetapi tidak secara oral. Kalau seandainya ada alternatif yang lebih baik (misalnya topikal), sebaiknya hindari pemberian antibiotik secara injeksi.

Comments
  1. ayu says:

    Gmn cara mengobati GP yg diare?? Thx b4šŸ™‚

  2. vicky says:

    Apa ada yang tahu mengenai GP yang tidak bisa makan (mau makan tapi kesulitan mengunyah akibat kemungkinan rahangnya kaku atau dislocated?) Thank you sebelumnya ya..

    • Coba dicek giginya ke dokter hewan. GP memiliki gigi yang tumbuh terus menerus. Gigi ini tidak akan terasah dan memiliki panjang yang normal apabila tidak diberikan hay secara unlimited. Gigi GP yang terlalu panjang akan membuatnya kesulitan makan.

      Dengan dibawa ke vet, semoga bisa dilihat giginya, terutama gigi-gigi molarnya yang terletak jauh didalam mulut GP. Kalau memang giginya terlalu panjang, bisa dipotong di vet, tetapi kalau permasalahannya adalah kelainan struktur gigi dan gusi pada GP, berarti memang harus melalui proses operasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s