Cavy Savvy Vet

Posted: August 11, 2010 in Vets dan Pengobatan

APA ITU CAVY SAVVY VET?

Cavy savvy vet adalah dokter hewan (vet) yang memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai pengobatan bagi guinea pig. Vet yang tergolong cavy savvy vet umumnya adalah vet dengan spesialisasi khusus small animals atau exotic animals. Tetapi di Indonesia, spesialisasi di bidang kedokteran hewan masih belum ada. Cavy savvy vet tahu bahwa treatment guinea pig berbeda dengan hewan lain seperti anjing atau kucing. Mereka tau pengobatan apa saja yang aman bagi GP, obat-obatan yang berbahaya bagi GP, penanganan nutrisi bagi GP, mengetahui secara pasti prosedur penyembuhan, operasi, pemulihan dan perawatan GP. Biasanya cavy savvy vet sudah menjalani berbagai pelatihan yang berhubungan dengan small animal, termasuk guinea pig.

APAKAH SEMUA VET TERMASUK CAVY SAVVY?

Tidak. Seperti yang kita tau bahwa didunia mayoritas orang memelihara anjing/kucing. Sehingga sebagian besar vet hanya mengetahui pengobatan dan perawatan yang baik bagi anjing/kucing saja. Vet yang baik bagi anjing/kucing belum tentu baik bagi GP. Terlebih lagi di Indonesia dimana status GP sebagai hewan peliharaan tergolong masih amat sangat jarang. Membawa GP ke vet yang tidak mengerti tentang GP sama berbahayanya dengan tidak membawa GP ke vet.

LALU APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN KALAU GP SAYA SAKIT?

Di bawa ke vet!

Lho, bukannya tadi katanya kalo dibawa ke vet juga beresiko?

Memang beresiko, untuk itulah kita sebagai GP owner harus pro aktif dalam membantu memberi informasi kepada vet yang kita percaya tentang obat-obatan dan penanganan GP yang sakit. Dengan begitu kita bisa memastikan bahwa obat-obatan yang diberikan oleh vet tersebut adalah obat-obatan yang aman.


DARIMANA SAYA BISA DAPET INFORMASI TENTANG PENANGANAN GP YANG SAKIT?

Bersyukurlah kita karena meskipun GP sebagai hewan peliharaan masih sangat jarang dan sangat sulit untuk mencari perlengkapan perawatannya, tetapi masih ada website-website yang reliable dan memberi banyak informasi tentang apa yang baik dan apa yang buruk bagi GP, dan juga penanganan apabila GP sakit. Gunakan informasi di website : http://www.guinealynx.info sebagai sumber pengobatan yang akan diberikan pada GP Anda. Print out halaman-halaman penting di website itu, dan berikan kepada vet tersebut.

BAGAIMANA KALAU VETNYA NGANGGAP SAYA KURANG AJAR DAN SOK TAU?

Vet yang baik akan menerima informasi dengan lapang dada, dan menyadari bahwa kadang pet owner lebih mengetahui mengenai apa yang baik dan apa yang buruk bagi peliharaannya. Tapi kita juga harus ingat bahwa kita tetap harus menjaga cara bicara kita agar tidak menyinggung dan tidak membuat vet tersebut merasa digurui. Buatlah vet itu merasa seakan-akan Anda benar-benar membutuhkan pertolongannya.

Mungkin Anda bisa menggunakan kata-kata seperti : “maap dok, kemaren waktu saya panik saya sempet browsing di internet. Katanya karena ini dok..” sambil memberikan print out tentang penyakit yang mungkin diderita GP Anda untuk memberi gambaran penyakit apa yang menimpa GP Anda. Dan mungkin saat vet membaca print out yang Anda berikan, Anda bisa menambahkan sambil memberi print out tentang obat-obatan GP, apa yang bisa di kasih dan apa yang ga bisa dikasih untuk GP “Trus kebetulan kemaren saya dapet info tentang pengobatannya juga dok. Ini dok print out tentang pengobatannya, apa yang boleh dan apa yang ga boleh. Kemaren saya sempet mau nyari obat2nya yang tertulis disitu dok, tapi saya ga ngerti, jadi mau nanya dokter aja yang lebih ahli. Kali aja dokter punya obat2 yg ada disitu”.Kalo perlu, kasih print outnya ke vetnya buat dibaca-baca.

Apabila kita bisa berbicara dengan baik dan menghargai vet, vet juga pasti akan dengan senang hati membantu kita.

ADUH KOQ RADA RIBET YA, BAKAL BERHASIL GA NIH KALO NEGO SEPERTI INI MA VETNYA?

Sudah ada GPL yang mencoba mempraktekkan trik di atas, baca : https://guineapigsloverindonesia.wordpress.com/2010/08/11/susahnya-nyari-cavy-savvy-vet-tapi-jangan-pernah-putus-asa/

Kalo ga salah di Yogya juga sudah pernah ada GPL yang membantu vetnya dengan memberi informasi tentang pengobatan bagi GPnya yang sakit. Jadi saya rasa ga ada alasan bagi siapapun untuk bilang “GP saya mati karena saya ga tau harus ngebawa ke vet yang mana, soalnya ga tau mana vet yang cavy savvy”. Justru karena hal itulah, kita yang harus pro aktif membantu vet agar vet tersebut lama kelamaan mengerti tentang pengobatan dan perawatan GP.

SEJAUH INI, SUDAH ADAKAH VET CAVY SAVVY?

Sudah, tapi baru satu orang vet. Itupun di Jakarta. Untuk recommended vets, silahkan lihat di page “recommended vet or pet clinics” di blog ini.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s