Your Piggies and Other Animals

Posted: August 7, 2010 in Guinea Pig Behaviour and Their Social Life

Guinea pig adalah hewan yang mampu berinteraksi dengan baik apabila kondisi sekitarnya mendukungnya. Guinea pig tidak hanya mampu berinteraksi dengan baik terhadap manusia, tetapi juga hewan-hewan lainnya. Tapi harus diingat bahwa TIDAK SEMUA HEWAN AMAN BAGI GUINEA PIG. Beberapa hewan dapat menimbulkan stress, penyakit atau bahkan mampu membunuh guinea pig. Untuk itu kita harus pandai-pandai memilih teman bermain bagi GP kita.

1. Guinea Pig-Guinea Pig

Tidak ada teman yang lebih baik daripada teman dari spesies yang sama. Berikan teman bagi guinea pig Anda, karena GP adalah hewan yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Mereka butuh kedekatan sosial dan seekor atau beberapa ekor GP lain adalah pilihan yang sempurna

2. Guinea Pig-Kelinci

GP dan kelinci mampu berinteraksi dengan baik. Bahkan tidak jarang seekor kelinci menganggap GP sebagai adik/anaknya sendiri. Tapi menempatkan mereka di kandang yang sama adalah pilihan yang sangat buruk (baca post : “Guinea Pig dan Kelinci di Kandang yang Sama? It’s a NO!”)

3. Guinea Pig-Kucing

Guinea pig bahkan mampu bersahabat dengan kucing. Tapi hal ini juga bergantung pada karakter kucing itu sendiri. Ada beberapa kucing yang memang agresif terhadap GP, dan malah ingin membunuhnya, namun tidak jarang juga ada kucing yang sangat sayang pada GP. Apabila memiliki kucing dirumah, sebaiknya amankan kandang GP. Buatlah kandang GP tipe closed cage sehingga kucing tidak memiliki akses ke kandang GP. Kata-kata seperti “tapi kucing saya sangat bersahabat dan menyayangi GP saya” tidak bisa dijadikan alasan untuk membiarkan kucing anda bermain dengan GP tanpa pengawasan dan membuat kandang open cage karena merasa kucing tidak akan menyakiti GP Anda. Ingat, kucing memiliki cakar, dan gigi yang tajam. Sesayang-sayangnya kucing Anda kepada GP Anda, tapi cara mereka bermain tetap berbeda. Kucing suka menggigit pada saat bermain (Anda bisa lihat ketika kucing-kucing sedang bermain), dan satu gigitan atau cakaran kecil bisa berakibat fatal bagi GP Anda. Kucing Anda mungkin menganggapnya permainan, tetapi tidak dengan GP Anda.

4. Guinea Pig-Anjing

Di alam liar, anjing adalah pemburu dan predator bagi GP. Namun sama seperti kucing, anjing rumahan bisa bersahabat dengan GP. Tidak selalu, tapi ada beberapa anjing yang bisa bersahabat dengan GP. Dan kandang GP tetap harus dibuat closed cage, dan pengawasan penuh pada saat GP dan anjing Anda bermain bersama

5. Guinea Pig-Hamster

Pada saat GP dan hamster disatukan, memang kemungkinan saling menyakiti sangat sedikit. Tetapi ingat, GP Anda berukuran jauh lebih besar dari hamster, dan GP bisa menginjak-injak hamster Anda kapanpun dia mau. Jadi jangan pernah satukan dengan hamster bagi keselamatan hamster Anda.

6. Guinea Pig-Landak

Guinea Pig dan landak adalah hewan yang bisa dikategorikan “netral”. Pada saat disatukan, kemungkinan mereka akan sama-sama sibuk dan jarang berinteraksi satu sama lain. Tapi kembali pada sifat dan karakter masing-masing hewan tersebut. Ada GP dan landak yang lebih agresif, ada juga yang tidak agresif dan mudah menerima kehadiran hewan lain.

7. Guinea Pig-Ular

Saya rasa ini sudah amat sangat jelas. Guinea pig adalah makanan ular, jadi jangan pernah menempatkan kandang ular berdekatan dengan kandang guinea pig. Atau bahkan jangan memelihara ular jika memelihara GP, begitu pula sebaliknya. Kehadiran ular disekitar GP (meskipun mungkin kandang ular berada di kamar yang terpisah) bisa memicu stress pada GP.

8. Guinea Pig- Ferret

Ferret sebenarnya juga predator GP, tetapi ada beberapa ferret yang bisa bersahabat dengan GP. Tapi karena di alam liar tingkat keagresifan ferret terhadap GP lebih tinggi daripada tingkat keagresifan anjing/kucing terhadap GP, jadi sebaiknya jangan pernah menyatukan ferret dengan GP.


Comments
  1. indra says:

    dalam 1 kandang mending mlihara 2 jantan apa 2 betina ya gan ?

    • Sebenarnya sama saja, mau melihara 2 jantan ataupun 2 betina. Tetapi memang kebutuhan luas area kandang untuk jantan cenderung lebih besar karena jantan memiliki sifat dominasi yang lebih kuat. Jadi kemungkinan mereka berkelahi untuk perebutan kekuasaan akan lebih besar. GP jantan lebih mudah menerima keberadaan manusia, mereka lebih suka mengeksplor tempat-tempat baru.

      GP betina, cenderung lebih mudah menerima GP lain. Tetapi dari pengalaman saya, umumnya GP betina lebih berhati-hati terhadap manusia dibandingkan GP jantan.

      Tetapi baik GP jantan maupun GP betina, keduanya bisa menjadi teman yang sangat baik.

  2. Vincent Hung says:

    Gan kalo ama tikus gimana?

    • Tikus maksudnya tikus liar?

      Tikus adalah hewan omnivora, dan bisa bereaksi positif ataupun negatif terhadap GP.

      Beberapa owner pernah melaporkan kejadian2 seperti :
      – Tikus yang mendadak ada dikandang GP dan makan bersama dgn GPnya
      – Tikus yang menyerang GP
      – Tikus yang takut terhadap GP

      Bagaimanapun reaksinya, kehadiran tikus di kandang GP sebaiknya dihindari. Tikus liar bisa saja menularkan penyakit kepada GP kita.

  3. aliceenrico says:

    kalo sama sugar glider?

    • Sugar glider dan GP adalah hewan yang berbeda, dari makanannya pun berbeda. GP membutuhkan area kandang yang luas, karena pergerakan GP seperti manusia yang bergerak hanya secara mendatar. Sementara sugar glider bisa bergerak naik dan turun (melompat, memanjat, dll) sehingga dibutuhkan kandang yang cenderung tinggi.

      Bagaimanapun jg GP dan sugar glider adalah hewan yang memiliki kebutuhan yg berbeda, sebaiknya pisahkan kandangnya. Kalau hanya untuk diajak bermain bersama, selama memang keduanya tidak menunjukkan sifat agresif dan diawasi oleh ownernya pada saat bermain, saya rasa tidak apa2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s