How To Wrap Your Long Haired Piggy

Posted: August 5, 2010 in The Care

Ya! Bulu long haired GP bisa sepanjang ini!

GP long hair memang membutuhkan perawatan grooming yang sedikit lebih ribet daripada GP short hair. Rambut mereka yang tumbuh terus menerus dapat menjadi hal yang merepotkan bagi GP owner maupun bagi GP itu sendiri. Apabila tidak dirawat dengan baik, seringkali rambut GP menjadi kotor, dan gimbal akibatnya GP malah mudah terserang penyakit. Beberapa GP owner seringkali memotong rambut GP, dan menyisirnya tiap hari agar rambutnya tidak menghalangi pergerakan GP. Sementara para GP owner yang memang memiliki GP untuk dilombakan harus mencari cara agar rambut GP tetap panjang tetapi tetap dijaga kebersihannya. Langkah yang diambil adalah dengan membungkus rambut GP sehingga tidak kotor dan tidak menjadi gimbal. Pekerjaan ini bukan yang mudah, karena biasanya rambut GP harus dibungkus ulang setiap 2-3 hari sekali.

Material yang dibutuhkan :
– Sisir hewan
– Paper towel (beratnya ringan), kain/handuk (beratnya sedang)
– Gunting (untuk menggunting handuk)
– Karet ukuran kecil
– Botol spray yang terisi air

Langkah-langkahnya :

1. Ini adalah rambut yang harus digulung ulang, perhatikan bahwa sebagian rambut GP masih tergulung dengan rapih dan beberapa helai rambut terlepas dari gulungannya.



2. Lepas gulungan rambut GP satu persatu


3. Sisir rambut GP. Sediakan beberapa macam sisir (2-3 macam), ada sisir yang cocok untuk menyisir rambut yang sudah kusut, ada sisir yang cocok hanya untuk merapihkan kembali rambut GP.


4. Begini kira-kira gambar rambut GP yang telah disisir rapi. Kita bisa menyemprot air sedikit2 ke rambut GP untuk membuatnya lebih mudah disisir dan lebih rapih. Pada saat ini, akan terlihat apakah GP kita butuh dimandikan atau tidak. Kalau rambut dirasa kotor, berminyak, kasar, dan sedikit gimbal, ada baiknya GP dimandikan dahulu sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya.


5. Bagi rambut GP menjadi beberapa bagian, jangan terlalu banyak 4-6 bagian sudah cukup. Semakin banyak bagian rambut yang dibagi, nantinya semakin cepat lepas dari gulungannya. Selanjutnya, potong handuk/kain 3 kali lebih lebar dan beberapa cm lebih panjang dari rambut yang akan digulung. Handuk untuk menggulung bisa disusun dobel dengan handuk kedua beberapa cm dibawah handuk pertama, ini akan membuat rambut GP lebih tidak mudah terlepas dari gulungan.


6. Ambil rambut yang akan digulung, dan letakkan di tengah-tengah handuk yang telah dipotong. Pastikan bahwa setiap helainya tergerai rapi dari ujung atas ke ujung bawah dan lurus mengarah ke bawah. Apabila ada bagian rambut yang kurang rapih dibagian atas akan mudah digigit dan ditarik2 oleh GP.


7. Gulung sisi pertama ke arah tengah.


8. Gulung sisi satunya lagi.


9. Dan mulailah melipatnya ke arah atas sehingga membentuk persegi. Lipat minimal 3x lipatan.


10. Ikat dengan karet, usahakan agar karet mengikat kuat tetapi tidak membuat bentuk gulungan menjadi rusak.


11. Dan inilah hasilnya 

Tips tambahan :
– Pastikan bahwa tinggi gulungan diatas badan GP sehingga GP tidak menyeret-nyeret gulungannya dan membuatnya kotor.
– Gulung kembali rambut GP setiap beberapa hari sekali.
– Ganti handuk dengan yang baru apabila handuk/kain yang lama sudah terlihat kotor.
– Apabila menggunakan handuk, pilih yang seratnya sedikit karena serat handuk yang banyak akan membuatnya semakin sulit untuk merapikan rambut.
– Sikat dan hilangkan rambut-rambut yang rontok dari handuk/kain sebelum menggunakannya kembali untuk menggulung rambut GP.
– Alihkan perhatian GP dengan memberikan treat saat menggulung rambutnya.
– GP betina umumnya lebih sulit digulung, karena mereka cenderung tidak suka rambutnya diacak-acak

dikutip dari : http://www.storybookcavies.com/wrapping.htm

Comments
  1. Antik says:

    Ini kan kalo untuk GP jenis yang bulunya panjang banget. Kalau untuk jenis shelti gmn ngrawatnya? Sheltiku usia 4 bulan bulunya panjang nyentuh lantai n ujung2nya kotor, tp terlalu pndk untuk digulung. Gmn dong?

    • Pada dasarnya sheltie juga akan berbulu panjang sis, jadi memang bisa diikat. Sebisanya saja kalau memang bulunya ingin digulung.

      Secara pribadi saya kurang menyarankan teknik wrapping bulu ini karena pasti akan tidak nyaman bagi GP dan memang ribet, saya cenderung menyarankan untuk memotong bulu2 yang terlalu panjang (anak2 saya biasanya dipotong hingga 1-2cm diatas lantai) tujuannya agar bulunya tidak kotor dan kebersihannya jg lebih terjaga.🙂

    • Sheltie nantinya juga akan sepanjang itu sis. Kalau saya pribadi lebih menyarankan untuk dipotong, tetapi kalau pengen agar tetap panjang, mau tidak mau harus digulung, mungkin memang harus lebih sering bongkar pasang gulungannya dan kerja keras ekstra untuk membersihkan kandangnya agar tetap bersih untuk sementara hingga bulunya cukup panjang untuk digulung🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s