Ayo Mandiin GP Kita :)

Posted: August 5, 2010 in The Care

Guinea pig pada dasarnya adalah hewan yang bersih, namun agar kebersihannya tetap terjaga kita masih harus memandikannya. Di luar negeri, GP disarankan untuk dimandikan hanya 1-3 kali setahun. Tetapi karena iklim yang berbeda, GP di Indonesia cenderung lebih cepat kotor, untuk itu perlu dimandikan lebih sering, tetapi tidak terlalu sering. Hanya mandikan ketika GP kita terlihat kotor, kira-kira 3 minggu sekali untuk GP berbulu panjang, dan 1-2 bulan sekali untuk GP berbulu pendek.

Pada dasarnya GP bukan hewan yang suka dimandikan, sebaliknya peristiwa “mandi” bisa menimbulkan stressi bagi GP. Untuk itu, sebaiknya memandikan GP dibuat secepat dan senyaman mungkin agar stressnya tidak berkepanjangan.

Peralatan yang dibutuhkan :

– Beberapa lembar handuk (usahakan yang tebal agar dapat menyerap air lebih banyak)

– Bak kecil (dog/cat litter box juga dapat digunakan). Ada GPL yang merasa nyaman dengan hanya menggunakan 1 buah bak kecil, ada juga yang membutuhkan 2-3 buah bak.

– Shampoo (lihat dibawah untuk tau shampoo-shampoo apa aja yang aman bagi GP)

– Air hangat

– Gelas kecil (apabila dibutuhkan)

– Sikat gigi (apabila dibutuhkan)

– Kontainer berukuran sedang yang dilapisi handuk (apabila dibutuhkan)

– Hair Dryer

– Sisir hewan

– Gunting (apabila dibutuhkan)

– Gunting kuku (apabila dibutuhkan)

Shampoo yang aman dan tidak aman bagi GP :

Shampoo yang tidak berbahaya bagi GP sebenernya ada 3 :
– shampoo kitten
– shampoo puppy
– shampoo small animals (yang ini jarang banget saya temuin, seumur2 cuma pernah beli sekali. setelah itu ga ada lagi)
*Sebenernya ada shampoo yang memang khusus untuk GP namanya Gorgeous Guinea, cuma di Indonesia belum ada.

shampoo yang ga aman buat GP :
– shampoo baby (jangan pernah berpikir buat beli shampoo Clear ato shampoo dewasa lainnya hanya karena Anda pernah liat liputan saluran TV lokal yang bilang kalo GP bisa dimandiin pake shampoo Clear! They know nothing about piggies!)
– dog shampoo
– cat shampoo
– shampoo hewan yang ada tulisannya : medicated
– shampoo hewan yang ada tulisannya : flea and tick

How to :

– Untuk GP yang berbulu panjang (dan dirasa bulunya sudah terlalu panjang), sebelum memandikan GP adalah saat yang tepat untuk memotong sebagian bulunya.

Sebelum memandikan GP, pastikan semua benda yang dibutuhkan berada di dekat Anda dan mudah dijangkau. Ini akan memudahkan Anda mengawasi GP Anda bila sewaktu-waktu GP mencoba lari pada saat dimandikan. GP mudah tergelincir pada saat dimandikan.

– Isi bak dengan air hangat secukupnya (kira-kira hingga kaki GP terendam dengan air). Anda boleh menggunakan beberapa buah bak (bak untuk membasahi badan GP, bilasan pertama, bilasan kedua, dll). Anda juga bisa menambahkan satu lembar handuk kecil untuk ditempatkan di dasar bak yang berisi air agar GP lebih merasa aman dan tidak takut tergelincir.

–  Masukkan GP Anda perlahan-lahan ke dalam air, usahakan agar GP tidak kaget. Apabila GP tiba-tiba memberontak, angkat sebentar lalu peluk, elus-elus dan tenangkan dia (dia akan merasa tenang ketika kakinya sedikit kering). Setelah dia sedikit tenang, masukkan kembali ke dalam air perlahan-lahan. Biasanya dia akan jauh lebih tenang. NB : JANGAN MEMBUAT GP ANDA BERENANG! Itu hanya akan membuatnya panik dan semakin ketakutan!

– Ambil air dengan gelas kecil, lalu mulai menyiram tubuh GP perlahan-lahan dimulai dari bagian belakang tubuhnya agar GP tidak kaget. Bisa juga Anda melakukannya dengan cara membasuh tubuhnya perlahan-lahan dengan tangan Anda. Basuh bagian muka dengan sangat hati-hati, gunakan tangan bukan dengan gelas kecil. Usahakan agar bagian hidung dan telinga terlindungi dan tidak kemasukan air.

– Setelah itu ambil shampoo, usapkan di tangan Anda dan mulailah menyabuni GP Anda. Jangan lupa untuk menyabuni bagian-bagian seperti perut, lipatan kaki, dan area sekitar kelaminnya. Pastikan semua bagian telah bersih.

– Pindahkan GP Anda ke bak pembilasan. Apabila Anda hanya menggunakan 1 buah bak, masukkan GP Anda ke dalam kontainer kecil yang telah dilapisi handuk. Selimuti GP Anda dengan handuk tersebut agar tidak kedinginan saat Anda mengganti air bak. Setelah itu,  angkat GP Anda ke bak yang telah diisi air baru, dan bilas seperti biasa. Ulangi proses ini beberapa kali hingga bersih. Anda juga bisa menyiramkan air perlahan-lahan dengan menggunakan gelas kecil. Untuk area muka, bilas dengan tangan Anda hingga bersih.

– Untuk GP berbulu panjang, ada baiknya setelah bilasan pertama, GP diberikan shampoo lagi agar lebih bersih.

– Setelah itu, keringkan badan GP dengan handuk, pijit perlahan telinga GP dengan handuk untuk membersihkan kotoran yang menempel di telinganya.

– Setelah setengah kering, gunakan hair dryer dan sisir untuk mengeringkan badan GP seluruhnya. Atur temperatur hairdryer sehingga GP tidak merasa terlalu panas.  Pastikan badan GP kering seluruhnya, jangan lupa untuk mengeringkan area perut, lipatan kaki dan area sekitar kelaminnya! Ingat, badan GP yang tidak kering sepenuhnya akan menjadi lembab dan tempat yang lembab memicu tumbuhnya jamur!

– Jangan lupa potong kukunya agar penampilan GP lebih sempurna

-Berikan GP Anda treat dan menu sayurnya! They’ll love you for that!

Cara diatas adalah salah satu dari banyak cara dalam memandikan GP. Anda bisa menemukan alternatif memandikan GP yang paling nyaman bagi Anda dan bagi GP Anda. Disini akan saya posting beberapa video dari Youtube tentang berbagai cara memandikan GP yang mungkin dapat membantu Anda. Have a nice bath with your pigs🙂


Comments
  1. cicitt says:

    Kira2 ada ga sih batas usia minimal gp boleh dimandiin? Gp ku umurnya kira2 2bulan kurang..
    Trus boleh ga mandiin gp pake air yg dicampur antiseptic (ex: dettol)??

    • Kalau untuk batasan usia, sebenarnya tidak ada. Tapi disarankan diatas 1 bulan agar secara fisik mereka lebih kuat ketika dimandikan.

      Antiseptik tidak boleh digunakan sebagai campuran air untuk memandikan GP karena kulit dan bulu GP sangat sensitif.🙂

    • Hihi…memang tidak gampang sis untuk mengajarkan GP litter train, tapi dengan mengenali karakter, kebiasaan dan spot2 pup/pee GP akan sangat mempermudah owner dalam melatih litter trainnya🙂

  2. cicitt says:

    tadi aku ngecekin bulu2nya.. ternyata disitu aku temuin kya’ sejenis kutu.. kecil2 banget.. dan kutunya itu nempel di tiap helai bulu2 yg rada didalem, banyak pula..😦 trus aku bingung ini mesti gimana?? divaksin ato dimandiin biasa aja??

    • Bawa ke vet, minta treatment dengan ivermectin🙂
      Tapi pastikan dulu GPnya memiliki berat badan diatas 300gram (atau paling amannya diatas 350 gram).

      • cicitt says:

        kalo dimandiin pake shampo anti kutu yg biasa buat kucing/anjing gimna? skalian kasih bedaknya juga.. soalnya tadi aku ke vet, pengen minta di grooming, tp ternyata dr pihak vetnya ga brani krn gapernah nanganin gp.. dan akhirnya disaranin buat pake bedak anti kutu yg biasa buat kucing/anjing.. tadinya sih mau disuntik juga, cuma berhubung umur gp nya masih 2bln an, mreka ga brani..

      • jangan sis…bedak anti kutu dan shampoo anti kutu itu mengandung insektisida. Daya tahan GP terhadap insektisida tidak sebaik kucing/anjing. Coba cari vet yg lain aja kalau memang vet yg itu ga bisa menangani GP.🙂

      • cicitt says:

        Kebetulan vet di solo ga ada yg berani grooming gp.. Mau aku treatment pake ivermectin, dr vet nya juga ga ada yg berani dgn alesan masih terlalu kecil.. Pdhl kalo dr beratnya sih udah masuk.. Nah jadinya aku bingung..😥
        Misal terpaksa di grooming sendiri, harus pake shampoo apa? Kalo shampoo bayi kan ga ada buat kutunya.. Pernah sih waktu itu aku nanya sama bro stenly, kata dia bisa make shampoo anti kutu buat anjing/kucing, asal yg tearless..
        Mohon pencerahannya.. (っ ‾̣̣̣﹏‾̣̣̣)っ

      • Coba beli ivermectin suntik (nama produknya intermectin) bisa dibeli di tempat jual kelinci…atau di toko online juga ada, lalu diberikan secara topikal di bagian belakang telinga (yang botak). Panduannya bisa dibaca disini : http://www.guinealynx.info/ivermectin_topical.html

        Atau bisa juga beli ivermectin oral (ada yg jual online) nama produknya Kepromec Oral, nanti digunakan sesuai dengan dosis disini : http://www.guinealynx.info/ivermectin_oral.html

        Shampoo anti kutu baik tearless maupun bukan tetap tidak direkomen.🙂

  3. Leo says:

    Kalo aku belum ada hairdryer boleh nggak mandiin GPnya ?
    Atau bisa pake alternatif lain buat ngeringin bulu GPnya ?
    Punya aku yg Long hair.

    • Saya sarankan sebaiknya tetap menggunakan hair dryer, badan GP yg tidak kering secara menyeluruh sangat riskan terserang penyakit terutama penyakit kulit. Dan membiarkan GP terlalu lama kedinginan pada saat kondisi GP kurang fit, bisa menyebabkan GP rawan terkena penyakit lainnya.

      Kalau seandainya GPnya jenis american, mungkin masih tidak apa-apa apabila hanya dikeringkan dengan handuk sekering mungkin sambil dijemur di matahari pagi selama beberapa saat. Tapi untuk GP long hair sepertinya akan lebih baik menggunakan hairdryer/blower.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s