My Piggies Care Box

Posted: August 3, 2010 in The Care, Vets dan Pengobatan

Guinea Pig bukanlah hewan yang suka menunjukkan rasa sakit, malah mereka dikenal sebagai hewan yang suka menyembunyikan rasa sakitnya. Untuk itu ada baiknya kita memiliki beberapa persediaan barang yang sebaiknya selalu disediakan di tempat perlengkapan dan obat-obatan khusus GP kita. Berikut adalah beberapa barang yang disediakan di kotak perlengkapan GP2 saya :
1. Timbangan Digital
Ini sebenarnya alat yang termasuknya vital karena perkembangan berat badan GP tiap minggunya bisa menunjukkan kondisi badannya. Saya sendiri belum punya, tapi begitu ada duit langsung harus beli
2. Mineral Oil/Baby Oil
Saya menggunakan mineral oil untuk membersihkan bagian genital dan anal sac GP2 jantan saya. Beli mineral oil yang murni, tanpa embel-embel with vitamin E, with aloe vera, with perfume,dsb. Produk yang saya pakai : Johnson’s Baby Oil (tutup warna pink)
3. Cotton Bud
Cotton bud dibutuhkan untuk membantu membersihkan anal sac dan bagian genital GP2 jantan saya.
4. Tissue/kapas
Tissue/kapas akan selalu dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Jadi yang namanya tissue harus selalu tersedia
5. Tissue basah
Tissue basah sering saya gunakan untuk membersihkan piring makan GP (kalo lagi males nyuci), atau sekedar buat ngelap mulut GP yang kotor karena baru selesai makan atau bisa juga ngelap kakinya yang kotor. Apabila akan digunakan pada GP, pilih tissue basah yang baby wipes.
6. Cuka
Digunakan untuk membersihkan kandang atau dicampur ke dalam air cucian untuk mencuci fleece dan mainan GP.
7. Spray
Saya pakai spray yang buat tanaman, biasanya saya pakai buat membersihkan kandang dan diisi dengan larutan cuka 1:1
8. Sikat
Jarang saya gunakan karena cuma dipakai kalo lagi bersih-bersih total. Tapi selalu ada buat menyikat impraboard saat bersih-bersih total
9. Sapu kecil
Sapu kecil banyak dijual di pasar/supermarket. Biasanya dipakai untuk membersihkan mobil. Ini perangkat perang saya tiap harinya. Sapu kandang 2 kali sehari untuk menjaganya tetap bersih
10. Kantung plastik
Setelah kandang disapu, pup dan kotoran dibuang ke kantung plastik. Makanya harus selalu sedia kantung plastik berbagai ukuran. Kantung plastik ukuran besar biasanya saya pakai ketika bersih-bersih total, kantong plastik ukuran kecil/sedang bisa dipakai ketika hanya menyapu pup.
11. Koran
Koran selalu ada, biasanya buat alas waktu GP2 flooring atau cuma sekedar dimasukin ke kandangnya biar bisa dipake mainan. Dulu saya pakai koran diantara fleece dan serbuk kayu agar serbuk kayu tidak menempel di fleecenya.
12. Serbuk Kayu
Ini salah satu perlengkapan perang juga, harus tersedia dan diangin-angin. Biasanya setelah beli langsung saya bongkar didalam kontainer biar bisa sekalian diangin-angin.
13. Fleece cadangan
Saya punya 8 fleece karena sekali pake langsung 4 fleece (jadi bisa buat ganti-ganti waktu fleece yang satunya dicuci).
14. Handuk
Saya sedia 2 handuk aja karena GP2 saya biasanya kalo mandi ganti-gantian. Jadi kalo yang satu basah, ada cadangan handuk kering.
15. Vitamin C IPI
Selalu sedia biar nanti suatu saat kalo lagi ga punya duit buat beli paprika atau pas GPnya sakit bisa langsung dikasih ke GP.
16. Ivermectin oral
Dipakai sebagai pencegahan aja, dan buat jaga-jaga kalau sewaktu-waktu GPnya kena kutu/scabies
17. Miconazole/ketoconazole
Buat jaga-jaga kalau sewaktu-waktu GPnya kena jamur
18. Propolis
Biasanya saya pakai sebagai obat luka. Benernya bisa juga diganti dengan betadine, cuma kebetulan saya punya propolis jadi ya disediain juga buat GP.
19. Becombion Syrup Anak
Disediain buat jaga-jaga seandainya dibutuhkan waktu GP sakit
20. Stimuno
Disediain buat jaga-jaga seandainya dibutuhkan waktu GP sakit
21. Cimetidine
Buat jaga-jaga kalo ada yang kembung. Fungsinya untuk memperbaiki pergerakan makanan di perut. Bisa dibeli di apotik
22. Neo Kaominal
Kandungannya Kaolin Pectin, berfungsi sebagai obat anti-diare. Bisa dibeli di apotik
23. Neolanta
Kandungannya simethicone, berfungsi sebagai obat anti-kembung. Bisa dibeli di apotik
24. Ratrim
Kandungannya trimethropim sulfa, sebagai obat anti diare. Bisa dibeli di apotik.
25. Baytril
Antibiotik untuk URI, bisa dibeli di petshop
26. Syringe
Disediain buat jaga-jaga kalo suatu saat dibutuhin buat nyekokin stimuno/becombion/obat-obatan lainnya
27. Hand Sanitizer
Ini yang paling penting, setiap abis membersihkan, ngasih makan, main, atau cuma ngelus-ngelus GP, SELALU bersihkan tangan dengan hand sanitizer. Lebih bagus kalo cuci tangan, tapi kadang kita males ke wastafel buat cuci tangan (dan berakhir dengan tidak membersihkan tangan setelah memegang GP). Selalu nyediain hand sanitizer di dekat kita adalah alternatif yang sangat membantu kalo lagi malas.

Comments
  1. Gp ku kulit kakinya mengelupas, kaya kering trus ganti kulit gitu. Awalnya cuma kaki belakang, tapi sekarang ke4 kakinya gitu semua. Sebabnya apa ya? Apa karna akhir2 ini cuaca panas banget? Trus cara ngobatinnya gmn?

    • Kemungkinan jamur karena kondisi kandang yang kurang bersih. Obati dengan miconazole/ketoconazole/canesten dengan dioleskan ke area yang terinfeksi jamur sehari 1-2 kali. Dan mandikan GP dengan shampoo Nizoral/Fungisol setiap 3 hari sekali, tunggu 5-10 menit sebelum dibilas agar shampoo dapat meresap ke kulitnya. Selama menunggu, hindarkan GP dari menjilat bulunya sendiri.

  2. ivermectin belinya dimana ya? Di apotik biasa apa ada?

  3. keiiiiiz says:

    Ivermectin oral kaya kepromec gitu pakenya gmna ya?

  4. nidya says:

    gp saya kok pupnya akhir-akhir ini lembek banget.ngga mencret seperti diare, tetep berbentuk pipih, tp lembek sekali, sampai2 pupnya nempel di fleece dan ujung2nya musti ganti fleece tiap 2hari, karena gp selalu menginjak-injak kotorannya hingga sangat melekat di fleece. adakah obat yang bisa saya berikan ke gp saya? atau kah ada saran lain? terima kasih

  5. raniwibowo says:

    hii..GP aq sering banget pipis. hal yang wajar ga sih???setiap di ajak maen keluar kandang, baru 10-15 menit dah nguik2 pengen balik kekandang soalnya mo pipis..byasanya klo kyk bgt aq balikin ke kandang nunggu GPnya pipis trus aq ajak maen lg..takutnya kembung kebanyakan air..
    makanannya biasa aq kasih CP Diet + air ma snacknya sayur2an (buncis, paprika, wortel, apel, bayam, daun antanan, tomat hijau (semuanya tergantung persediaan yg ada sih -_-!)) tow rumput2an..
    mohon petunjuknyaa…

    • Wajar. GP pada dasarnya adalah hewan dengan sistem pencernaan yang pendek jadi pup dan pee memang menjadi sangat sering.
      Rumput harus selalu tersedia dikandang, CP Diet hanya 1 sendok makan saja per hari, dan sayur 1 cup perhari. Sayuran bukan merupakan snack tetapi salah satu makanan pokok GP. Mungkin harus dperhatikan lagi jenis-jenis sayuran yang diberikan, sediakan sayuran yang sesuai dengan kategori pemberiannya (ada yang bisa diberikan seminggu sekali, dua kali, atau bahkan tiap hari). Pemberian sayur secara sembarangan tanpa pertimbangan yang matang akan sayur-sayur yg diberikan bisa berefek fatal bagi GP

  6. Maryanti says:

    GP ku ada yang kadang batuk2 n nafasnya bunyi. Obatnya apa ya? Kalau dibiarkan yang laen bisa ketularan gak?
    Pernah aku angkat, dia diem aja. Pas aku taruh, dia batuk2 lagi. Kalau batuk karena tersedak makanan mungkin gak ya?

    • Batuk karena tersedak memang bisa saja terjadi sis, tetapi biasanya sangat jarang dan hanya terjadi ketika GP sedang makan saja. Itupun tidak disertai dengan nafas yang berbunyi.

      Batuk dan nafas yang berbunyi bisa jadi indikasi URI atau jantung. Kebanyakan yang terjadi adalah permasalahan URI, akibat sirkulasi udara di sekitar kandang yg krg baik, bedding yg kurang tepat (terutama serbuk kayu), ukuran kandang yang tidak sesuai standar (berpengaruh terhadap jumlah pee dan pup yg menumpuk sehingga bau ammonia lebih berpengaruh terhadap GP), kebersihan yang kurang terjaga sehingga bau ammonia tercium kuat oleh GP. URI ini disebabkan oleh bakteri jadi bisa menular ke GP lain dan cukup mematikan apabila kita telat memanganinya. Jadi sebaiknya pisahkan GP yang diduga terkena URI.

      Untuk obat bisa minta diresepkan antibiotik oleh vet, umumnya vet akan meresepkan baytril (untuk GP dewasa) atau bactrim (untuk GP anak2, karena pemberian baytril bisa mempengaruhi pertumbuhan GP). Terkadang vet juga memberikan nebulizer treatment untuk mengurangi cairan di dalam paru-parunya.

      Kalau jantung penyebab secara pasti yang berkaitan dengan diet dan pola hidup belum ditemukan secara pasti, tetapi memang genetik memiliki peran pada penyakit jantung ini. Dibutuhkan treatment dan check up secara rutin untuk menangani penyakit jantung ini…

      Saran saya, segera bawa ke vet karena 2 penyakit ini cukup berbahaya…

      Cepet sembuh ya buat trio GPnya🙂

  7. jojo says:

    serbuk kayu tida disarankan utk GP y kak..?

  8. Immy says:

    Guinea pig saya sudah beberapa hari susah makan. Saya bawa ke vet Siti katanya rahangnya bergeser dan periodontis. Cuma nggak dikasih obat sama sekali cuma cairan pengganti makan oxbow critical care. Apa memang nanti sembuh sendiri apa memang treatment untuk TMJ atau atau Dental malocclusion tidak bisa diobati di jakarta? Berkali-kali saya tanyakan ke vet Siti tapi jawabannya agak kurang memuaskan. Saya bingung sekali. Please help.

    Many thanks.

    • Terus terang GPL bukan blog veterinary, jadi memang kemampuan kami untuk membaca diagnosa penyakit yang mungkin membutuhkan perhatian yang lebih khusus masih sangat terbatas.

      Tetapi setahu saya, permasalahan dental seperti malocclusion ataupun rahang yang bergeser merupakan permasalahan serius yang penanganannya tidak bisa diobati hanya dengan obat, tetapi harus melalui proses operasi.

      Untuk info tambahan mungkin link ini bisa membantu : http://www.guinealynx.info/malocclusion.html

      Dan kalau berminat, ada satu forum yang cukup bagus dalam membahas permasalahan kesehatan dan penyakit pada GP termasuk malocclusion ini. Saya sangat menyarankan bro/sis untuk bergabung dan tanya-tanya pada member2 disana : http://www.guinealynx.info/forums/

  9. indra says:

    ada gk obat/vitamin yang harus rutin di ksh ke GP dlm jangka waktu tertentu ?

  10. Aldi says:

    Kakaaak… GP Ku yg cowok kok mata yg kanan warnanya putih, apakah itu katarak..?, duh Kak, aku coba cari info ke dokter hewan terdekat, baru di telp aku tanya tarif, cuma cek saja 50 ribu belum termasuk obat. Ada pengobatan alternatif ga Kak..?, yg bisa kita lakukan sendiri tentu dengan harga yg terjangkau…

    • Salah satu konsekuensi sebagai pet owner memang ya membiayai petnya kalo suatu saat sakit, hal ini seharusnya udah dipertimbangkan dulu sebelum melihara GP. Kalau GPnya sakit, mau ga mau harus dibawa ke dokter, berapapun biayanya. Dan jangan main-main dengan mencoba ini itu dgn harapan GPnya bisa sembuh, pengobatan hewan tidak semudah itu…

      So, please be a responsible owner and take your cavy to the vet…

  11. dosis untuk pmakaian neo kaminal untuk GP brpa ml??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s