Guinea Pig Foods! (This is a MUST for your pet!)

Posted: August 3, 2010 in The Foods
Tags: , , , , , , ,

Memutuskan untuk memiliki seekor/beberapa ekor GP BERARTI Anda telah menyetujui untuk memberikan makanan dan perawatan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Apabila Anda tidak menyanggupi untuk memberikan makanan yang mereka butuhkan, mungkin ada baiknya dipertimbangkan lagi apakah memang guinea pig hewan yang tepat untuk Anda atau tidak. Remember, they’re a live creatures, not  dolls or  soft toys. So treat them like you treat your own child🙂

berikut ini daftar makanan yang sampai sekarang ini masih direkomendasikan ..


1. HAY ( UNLIMITED !!! / harus selalu tersedia di kandang )

kenapa ?*karena guinea pig adalah pemakan sayuran , atau bahasa orang pinternya herbivora , jadi otomatis guinea pig cepet ngerasa lapar apalagi kita kasih makannya 3x sehari .. nah , hay ini adalah salah satu makanan cemilannya .. *hay mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk makhluk imut , kecil , bernguik – nguik ini , yaitu untuk menjaga pencernaannya untuk selalu bergerak .. kalau ada yang tanya kenapa harus selalu bergerak ? tanya aja sama diri sendiri klo kita gag pup n pee .. ~_~ *membantu menghilangkan hairball. mungkin ini lebih sering terjadi pada kelinci , tetapi , tidak menutup kemungkinan untuk guinea pig .. guinea pig ketika sedang meng’groom’ dirinya sendiri , kadang” mereka mencabuti bulunya sndiri dan lalu memakannya , kadang” ada juga guinea pig yang jadi tukang salon buat temannya [BARBERING. Lalu apa hubungannya dengan hay? guinea pig membutuhkan serat kasar. Serat kasar ini fungsinya untuk membantu menghasilkan caecal pellet (pup yang dimakan kembali oleh GP sesaat setelah dikeluarkan dari anus). Caecal pellet ini menyehatkan bagi GP karena berisi nutrisi-nutrisi yang tidak terserap secara sempurna pada proses pencernaan pertama. Serat kasar dihasilkan oleh rumput dan hay. Hay/rumput memiliki kandungan serat kasar yang banyak, tetapi kandungan  nutrisi2 lainnya sangat sedikit sehingga aman diberikan secara unlimited. Ada info lain yang menyebutkan bahwa serat kasar juga terdapat pada kulit jagung dan daun pisang. Untuk kebenarannya saya pribadi belum mendapatkan informasi yang valid tentang hal ini, tetapi hanya info dari mulut ke mulut. Tapi sangat disarankan untuk tidak memberikan makanan apapun secara gegabah pada GP. Satu hal yang harus dipertimbangkan saat berniat memberikan makanan apapun ke GP :  kandungan nutrisi pada tiap2 makanan berbeda-beda, termasuk pada kulit jagung dan daun pisang, dan semua nutrisi yang ada di makanan tersebut HARUS kita perhitungkan. Jangan karena kita melihat ada serat kasar pada daun pisang, lalu kita melupakan bahwa mungkin daun pisang memiliki kandungan2 lain yang berbahaya bagi GP (zat lignin, karbohidrat, zat besi, dan mungkin zat2 lainnya). Sama seperti memperlakukan ibu yang hamil muda yang memang membutuhkan banyak vitamin C. Nanas memiliki banyak vitamin C, tetapi mendengar mitos yang ada bahwa nanas dapat menggugurkan kandungan. Mungkinkah kita memberikannya kepada ibu hamil hanya karena nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi? Begitupula dengan GP. (jadi jangan berpikir untuk memberikan serat kelapa, daun pisang atau kulit jagung kepada GP sebagai pengganti hay ya) .

Ketika GP tidak diberikan hay, GP tersebut tidak mendapatkan serat kasar yang cukup. Akhirnya dia akan memakan bulunya sendiri atau bulu temannya agar tubuhnya mendapat asupan serat kasar. Manfaat lain dari hay : untuk mengasah gigi molarnya agar tumbuh proporsional. Gigi GP sama seperti gigi kelinci, gigi-gigi ini terus tumbuh panjang dan hanya bisa diasah oleh serat yang ada pada hay/rumput (kecuali kalo Anda mau mengeluarkan duit tambahan untuk membawa GP Anda ke drh spesialis gigi agar bisa dipotongin giginya).


nahh , ini nih contoh hay yang biasa dijumpai di toko-toko, dan akan saya berikan reviewnya

hamsfood timothy hay

Ini hay yang harganya paling murah. Terbuat dari Timothy Hay (sepertinya 1st cut). Sebelum ini kami menyebutkan bahwa hay ini kurang baik karena dari pengalaman beberapa GPL banyak yg menyebutkan bahwa hay ini banyak batang, kasar dan cenderung berbau apek (yang bisa jadi disebabkan oleh kurang sempurnanya pengeringan yang dilakukan).  Karena hal itu, dikhawatirkan hay jenis ini sudah kehilangan nutrisinya. Dan karena bentuknya yang kasar, dikhawatirkan dapat mencederai GP.
Namun beberapa minggu belakangan ini, kami mendapatkan laporan bahwa beberapa GPL mendapatkan Hamsfood Timothy Hay yang kualitasnya cukup baik : memiliki wangi green tea, warna yang cukup hijau, meskipun masih memiliki cukup banyak batang. Setelah bertanya ke beberapa seller, ternyata Hamsfood Timothy Hay stock baru memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan stock lama. Meskipun begitu, masih ada beberapa seller yg menjual Hamsfood Timothy Hay stock lama. 

– Marukan First Class Timothy hay w/ Herbs

Sama seperti hamsfood, hay ini juga terbuat dari Timothy Hay. Sayangnya hay ini  sudah dicampur dengan tanaman herbal sehingga tidak cocok digunakan sebagai makanan sehari-hari. Apabila ingin menggunakan produk ini, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu herbal dengan hay-nya. Hay dapat diberikan sehari-hari, namun herbal sebaiknya disimpan dan diberikan seminggu sekali atau 2 kali. Hay ini berbau seperti green tea, warnanya hijau kecoklatan dan lumayan lembut. Tapi hati-hati, jangan tertipu oleh warna hijau dari hay yang terlihat dari luar packagenya. Sebenarnya warna hijau yang terlihat dari packaging transparannya hanyalah warna hijau pada plastiknya. Kekurangan lain dari hay ini adalah bentuknya yang pendek-pendek menjadikan hay ini kurang baik dan banyak yang terbuang karena berceceran di lantai kandang.

– marukan healthy grass

Hay ini memang bukan terbuat dari timothy grass, tetapi terbuat dari crane grass. Hay ini dapat diberikan unlimited. Ini alternatif yang aman diberikan dengan harga yang relatif terjangkau. Hay ini terlihat mirip dengan hay diatas, dengan bentuk yang tidak terlalu panjang.

Vitakraft Herbal Hay

Vitakraft herbal hay sebenarnya produk hay yang menurut saya bagus APABILA tidak dicampur dengan herbal. Bentuknya yang telah di compact sedemikian rupa, memudahkan kita memberikannya ke GP.  Sayangnya karena bercampur dengan herbal, hay ini tidak dapat digunakan tiap hari kecuali setelah dipisahkan dari herbsnya. Terbuat dari meadow grass.

– sanko soft timothy 735

Sanko Soft terbuat dari 1st cut timothy hay. Menurut saya, hay ini tergolong ke dalam salah satu hay yang terbaik. Warnanya hijau,wangi dan lumayan panjang. GP cenderung suka dengan hay ini.

sanko mild timothy 736

Terbuat dari 2nd cut timothy hay. Hay yang saya gunakan dan menurut saya lebih terjangkau, aman dan disukai GP. Karena 2nd cut, hay ini lebih lembut dari Sanko Soft, yang menjadikannya lebih unggul diantara hay-hay lainnya. Hay ini wangi, panjang, lembut. Dari beberapa macam hay yang pernah saya gunakan, hay ini yang menurut saya paling efisien. Jarang ada hay yang terbuang karena GP tidak mau memakannya atau karena bentuknya yang pendek dan berceceran di lantai kandang, sehingga cenderung lebih awet.

– Oxbow Hay

Ini adalah salah satu hay terbaik dunia. Hay ini sudah dapat dibeli di Groovy Petshop (Jakarta) dan Hime Hammie Petshop (salah satu petshop online yg menyediakan berbagai perlengkapan small animals). Memiliki beragam produk yang terbuat dari berbagai macam rumput seperti Oat Hay, Timothy Hay, Alfalfa Hay, Orchard Hay, dll. Gunakan alfalfa hay untuk GP di bawah usia 6 bulan dan timothy hay atau orchard hay untuk GP di atas usia 6 bulan. Hay Oxbow memiliki wangi green tea, warna hay yg hijau, dan tekstur yang lembut (pada Orchard Hay teksturnya malah selembut shredded paper).

2. SAYURAN DAN BUAH-BUAHAN

ini adalah makanan wajib guinea pig  SETIAP HARINYA!
sayuran memberikan vitamin-vitamin yang tidak bisa digantikan sepenuhnya oleh pelet , ataupun hay ..
guinea pig memerlukan banyak vitamin C dan vitamin” lainnya ..
variasi sayuran juga sangat penting bagi GP. Sediakan setidaknya 3-4 macam sayur per harinya (paprika, 2 macam sayuran yang berbentuk daun-daunan, 1 macam sayuran lainnya). Rotasikan sayuran-sayuran tersebut karena tidak semua sayuran aman untuk dikonsumsi tiap hari. Beberapa sayur yang dapat diberikan tiap hari antara lain : cilantro (daun ketumbar), selada keriting, selada romaine, red lettuce, kulit jagung, zucchini, wortel mini, dan tomat baby. Jangan berikan sayuran yang mengandung gas seperti kol, dan head lettuce, kentang, biji-bijian, gandum dan makanan sejenisnya . Hindari sayur-sayuran yang mengandung oxalic acid seperti kangkung, bayam,  sawi-sawian, choy-choyan, brokoli dan kembang kol.

Pertanyaan : Apabila saya mampu menyediakan 3-4  macam sayur-sayuran yang aman dikonsumsi tiap hari (contoh : selada keriting, tomat baby, cilantro dan paprika). Bisakah saya hanya memberikan sayur-sayuran tersebut tiap harinya?

Jawab : Bisa.  Tapi alangkah baiknya apabila setiap 2-3 hari sekali ditambahkan/diganti 1-2 jenis sayur sehingga GP tidak cepat bosan

Sementara itu, buah hanya berfungsi sebagai treat , diberikan seminggu sekali dalam jumlah sedikit.

Mengapa buah hanya diberikan seminggu sekali padahal kandungan vitamin C pada buah sangat tinggi? Mengapa harus paprika?

Kandungan vitamin C dalam buah memang tinggi, tapi kandungan gulanya juga tinggi. Sementara GP tidak boleh makan makanan yg mengandung gula terlalu banyak, padahal kebutuhan vitamin C bagi GP harus disupply tiap hari (jadi kembali pada konsep memperhitungkan keseluruhan komposisi nutrisi pada sebuah makanan dalam memutuskan apakah makanan tersebut layak diberikan atau tidak). Jadi buah tidak disarankan diberikan sebagai supply vitamin C, tetapi hanya sebagai treat.
Paprika mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi tapi kandungan gulanya sangat sedikit, jadi aman dikonsumsi tiap hari. Alternatif lain yaitu pake VIT C IPI atau Candyvit C. Jadi hanya gunakan paprika atau vitamin C IPI/Candyvit C sebagai sumber vitamin C-nya


3. PELLET

Pelet akan memberikan keseimbangan vitamin , mineral dan nutrisi lainnya untuk guinea pig . pellet merupakan sumber utama protein .
pada biasanya , guinea pig dewasa akan makan antara satu dan dua ons pelet setiap hari . hewan yang lebih aktif akan makan lebih sedikit, dan hewan tanpa stimulasi banyak yang akan makan lebih banyak . guinea pig dalam masa perawatan dan hamil akan memerlukan sedikit lebih banyak, dan hewan yang banyak diberikan hay dan beberapa sayuran setiap hari bisa makan lebih sedikit . akan mudah untuk mengetahui apakah anda memberikan makan terlalu banyak atau terlalu sedikit : jika ada sisa pelet, maka anda memberi mereka terlalu banyak. jika mangkuk kosong dan mereka masih kelaparan , maka anda tidak memberi mereka makan cukup. melalui berhari – hari , anda akan tahu persis berapa banyak untuk memberi mereka makan yang cukup.

Ketika memilih pelet , pastikan untuk menghindari “campuran” yang mengandung kacang, biji-bijian dan buah kering . karena ini akan berakibat buruk untuk berat badannya (obesitas) .. DAN GUINEA PIG TIDAK MEMAKAN KACANG”AN , BIJI BUNGA MATAHARI , DLL !

Merk pellet yang harus dihindari AT ALL COSTS!!! (http://www.guinealynx.info/forums/viewtopic.php?p=79958#79958)
1. HARTZ : mengandung animal fat products, oils, high wheat products (berupa sisa-sisa produk), dan ethoxyquin. Beberapa produknya memiliki pewarna, biji-bijian dan kacang-kacangan. Banyak sekali korban dari berbagai produk Hartz, jadi merk ini sangat tidak direkomendasikan untuk pet apapun (lebih lengkapnya mengenai bahaya dan korban Hartz Products bisa dilihat di : http://www.hartzvictims.org/)

2. GEISLER (Sargent’s pet products) : mengandung animal fat, oils, wheat products, dan ethoxyquin. Beberapa produknya memiliki pewarna, biji-bijian dan kacang-kacangan.

3. VITAKRAFT/GERTY : memiliki kandungan yang serupa dengan kedua produk diatas.

MUST READ! Beberapa kandungan pada pellets yang wajib dihindari : http://www.guinealynx.info/pellets.html

rekomendasi :


– CP diet

Pertanyaan : Bukankan CP Diet itu adalah makanan Rodents dan bukan pellet khusus GP? Kenapa pellet ini dianggap lebih baik dari makanan yang memang tertulis UNTUK GUINEA PIG seperti Vitakraft Menu for Guinea Pig atau Cavia?

Jawab : CP Diet memang bukan pellet yang bagus untuk GP. Namun setelah dikonsultasikan dengan ahli gizi di forum guineapigcages.com tentang isi kandungan masing-masing makanan Guinea Pig yang saat itu saya temukan (Cavia, CP Diet dan Vitakraft), CP Diet dianggap sebagai makanan yang paling aman untuk dikonsumsi GP karena tidak bercampur dengan biji-bijian dan kandungannya juga termasuknya lebih baik dibandingkan dengan kedua produk lainnya. Hanya saja karena terbuat dari bahan baku jagung, pemberikan CP Diet tidak bisa diberikan sebanyak memberikan Oxbow Pellet karena kadar karbohidratnya yang terlalu tinggi.

TAKARAN CP DIET !

– YANG DIBAWAH 6 BULAN , DAPAT DIBERI 2-3 SENDOK MAKAN PER HARI ,
UNTUK YANG DIATAS 6 BULAN , 1-2 SENDOK MAKAN PER HARI

– oxbow

ini nihh .. sangat sangat sangat direkomendasikan kalau anda mempunyai kantong tebel ..Belilah yang alfalfa based untuk GP dibawah 6 bulan, dan ganti ke timothy based setelah usia 6 bulan. Berikan Oxbow alfalfa pellet unlimited untuk GP dibawah 6 bulan dan 4 sendok Oxbow timothy based pellets untuk GP diatas 6 bulan

4. AIR MINUM UNLIMITED SETIAP HARINYA

setiap makhluk hidup itu perlu air ..
makanya sering ada yg bilang guinea pig tidak perlu air ..
( waktu pertama kali beli guinea pig di pinggiran , saya dikasih taunya begitu , kalau guinea pig dikasih air minum banyak bisa pup n pee banyak ) ..
disarankan airnya diganti setiap hari , untuk menghindari airnya kotor ..berikan air yang bersih dan matang, BUKAN AIR KRAN!

MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIBERIKAN KEPADA GP

makanan hamster seperti biji”an , bunga matahari , kacang”an , yogurt jelly, termasuk di dalamnya treat GP yang berbentuk biji-bijian seperti Vitakraft Kraker Stick, Fruit Sticks, Popcorn Sticks, dll. Gigi guinea pig tidak didesain untuk mengunyah biji-bijian, gigi mereka didesain untuk mengunyah sayur, hay dan buah.

Makanan kelinci baik yang berbentuk pellet maupun biji-bijian. Makanan yang bisa dikonsumsi kelinci DAN GP hanyalah hay! Kandungan nutrisi pada makanan kelinci jelas berbeda dengan makanan/pellet GP. Kelinci membutuhkan banyak vitamin A dan sedikit vitamin C, sementara GP membutuhkan banyak vitamin C dan sedikit vitamin A.

–  Dairy products seperti susu (kecuali susu induknya loh) , keju, yoghurt, coklat, dll. Dairy product diciptakan untuk kebutuhan manusia dan hewan lainnya yang pencernaannya memang didesain untuk menerima tingkat keasaman yang lebih tinggi dari hewan herbivora seperti kelinci dan GP.

Berbagai treat toko seperti lick stones, mineral stones, gnawing stones, Vitamin C Drops, Orange Drops, Mineral Drops, dan vitamin-vitamin lainnya yang tidak perlu. Treat-treat seperti stones malah membuat GP mudah terkena bladder stone karena kelebihan kalsium/mineral di tubuhnya, selama GP mendapat asupan sayur yang cukup, treat seperti itu tidak perlu diberikan. Sementara treat seperti Vitamin C Drops adalah pengeluaran yang percuma. Sifat vitamin C adalah cepat menghilang beberapa saat setelah larut di dalam air (itulah sebabnya kenapa sewaktu kita minum vitamin C seperto redoxon dll kita selalu disarankan untuk segera menghabiskannya). Sementara GP tidak mungkin meminum seluruh air di botolnya dalam beberapa menit, itu artinya GP sama saja dengan meminum air biasa. Dan ada kemungkinan karena rasanya yang berbeda, GP jadi tidak mau meminum air tersebut. Berbagai treat yang dijual di petshop mengandung gula (mengakibatkan diabetes, masalah pencernaan dan gigi). Ada berbagai treats yg berbentuk stick yang terbuat dari biji-bijian. GP tidak boleh memakan biji-bijian karena dapat mengakibatkan tersedak dan obesitas. 

Banyak juga yang mengandung berbagai pengawet yg berbahaya seperti ethoxyquin, BHT, dan lainnya. Dari komposisinya banyak yang menggunakan bahan-bahan seperti lemak hewani, corn oils, corn syrups dan dairy products. GP adalah hewan yang lactose intolerant, dimana tubuhnya tidak didesain untuk mencerna makanan yang mengandung laktosa. Jadi kapanpun Anda tergoda untuk membeli treat di petshop, forget it…it’s just not worth for your piggie. 

makanan anjing dan kucing seperti pedigree , dan sejenisnya , dog biscuit ,dog snack , dog treat , dan termasuk hot dog. GP tidak didesain untuk mengunyah daging, memberikan mereka makanan dengan kandungan daging hanya akan merusak sistem pencernaannya.

– Beberapa orang dan vet akan menyarankan Anda untuk memberikan oatmeal dan makanan gandum-ganduman lainnya seperti sereal, dsb. ITU SALAH, oatmeal bukan makanan yang cocok untuk GP. Oatmeal terbuat dari gandum (yang tergolong tanaman biji2an yang tidak cocok diberikan ke GP). Oatmeal mengandung terlalu banyak karbohidrat dan protein, dan bisa berpotensi membuat GP obesitas. Obesitas adalah awal dari berbagai penyakit, seperti diabetes, jantung, dsb. Memberikan oatmeal ke GP sama seperti memberikan jagung ke sapi, atau kucing. Memang oatmeal membuat GP akan terlihat lebih gemuk, tapi bukan sehat. Pada pellet sudah terkandung berbagai bahan yang terbuat dari tanaman gandum-ganduman, dan GP tidak membutuhkan tambahan karbohidrat maupun protein.

– Beberapa penjual GP akan berkata “GP boleh diberikan sisa makanan dari meja makan Anda!”. Salah besar, jangan berikan apapun yang berasal dari meja makan Anda, nasi, sayur sop, sambal, dll.


5 . VITAMIN/MULTIVITAMIN

Pemberian vitamin selain vitamin C tidak disarankan untuk diberikan daily karena jumlah vitamin yang terkandung pada sayuran dan pellet sudah mencukupi. Multivitamin juga sebaiknya tidak diberikan karena yang namanya multi itu berarti sudah berupa campuran beberapa macam vitamin. Mustahil mengontrol jumlah masing-masing vitamin yang didapat oleh GP apabila kita memberikannya dalam bentuk multivitamin. Dikhawatirkan malah akan mengakibatkan GP mendapat kelebihan salah satu atau beberapa jenis vitamin yang malah akan membawa penyakit. Gunakan vitamin dan multivitamin hanya apabila diresepkan oleh dokter hewan, atau pada saat kondisi GP sedang tidak fit.

Beberapa vitamin yang dapat diberikan antara lain :  Stimuno, Curcuma Plus, Becombion, Vitamin C IPI, Candyvit C.

Sementara untuk vitagel dan nutrigel tidak disarankan untuk diberikan karena merupakan multivitamin yang dibuat untuk hewan omnivora (hamster dan kucing). Dan scott emulsion juga tidak boleh digunakan karena mengandung minyak ikan yang merupakan kandungan hewani.

(makasi banyak sis chibichild atas bantuannya bikin artikel ini…muaach muaach!)

Comments
  1. silver says:

    terima kasih atas infonya…

  2. dani says:

    kenapa ya aq tu jrag sekali melihat gp aq minum air nya…
    dan g mana cra maw menjinakkan nya..

    • Selama air di botol minumnya berkurang dan botol tidak bocor, berarti GP tetap mengkonsumsi air. GP tau berapa besar kadar air yang dibutuhkannya, dan tiap-tiap GP berbeda, ada yang minum dalam jumlah besar, ada pula yang sebaliknya. Pemberian sayur/rumput juga mempengaruhi. Semakin banyak sayur/rumput yang dikonsumsi, semakin sedikit air yang akan dikonsumsinya, karena pada sayur dan rumput juga terdapat kandungan air🙂

    • GPnya ngerti cara minum dari botolnya? Kalo ngerti, berarti ga ada masalah. Pada dasarnya, GP tau berapa banyak kebutuhan airnya setiap harinya. Selama GPnya masih minum dari botol, berarti GPnya tidak bermasalah. Yang dikhawatirkan kalau GPnya ga ngerti cara minum dari botol. Kalo itu yg terjadi, berarti harus diajari agar bisa minum di botolnya🙂

      Porsi sayur yang diberikan tiap hari juga mempengaruhi jumlah air yang dikonsumsinya. Semakin banyak sayur yang diberikan semakin sedikit air yang dikonsumsinya. Ini karena GP telah mendapat sebagian airnya dari sayur yang dimakannya.

      Untuk cara menjinakkan GP, tipsnya ada koq di blog ini. Coba dicari ya🙂

  3. Dita says:

    GP ku makannya banyak,,tapi kok g gendut2 ya? gendutnya standar2 aja…
    ak sering liat da youtube GP yg gendut2 bgt,,apa GP yg seperti itu sehat?

    • Tiap GP memiliki besar tubuh yang berbeda-beda. Dan memang rata-rata GP di Indonesia terlihat berukuran lebih kecil daripada GP di luar. Entah karena memang genetik atau karena pemenuhan gizi yang kurang baik yang dilakukan selama bertahun-tahun mengakibatkan perkembangan keturunan GP di Indonesia jadi kurang baik.

      Selain itu yang harus diperhatikan adalah pola makan GPnya. GP membutuhkan 3 jenis makanan (hay, variasi sayur, pellet) dan itu semua harus dipenuhi. Kekurangan satu atau 2 jenis makanan akan mengakibatkan GP tidak sehat, dan ukuran tubuhnya akan lebih kurus daripada GP yang diberikan pola makan sempurna. Saya pernah selama satu minggu kesulitan untuk mendapatkan CP Diet pellet, sehingga GP2 saya terpaksa hanya makan sayur dan hay selama satu minggu. Meskipun saya tambahkan porsi sayurnya, tetapi berat badannya tetap turun. Begitupula sebaliknya, sewaktu saya masih awam sekali ttg GP dan hanya memberikan GP saya pellet dan sayur, berat badan GP juga tidak baik.

      Dan kalau memang sis Dita sudah memberikan ketiga jenis makanan tersebut dan masih juga menganggap GP sis Dita kurus, coba recheck kembali jenis sayur yang diberikan, apakah variasinya sudah cukup? Minimal GP diberikan 3 variasi sayur : selada, paprika, dan satu jenis variasi sayur lainnya (ini sebenarnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya tetapi ini jauh lebih baik daripada tidak memberikan sayur sama sekali). Sangat disarankan untuk memberikan lebih dari 3 jenis, sebaiknya 4-5 jenis sayuran tiap harinya untuk membuat kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik.

      Semoga GP2nya semakin gendut dan sehat ya sis🙂

  4. tania says:

    di daerahku surabaya gk ada yang jual makanan buat GP.😦
    bahkan untuk CP diet aja gk ada sama sekali sist

    • Coba tanya-tanya ke petshop yang bisa jual online yang posisinya diluar Surabaya. Kalau memang ternyata memang dari luar kota juga ga ada yang jual berarti mau ga mau harus disupply seluruhnya dari sayur dan hay. Mungkin jenis sayurnya aja lebih divariasiin dan untuk sayur-sayuran yang aman seperti selada, paprika, zucchini, dan tomat mini jumlah sayurnya bisa ditambah.

      Tapi usahakan jangan berhenti mencari ya sis, meskipun posisi pellet tidak sepenting sayur dan hay, tapi tetap dibutuhkan oleh GP. Jadi begitu CP Dietnya ada, langsung beli🙂

  5. marsa says:

    tolong gimana ya ngajarin gp buat mau minum, gp saya ga mau minum sama sekali. dari botol gantung atau dari mangkok. meskipun dipakasain pake sedotan sambil digendong, tetep geleng-geleng kepala. makanya saya akalin aja pake sayurannya dicelup-selup dulu ke air sebelum dikasi ke gp..

    • Memang ada beberapa owner yang selalu ngasih GP2nya makan sayur2an yang dibasahin dulu karena GPnya ga mau minum dari botol. GP tau seberapa banyak kebutuhan airnya, jadi kalopun misalnya ditaro dimangkok dan ga diminum juga kemungkinan karena GPnya udah ngerasa cukup. Tapi tetap sediakan air di botol atau di mangkok agar GP tetap dapat meminumnya kalau dia merasa butuh🙂

      • GP sy nga mau diksh pelet, maunya mkn daun jagung kecil, selada, nga mau mkn pelet, nga mau minum,pdhl ada botol dikandangnya. Maunya mkn terus kl makannya nga ada nguik2 terus.

      • Urutan makanan untuk GP dari yg terpenting ke makanan pendukung adalah : rumput, sayur dan pellet. Tidak masalah kalau GPnya hanya mengkonsumsi pellet sedikit saja selama asupan dari rumput dan sayurnya terpenuhi. Seperti yg tertulis di atas, rumput/hay haruslah unlimited, dan sayur diberikan minimal 1 cup per hari dengan variasi minimal sebanyak 3-4 variasi (bisa lebih hingga 10 variasi). Lebih baik memberikan banyak variasi sayur dlm jumlah masing2 sayur sedikit, daripada memberikan 2-3 jenis sayur tetapi porsi masing2 sayur sangat berlebih. Kalau memang semuanya sudah diberikan sesuai dgn apa yg tertulis diatas, meskipun GPnya nguik2 terus jangan dihiraukan. Jangan dibiasakan untuk selalu memberikan makanan kalau GP nguik2, itu akan mengajarkannya bahwa nguik2 adalah cara yg selalu berhasil untuk mendapatkan makanan (kita tidak menginginkan hal ini, kan?). Biasakan memberikan GP makan pada jam yang sama setiap harinya (kecuali hay), jika diluar jam tersebut jangan memberikan sayur tambahan. Selama terdapat rumput/hay dikandangnya, mereka aman dan tidak akan kelaparan, jadi tidak perlu cemas.🙂

        Untuk botol minum, memang GP harus diajarkan untuk meminum dari botol karena tidak semua GP diberikan minum dengan menggunakan botol ketika mereka masih ada ditangan breeder/seller. Ajarkan dengan memberikan rongga kecil pada ujung pipa botol sehingga air dapat menetes, sehingga mereka akan tau bahwa air keluar dari situ. Bisa juga dgn meneteskan air dari pipa tsb ke mulut GP, ada beberapa GPL yg berhasil menggunakan trik ini. Ada juga yg berhasil dgn menggunakan mangkuk berisi air yg ditempatkan di bawah botol, yang setelah beberapa lama mangkuk tersebut dikeluarkan dari kandang, dan air dari botol dibiarkan menetes. GP akan mengenali tempatnya mendapatkan air, dan otomatis dia akan mencari2 sumber air di sekitar area tersebut.🙂

        Semoga jawaban saya membantu🙂

  6. Olivia says:

    GP ku peruvian sudah 8bln umurnya tapi bulunya ga panjang2😦 itu kenapa ya? karena faktor makanan atau ada faktor lainnya lagi? gmana caranya agar GP bisa hamil? padahal sudah satu kandang dengan jantan

    • Bisa jadi karena bukan pure breed, tapi karena GPnya udah mix breed dgn ras lain. Dan kebetulan yg dominan adalah gen dari GP mix breed tadi, sehingga bulunya tidak bisa memanjang secar amaksimal.

      Untuk info breeding GP, mohon maaf tapi blog ini menganjurkan untuk tidak membreeding GP 🙂

  7. astrid says:

    Hai, aku mau tanya untuk beli pellet yg oxbow itu apa di indo udh ada ya? Thanks before🙂

  8. lissa vertika says:

    thanks infonya

  9. lissa vertika says:

    soalnya aku belum tau makanan gp mana yang boleh di makan

  10. Frank_12 says:

    Kalo mau beli Hay di daerah BSD atau tangsel ada yang tau kah?

  11. della yuwinda says:

    emang kenapa guinea pig gak boleh dikasih makan kol? guinea pig aku kok aku kasih makan kol gak apa apa?

    • Kol memiliki kandungan gas yang tinggi, gas bisa mengakibatkan bloat/kembung yang sangat berbahaya bagi GP dan bisa mematikan. Pemberian kol sebaiknya dibatasi, kira-kira 2 kali seminggu dengan porsi 1/3 lembar kol saja (meskipun begitu akan lebih baik bila pemberian kol dihindari).

  12. della yuwinda says:

    ko gp aku gk mau minum sih?gimana caranya supaya gp mau minim?

  13. della yuwinda says:

    boleh gak gp dikasih makan rumput liar untuk pengganti hay?

  14. saya mau nanya??

    GP saya kan 4 GP disatuin di 1 kandang. yang 2 jantan dan yang 2 betina. salah satu GP jantan saya akhir2 ini sering berlumuran darah. tadi sore saya lihat ada sedikit darah di bulu perutnya dan di sekitar mulutnya. kata Ibu saya, dikandang juga kadang2 ada darahnya. padahal tidak ada luka di tubuh GP. apa GP saya kena penyakit?????

    • Kemungkinannya ada beberapa :
      – scabies (salah satu penyakit kulit yang berbahaya)
      – ada infeksi yang sangat parah didalam tubuhnya (misalnya UTI, bladder stone, penyakit kelamin, dll)
      – berkelahi dengan GP jantan yang lebih dominan (GP jantan adalah hewan yang teritorial, dengan adanya 2 betina dikandangnya akan memicu instingnya untuk menyerang GP lain).

      Kemungkinan yang paling mungkin apabila memang tidak terdapat luka di tubuh GP adalah adanya infeksi di organ dalam tubuhnya, tapi kalau misalnya ada luka maka kemungkinan yg paling mungkin terjadi sepertinya karena berkelahi dan/atau scabies.

      GPL merupakan komunitas non breeding sehingga kami sangat menganjurkan untuk memisahkan betina dengan jantan.

  15. Alishasyafiq says:

    Saya mo tanya kalo gp saya hanya diberikan jenis rumput dan sayur saja.apa tdk ada masalah?lalu pemberian vit.c ipi apa harus tiap hari dan berapa dosis normalnya?thnx atas jawabannya.

    • Sebenarnya ada pola makan yang memang hanya berbasis rumput/hay dan sayur saja. Tapi karena informasi ttg bagaimana mendapatkan nutrisi yg tepat dengan menggunakan pola makan tsb itu sangat sulit, maka sampai saat ini penggunaan pola makan tsb sangat tidak disarankan agar tidak terjadi malnutrisi.

      Vit C harus diberikan setiap hari, dosisnya 25 mg/hari atau 1/2 tablet C IPI.
      Vit C tidak boleh dilarutkan ke dalam minumannya karena vitamin C tidak akan bertahan lama didalam air. Pada akhirnya akan sama saja seperti GP meminum air biasa.

  16. zizizizizi says:

    http://www.facebook.com/note.php?note_id=141846622536625 <- daun pisang/ banana leaves katanya bagus buat gp, as good as banana itself. tp mgkn bukan buat pengganti hay, yah..

    1. gpku gamau makan vit c-nya. aku mo kasi vit c gimana caranya yah?
    2. aku coba kasih vita gel, dia jg ga doyan.. gimana yah? dan vita gel cocoknya diberikan dlm kondisi apa? gp aku sih sehat ga sakit, tp kdang2 nafsu makannya ga stabil..
    3. and can i buy hay frm u? if i can, aku mau dong.. pls email me ya.. tq

    • banana/pisang sendiri sebenarnya ga baik untuk GP karena bisa menyebabkan konstipasi. Di guinea pig cages, pisang hanya diperbolehkan untuk diberikan 1 bulan sekali dan dalam porsi kecil. Sementara saya sendiri tidak pernah memberikan pisang kepada GP, dan saya cenderung menyarankan untuk memberikan buah-buahan lain yang lebih baik daripada pisang.

      Sementara untuk daun pisang sendiri, saya tidak bisa menjawab dengan pasti apakah bisa diberikan atau tidak karena data yang valid untuk daun pisang sendiri masih belum dapat saya temukan. Memang ada yang mengatakan bahwa daun pisang dapat diberikan untuk GP, tetapi mungkin sebaiknya kita lebih memilih sayur-sayuran lain yang sudah jelas aman bagi GP. Mungkin link ini bisa dibaca sebagai referensi apabila tetap ingin memberikan daun pisang kepada GP : http://www.guineapigcages.com/forum/diet-nutrition/67374-can-piggies-eat-banana-leaves.html

      Bagaimanapun juga, terima kasih banyak infonya. Mengenai daun pisang akan saya update🙂

      Trus tentang pertanyaannya :
      1. GP owners biasanya punya beberapa trik agar GPnya mau makan vit C. Kalau saya pribadi biasanya ditumbuk hingga jadi bubuk lalu dilumurin ke sayurannya (biasanya ke tengah-tengah tomat mini). GPnya suka banyak yg “ketipu” dan akhirnya makan vit C-nya.
      2. Sejauh ini multivitamin yang sering direkomendasikan untuk GP oleh vet adalah Curcuma Plus, Becombion, Biolysin, Stimuno. Kalau vitagel kan sebenarnya multivitamin untuk hamster, jadi kandungan kalsiumnya juga mungkin besar karena hamster memiliki kebutuhan yg tinggi terhadap kalsium. Sementara kalsium dalam tingkat berlebihan dapat menyebabkan stones pada GP, jadi disarankan agar menggunakan multivitamin lainnya aja. Multivitamin hanya dapat diberikan untuk GP yang sedang sakit/kurang nafsu makan.
      3. Untuk hay, GPL tidak menjual dan menyediakan informasi mengenai seller hay, tetapi nanti saya (admin) akan email/kirim ke fb sis untuk link sellernya🙂

  17. jodie says:

    bagaimana cara memperkirakan usia gp?
    karena saat saya baru saja membeli gp pertama saya beberapa hari yang lalu, si penjual juga nggak tau umurnya berapa…😦
    karena saya ingin membeli oxbow hay, tapi bos bilang untuk dibawah dan diatas usia 6 bulan butuh oxbow hay yang berbeda jenis rumputnya ):(

    • Lebih aman gunakan saja yang Timothy, itu untuk segala usia. Jujur, kalau memang tidak tahu berapa umurnya, sebenarnya sangat sulit menentukannya. Paling hanya bisa dikira-kira saja dengan menghitung berat badannya…

  18. jodie says:

    bukannya timothy tidak bisa dipakai untuk makanan harian karena ada bahan herbalnya?
    emg apa bedanya memakai oxbow hay yang untuk dibawah atau diatas 6 bulan?
    dan bagaimana cara memperkirakan usia dair berat badan gp?
    TERIMAKASIH.🙂

    • herbs itu adalah komposisi yang berbeda. Ada beberapa produk hay yg menambahkan herbs pada hay-nya, karena GP lebih suka. Tapi karena herbs ini tidak dapat diberikan tiap hari, makanya hay yang ditambahkan dengan herbs tidak bisa diberikan daily, karena kalau kita ngasih hay itu secara unlimited, secara ga langsung sama aja dengan kita memberikan herbs secara unlimited juga.

      Kalau oxbow hay yang dibawah 6 bulan biasanya diberikan oat, wheat atau alfalfa hay, yang merupakan tanaman kecambah/gandum2an yang kandungan protein dan kalsiumnya lebih besar. GP dibawah 6 bulan masih membutuhkan kalsium dan protein dalam jumlah besar, makanya pemberian hay2 jenis ini secara unlimited diperbolehkan.

      Sementara timothy, bermuda, orchard, bluegrass dll adalah hay yang terbuat dari rumput, jadi kandungan kalsium dan proteinnya jauh dibawah hay-hay dari jenis tanaman kecambah/gandum2an. GP diatas 6 bulan sangat riskan apabila diberikan protein dan kalsium secara berlebihan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti bladder stone, UTI, dll makanya hay yg digunakan juga harus diganti dengan hay-hay yang terbuat dari rumput.

    • Sangat sulit memperkirakan usia dari GP, meskipun dari berat badan juga kita hanya bisa mengira-ngira saja dengan berpedoman pada : http://www.guinealynx.info/weigh.html

      Di website diatas terdapat beberapa link yang menunjukkan perkembangan berat badan GP. Weight charts yg tertera memang tidak dapat dijadikan patokan mengenai berat badan GP bro secara pasti, tetapi mungkin bisa dijadikan gambaran secara kasarnya saja. Umumnya kita hanya bisa tahu, apakah GP itu sudah dewasa atau belum, dan berapa kira-kira range umurnya…

  19. jodie says:

    berarti ane bisa pake orchard hay? atau mungkin lebih baik timothy hay saja?
    dan bagaimana dengan timothy hay yang tidak ada herbs nya? berarti boleh ane kasih semua secara unlimited?
    makasih.

    • Orchard hay atau timothy hay bisa digunakan secara unlimited. Tetapi kalau ada tambahan herbsnya, sebaiknya hanya diberikan sebagai treat KECUALI bro bisa memisahkan antara herbs dan haynya sehingga bro dapat memberikannya berupa pure pellets.

  20. bayu says:

    om kalo alfalfa hay biasa bisa di kasih ke GP usia di atas 6 bulan ngga sih?

    • Bisa, tetapi hanya sebagai treat (1-2 kali seminggu saja dalam porsi kecil). Alfalfa hay memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan ini baik untuk GP yang sedang tumbuh, tetapi untuk GP yang usianya diatas 6 bulan, kadar kalsium pada alfalfa hay termasuknya cukup tinggi makanya diwajibkan untuk menggantinya dengan hay yang berbasis rumput-rumputan seperti orchard, timothy, meadow, dll

    • Kandungan kalsium dalam alfalfa hay terlalu tinggi, bisa diberikan ke GP tetapi hanya sebagai treat saja, misalnya 1 genggam tiap 3 hari sekali.

  21. jojo says:

    sy mau tny kk.. 1. utk pemberian paprika..lbh baik paprika yg warna apa y ? 2. maaf, ni kakak tau istilah “krai” gak y? zuchini itu apa sama dengan krai y? 3. bagaimana cara pemberian vit c ipi utk GP..?? apa harus di campur dlm air minum atau bagaimana…. dan trakir yg ke4. apa kulit dari zuchini atau buah yg berkulit lainnya harus dikelupas dulu y sebelum di berikan pd GP? tengkyu before..

    • Paprika hijau dan kuning bisa diberikan tiap hari, sementara paprika merah karena kandungan gulanya lebih tinggi jadi diberikan 2 hari sekali (diselang-seling dengan yang hijau atau kuning). Semua paprika diberikan dalam porsi 1/8 bagian per hari.

      Krai dan zucchini tidak sama. Zucchini memiliki bentuk bintang di bagian atasnya (bagian yang menyambung dengan tangkai), sementara krai atau ketimun tidak memiliki bagian berbentuk bintang. Pemberian masing-masing sayur berbeda-beda caranya, untuk zucchini bisa diberikan bersama dengan kulitnya.

      Pemberian vitamin C berbentuk tablet untuk GP sebenarnya tergantung dari kekreatifan ownernya. Ada yang dicampur dengan air kemudian disyringe ke GPnya, ada yang dibubukin trus dicampur ke makanannya, dll. Kalo saya dulu pernah dihancurin dulu C IPInya lalu diselipin di tomat mini, sayur atau buah yang kadar airnya tinggi, anak2 suka ga sadar kalo mereka ikut makan C IPInya. :p

      Pemberian vitamin C dengan cara dicampur di air minum tidak diperbolehkan karena sifat vitamin C itu mudah hilang setelah berada di dalam air selama beberapa saat. Padahal GP tidak mungkin minum 1 botol air sekaligus, dgn memasukkan vitamin C ke dalam air sama saja dengan tidak memberikan vitamin C sama sekali

  22. yori says:

    kalo GP makanannya tiap hari saya kasih sayuran aja ga bermasalah? apa mesti wajib ngasih hay? dan vitamin c itu tiap hari ya? setau saya sayuran yg dianjurin tsb ada kandungan vitaminnya juga

    • Hay itu wajib hukumnya, selalu harus tersedia di kandang karena itu makanan utama GP. Sayur juga wajib diberikan tiap hari dalam porsi minimal 1 cup per hari, jenis sayuran yang dikasi disesuaikan dengan kategori sayurannya, ada yang bisa dikasi daily, atau diselang-seling.

      Vitamin C juga wajib diberikan tiap hari. Di dalam sayuran memang ada kandungan vitamin C tetapi jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan GP akan vitamin C setiap harinya. Jangan memberikan buah sebagai ganti paprika untuk mensuplai vitamin C-nya, buah memang kandungan vitamin C-nya tinggi tetapi kandungan gulanya juga tinggi jadi ga bisa dikasi sebagai ganti vitamin C

  23. Marvin says:

    GP sy lg hmil…..klo nanti sya pergi lama gimana ya kasih makannya ? kasih yg banyak atw gmna? pusing…..

    • Marvin says:

      sya jga baru tw hay….beli dimana yaa klo di tasik?

      • Seharusnya hal2 seperti ini sudah dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memiliki GP atau piaraan apapun.

        Saya tidak bisa menyarankan apa-apa kecuali titipkan kepada orang yang bisa merawat GP atau dibawa ketika mudik. Sangat tidak bijak meninggalkan peliharaan tanpa menitipkannya kepada siapapun walaupun dengan memberikan makanan sebanyak2nya.

        Kalau untuk seller hay di tasik saya kurang tau. Tapi coba cari online seller hay di FB atau di FJB Kaskus. Ada beberapa seller hay lokal yang cukup bagus dan harganya juga cukup terjangkau. Saya juga beli hay secara online, jadi barang bisa langsung dikirim ke rumah.

    • Hal ini seharusnya sudah dipikirkan sebelum memutuskan untuk memelihara GP. Coba cari orang yang bisa dititipkan GP dan mengerti cara merawat GP yang baik atau bawa GPnya ketika mudik.

  24. kata yang jualnya = bisa aja di tinggal di rumah…. tapi kasih makan yang banyak…..dia peternakan…

    • Seperti yang telah saya sebutkan pada beberapa artikel di blog ini, tidak semua peternak/sellet mengerti benar mengenai perawatan GP yang baik, karena bagaimanapun juga motif seorang breeder/seller adalah untuk menjual GP2nya, sehingga tidak semua breeder/seller akan jujur mengenai perawatan yang benar (berapa persen kemungkinan seorang seller/breeder mendapat keuntungan dari menjual GP2nya apabila mengemukakan bahwa memelihara GP seribet yang kami jelaskan disini?).

      Kami telah banyak menerima cerita horror mengenai bagaimana calon GP owners melihat kondisi kandang-kandang GP di lokasi breeding, bagaimana cara unresponsible breeder memperlakukan GP2nya. Mulai dari yang mengandangkan GP2nya berpuluh ekor didalam satu kandang yang ukurannya sangat kecil, mengambil GP dengan menangkapnya menggunakan jaring untuk memancing, memberikan makanan yang tidak layak, dan lain-lain. Mau atau tidak mau, kita harus mengakui bahwa masih banyak breeder yang tidak benar-benar mengerti cara merawat GP yang baik. Untuk itu, kita sebagai owner harus pintar-pintar memilih breeder, kalau perlu, lihat lokasi breedingnya, cara perawatannya, tanya sebanyak-banyaknya mengenai cara merawat yang baik (tentunya kita juga harus sudah dibekali ilmu sebanyak-banyaknya agar tidak tertipu).

      Percaya atau tidak, saya mendapatkan GP saya dari seorang seller (yang juga breeder) yang berkata “marmut mah dikasi makan sisa makanan dari meja makan aja”. ^^

  25. kalo di bawa pergi nanti mati dong……kalo di pesawat misalnya gimana? titip ke siapa? kalo misalnya ngelahirin? takut di ambil anaknya hahahha…kan petshop di tasik ada yang licik..di mall biasanya licik…ngebohongin…

    • Saya pernah membawa GP dengan menggunakan pesawat. Jadi bukan tidak mungkin membawa GP mudik dengan menggunakan pesawat. Hanya saja memang prosedurnya memakan waktu dan biaya. Tetapi kalau memang niat pasti akan diusahakan.

      Kalau permasalahan dititipkan ke siapa, saya hanya bisa bantu jawab dengan :
      Titipkan pada orang yang dipercaya, orang yang memang sayang pada hewan, orang yang mengerti cara merawat hewan (terutama GP atau kelinci), pada petshop yang dapat dipercaya, pada dokter hewan, dll. Cari informasi dari orang-orang disekitar bro, dari internet, atau sumber-sumber lainnya. Minta bantuan orang tua atau orang-orang terdekat seperti teman, tetangga, relasi untuk membantu mencarikan informasi.

      Namanya menitipkan sesuatu pasti beresiko, begitupula dengan menitipkan hewan. Resiko tertular penyakit, resiko tertipu, resiko GPnya tidak dirawat dgn baik, dll. Tetapi setidaknya kita berusaha mencarikan solusi yang terbaik, dan meninggalkan GP sendiri di rumah tanpa perawatan jelas-jelas adalah solusi yang buruk.

  26. jojo says:

    thx kk..berkat web ini.. sy btulan jd beli GP..smua persiapan udah beress..tinggal nunggu ginak dan ginuk datang dari jogja ke denpasar =p

  27. jojo says:

    sist nax nux ku kok ga suka makan zuchini dan paprika y sist?

    • nax nux tu nama gpnya?
      Ga semua GP bisa langsung makan makanan yg diberikan secara sukarela sis, ada beberapa yg memang harus dibujuk dgn trik2 cerdik dari ownernya :p

      Coba paprika/zucchininya dipotong dadu kecil2, dimakan ngga…kalo misalnya ga dimakan juga, coba GPnya diangkat, trus paprika/zucchininya dilelerin di mulutnya, ato bisa juga dipotong sekecil mungkin trus masukin ke mulutnya (sedikit dipaksa gpp, tapi jgn terlalu keras ya :p ).

      Ada beberapa GP yg memang malas mencoba makanan baru, jadi memang mereka harus dipaksa untuk mencoba makanan baru dulu untuk tahu kalau makanan itu enak🙂

      Tapi ga jarang mereka emang g suka makanan2 yg dikasih (sama kaya manusia, ada makanan yg disuka dan ada yg seumur hidup jg ga bakal suka). Kalau misalnya udah dicoba berbagai cara dan mereka tetap juga ga suka, mau ga mau kita sebagai ownernya harus lapang dada dan menerima kalo GP kita emang ga suka makanannya :p

  28. jojo says:

    iya sist..itu nama gp gp sy.. hehe.. owh.. iya..udah sy potong tipis2 kecil2..tetep ga mau di makan.. cb ntar sy coba ide sist..makasi sist…

  29. Aldi says:

    Kakak-kakak di GPL, aku baru 1 bulan punya 2 GP Abisian cow & cew, biasanya aku kasih makan sayuran timun, wortel, bayam, sawi, dan aku tambahkan dedak, trus 2 hari sekali aku kasih Vit C IPI. Menurut kakak-kakak, pola makan GP ku sudah sehat apa belum..?, sejauh ini GP ku masih lincah, tiap aku datang mereka selalu menguik-nguik, imut banget, heheee…

    • Pertama-tama saya ingin menekankan bahwa GPL adalah forum anti breeding, jadi kami sangat menganjurkan agar bro memisahkan kandang GP jantan dan betina. Dan masing-masing kandang dibuat sesuai dengan ukuran standarnya.

      Mengenai makanan terus terang saya akan bilang bahwa makanan yang bro berikan sangat buruk, alasannya:
      – Sayuran yang bro berikan sangat berbahaya, tidak cocok untuk diberikan daily kepada GP. Lihat https://guineapigsloverindonesia.wordpress.com/2010/08/03/my-piggy-veggies-menu/ untuk panduan makannya, disitu terdapat link ke forum GPC yang memiliki list sayur-sayuran yang dapat diberikan ke GP dan porsinya. Bahkan sayur-sayuran yang bro tanyakan diatas juga sebenarnya telah terjawab pada artikel diatas.
      – Dedak bukanlah makanan untuk GP (pasti bro mendapatkan saran untuk memberikan dedak dari breeder ya?). Apabila bro baca artikel diatas baik-baik, disitu tertulis makanan apa saja yang harus diberikan kepada GP.
      – GP menguik sama seperti manusia berbicara, manusia yang berbicara bukan berarti dia dalam kondisi sehat kan? Kalau seseorang dalam keadaan sakit dan sangat jarang berbicara, kemungkinan besar orang tersebut dalam kesakitan yang cukup parah. Apalagi GP, yang memang mereka hewan yang sangat pintar menyembunyikan rasa sakitnya. Mereka bertingkah aneh hanya kalau kondisinya sudah sangat parah.

      Saran saya, segera ganti pola makan GPnya dan coba baca baik-baik artikel diatas dan artikel-artikel lainnya, saya percaya jawaban yang bro cari sebenarnya ada semua di artikel-artikel di blog ini🙂

  30. Aldi says:

    Iya maaf Kak, aku baru pertama kali pelihara marmut atau GP, jadi aku juga masih banyak belajar dari artikel-artikel di GPL, terima kasih atas sarannya Kakak…

  31. Nabila says:

    Dimana beli oxbow alfalfa pellet sama timothy pellet nya? Kok saya ganemu? Nemunya malah alfalfa hay

  32. nininini says:

    mba kalo vitakraft alpine meadow itu bagus ngga ya?

    • Vitakraft alpine meadow itu yg bungkusnya gede ya?
      Kalau meadow hay sendiri memang bisa diberikan untuk GP secara unlimited, yg jadi masalah adalah apakah produk vitakraft alpine meadow merupakan produk mix hay atau pure hay. Produk ini pernah saya tanyakan ke GPC (bisa dibaca di : http://www.guineapigcages.com/forum/diet-nutrition/58079-vitakraft-vita-verde-fieno-alpen-wiesenheu-good.html), dan tentang kandungan herbs didalamnya masih dipertanyakan. Kalau diberikan sebagai variasi kira2 1 genggam 2-3 kali seminggu menurut saya tidak apa-apa, tapi kalau diberikan sebagai hay unlimited menurut saya kurang baik krn content-nya yg belum jelas.

      Saya pernah beli satu pack dan saya coba untuk anak2 sebagai variasi, tapi anak2 kayanya krg suka, jadi malah terbuang percuma. >.<

  33. vincent hung says:

    Agan beli guinea pig dimana ya

    • Maaf, tetapi rangers GPL tidak bisa memberikan rekomendasi seller ataupun breeder GP.

      Ini merupakan salah satu aturan pokok kami selaku rangers, dimana GPL berusaha tidak campur tangan didalam dunia perdagangan GP. Dengan begitu, sesama seller/breeder dapat bersaing secara lebih sehat.

      Kami menulis beberapa aturan/ciri-ciri/patokan responsible breeder pada artikel : https://guineapigsloverindonesia.wordpress.com/2010/08/03/hunting-gp-tips-tricks/ . Dengan cara ini pula, kami berharap agar para calon owner bisa melatih kepekaan mereka dalam menilai breeder mana yang menurutnya pantas/layak untuk dibeli tanpa bergantung pada pendapat orang lain.🙂

    • Maaf bro, GPL tidak memberikan informasi mengenai jual beli GP. Blog ini dibuat hanya sebagai panduan perawatannya saja🙂

  34. Vincent Hung says:

    Gan, gp saya american umur 3 bulan.. itu saya ksih pellet oxbow. Ada takaran nya gk

    • Untuk pellet bisa diberikan secara unlimited bro. Tapi biasanya mereka makan ga akan lebih dari 1/2 cup per hari, karena makanan utama lainnya seperti unlimited hay dan 1 cup sayuran juga diberikan🙂

  35. mida says:

    hay-hay merk diatas itu bisa didapetin dimana ya?
    kalau ada untuk daerah bandung atau online shop-nya

  36. salsabila shafa athaya says:

    Saya punya gp 2,1 jantan 1 betina yg betina itu pernah mekahirkan 2x umurx 9 bulan.apa gak kemudaan yah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s