Aksesoris Kandang dan Mainan GP

Posted: August 3, 2010 in All About Cages

Aksesoris kandang pada prinsipnya mirip dengan fungsi furniture dan pelengkap lainnya pada sebuah rumah. Sebuah rumah tidak akan lengkap tanpa adanya furniture dan fasilitas pelengkap lainnya. Aksesoris ditambahkan pada sebuah kandang GP untuk memfasilitasi kebutuhan GP dan memberi kenyamanan bagi GP itu sendiri.

1.PERLENGKAPAN MAKAN

1. Hay rack
Hay rack adalah barang yang difungsikan untuk meletakkan hay. Hay rack bisa dibuat dari apa saja. Grid, kawat jaring, plastik makanan microwave safe, kotak sepatu/kotak tissue/kotak kado, toples dan impraboard adalah sebagian dari material yang bisa digunakan sebagai hay rack. Gambar-gambar hay rack bisa dilihat disini :http://www.guineapigcages.com/photos…ry.php/cat/520

2. Hay area/hay loft
Hay area adalah area khusus yang digunakan sebagai tempat makan hay. Biasanya pada area ini hay digunakan sekaligus sebagai bedding, hay disebarkan begitu saja pada area ini. Hay loft adalah sebutan bagi hay area yang khusus dibuat di lantai atas pada kandang multilevel. Biasanya hay loft/hay area juga berfungsi sebagai area kitchen (tempat GP makan dan minum)

2. Food bowl
Sebaiknya kita punya 2 macam food bowl, untuk pellet dan untuk sayur (tapi cuma punya 1 juga gpp). Gunakan material yang berat seperti asbak tanah liat, atau piring kaca agar si GP tidak mudah membalikkan food bowlnya. Material seperti toples plastik bisa digunakan, tapi sebaiknya tambahkan pemberat di bagian bawah (misalnya dengan menempelkan potongan keramik. Usahakan agar food bowl tidak terlalu tinggi.

4. Water bottle
Water bottle bisa dibeli petshop. Belilah water bottle yang ukurannya sedang (untuk rat/guinea pig/kelinci). Perhatikan pipa botolnya, jangan beli yang pipanya terlalu besar (seperti water bottle untuk anjing/kucing).

5. Water bowl
Beberapa GP mengalami kesulitan menggunakan water bottle. Apabila GP Anda termasuk salah satunya, mangkok kecil bisa digunakan sebagai water bowl. Kekurangan dari menggunakan water bowl kadang GP suka memasukkan kakinya ke dalam water bowl, atau ada pup yang tidak sengaja masuk ke dalam water bowl akhirnya kita harus sering-sering mengganti airnya. Pilih mangkok yang berat dan tidak terlalu tinggi agar GP tidak mudah menumpahkannya.

2. HIDEY DAN COZIES
GP adalah hewan yang senang privasi, berada di tempat yang remang-remang akan membuatnya merasa nyaman dan aman. Apabila GP merasa aman, dia akan semakin mudah didekati. Hidey adalah barang yang dapat digunakan sebagai tempat sembunyi GP. Hidey bisa dibuat dari berbagai material seperti kain/fleece+kapas/dakron, kontainer kecil, impraboard, kardus, karpet puzzle, dll. Hidey dibuat dengan berbagai variasi. Sementara cozies adalah aksesoris-aksesoris lain yang mungkin tidak berfungsi sebagai hidey, tapi tetap memberi kenyamanan dan disukai oleh GP.

1. Igloo/Pigloo
Pigloo adalah hidey yang biasanya dibentuk seperti tempurung, dan memiliki 1 atau beberapa bukaan.

2. Towel Tent
Towel tent adalah aksesoris yang cukup sederhana dan sebenarnya berfungsi sebagai hidey juga. Kita hanya perlu mengikatkan sebuah handuk/kain pada1-2 sisi grid sehingga membentuk tenda/kanopi.

3. Tunnel
Tunnel adalah aksesoris kandang berbentuk lorong-lorongan. GP biasanya suka bermain keluar-masuk tunnel. Tunnel juga bisa berfungsi sebagai hidey. Tunnel dapat dibuat dari grid yang dilipat (terkadang suka dibungkus dengan fleece agar keliatan bagus), pipa paralon, kain+kapas/dakron, dll.

4. Sleeping bed
Sleeping bag atau kantung umpet adalah cozies yang juga berfungsi sebagai hidey, sleeping bag sangat cocok untuk membawa GP bepergian dengan mobil, atau ketika kita sekedar ingin memangku dan mengelus2 GP kita karena bentuknya yang lentur. Sleeping bag biasanya terbuat dari kain yang dijahit, topi kupluk, celana bekas yang dijahit, juga bisa dijadikan cuddle cup untuk GP.

5. Hammock/hanging bed
Hammock adalah tempat tidur gantung (biasanya suka banyak di pantai-pantai). Hammock biasanya dijual di petshop.

6. Cuddle cup/piggy sofa/piggy bed/piggy pillow
Sebutan-sebutan diatas intinya adalah benda empuk yang biasanya terbuat dari kain yang diisi dakron/busa/kapas dan bisa diduduki/ditiduri oleh GP. Sofa/bed untuk pet sudah banyak dijual di petshop-petshop. Sofa/bed tersebut bisa digunakan untuk GP, atau bisa juga kita menjahit sendiri sesuai dengan ukuran GP kita.

7. Bunkbed/Futon
Bunkbed/futon adalah tempat tidur GP yang dipasang bertingkat. Biasanya futon dibuat dengan menggunakan grid yang kemudian dibungkus dengan handuk dan fleece sehingga lebih empuk. Futon jangan dipasang terlalu tinggi, agar GP mudah memanjatnya.

Gambar-gambar hidey, cozies dan bunkbeds bisa dilihat disini :
http://www.guineapigcages.com/photos…ry.php/cat/519
http://www.guineapigcages.com/photos…ry.php/cat/518
http://www.guineapigcages.com/photos…ry.php/cat/538

8. Ramps
beberapa gp owner sengaja mendesain dan membuat kandang gpnya bertingkat (multilevel). Alasannya tidak lebih dari sekedar untuk menambah nilai estetis dari kandang itu sendiri dan memberi area bermain tambahan bagi gp. Untuk menghubungkan lantai dasar dengan lantai diatasnya, biasanya gp owners membuat ramps/tangga-tanggaan. Material yang digunakan dapat beragam, namun material yang paling umum digunakan adalah grid atau impraboard yang dilapisi lagi dengan kain handuk/fleece supaya tidak licin. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat ramps adalah usahakan agar ramps tidak terlalu curam dan tidak terlalu licin/kasar. Ramps yang terlalu curam akan membuat gp merasa tidak aman dan ramps yang terlalu licin/kasar dapat mencederai gp.

TOYS
GP pada dasarnya mirip seperti anak kecil yang suka bermain. Sebagai GP owner sebenarnya tidak sulit mencarikan mainan bagi GP, malah termasuknya mainan GP cenderung mudah ditemukan dimana-mana. Berikut beberapa mainan yang disukai GP :
1. Kardus/kotak kertas
GP suka bersembunyi didalam kardus, atau menggigit-gigitnya. Pastikan bahwa kardus yang digunakan GP adalah kardus yang bersih dan tidak akan meracuninya.
2. Kertas Koran
Letakkan saja 1-2 lembar kertas koran di kandangnya, GP akan senang berjalan diatasnya, bersembunyi didalamnya, atau hanya menggunakannya sebagai terowongan. Cara lain adalah membentuk kertas koran hingga menyerupai bola, biarkan GP bermain, mengendus-endus, menggelindingkannya atau menggigit-gigitnya. Kalau perlu isi bola kertas koran tadi dengan hay.
3. Kaus kaki bekas
Kaus kaki yang sudah tidak terpakai bisa diisi dengan bedding/kapas dan dijahit. Nantinya, GP dapat menjadikannya sebagai bantal atau bola untuk bermain. Atau bisa juga kaus kaki bekas diisi dengan hay atau malah kemudian digantung dan difungsikan sebagai hay ball.
4. Bola tenis/bola ping pong
Bola tenis dan bola ping pong dapat didorong dan disundul oleh GP.
5. Roll tissue bekas
Roll tissue bekas dapat diisi dengan hay.
6. Cermin
Letakkan cermin pada salah satu sudut, dan perhatikan bahwa GP juga memiliki sisi narsis
7. Lonceng-loncengan/bel
Pasang lonceng/bel pada kandang GP, dan biarkan GP Anda membunyikan loncengnya. Pastikan ukuran lonceng cukup besar, sehingga GP tidak mungkin memakannya.
8. Ranting
Ambil ranting dari pohon yang tidak bergetah dan letakkan di kandang. GP akan senang menggigit-gigitnya atau hanya sekedar menyeretnya ke sekeliling kandang
9. Pipa PVC
Letakkan pipa PVC di kandangnya, GP senang berlari-lari keluar masuk pipa PVC atau hanya sekedar untuk berdiam diri didalamnya
10. Keramik bekas
Letakkan keramik bekas di salah satu sudut kandang. Pada saat cuaca panas, GP akan senang duduk dan ngadem diatasnya.
11. Batu bata
Simpan sebuah batu bata di dalam kandang. Permukaannya yang kasar mampu sedikit membantu mengikis kuku GP. Dapat pula digunakan untuk menahan fleece agar tetap rapi.
11. Boneka bekas
Simpan 1 atau 2 boneka didalam kandang, GP dapat menjadikannya alas tidur atau hanya sekedar duduk disekitar boneka untuk mendapat kehangatan.

Comments
  1. Dita says:

    aku tanya..berarti kalo kandang untk kucing,kelinci,atau chicilia yg bertingkat itu boleh g?

  2. Kalau kandang kucing, kelinci, chinchilla yang bawahnya berjeruji tidak boleh, tapi kalau alasnya datar asalkan luas kandangnya sesuai standar boleh-boleh aja (dulu saya pernah liat kandang yang seperti itu yang luasnya cukup untuk 1 GP, tapi harganya jutaan). Tapi GP sebenarnya lebih suka tempat yang datar, jadi nantinya yang akan digunakan mungkin malah hanya lantai dasarnya saja. Dan GP owners di luar sana, sebenarnya membuat kandang bertingkat bukan karena kebutuhan GP, tapi karena lebih enak dilihat aja (jadi buat kepuasan si ownernya aja). GP yang masih muda biasanya memang suka naik-turun dan lari2 sekitar kandang, tapi semakin bertambah umurnya GP biasanya akan lebih sering menggunakan bagian bawah kandang, setidaknya itu yang sering dikatakan oleh GP owners yang punya kandang bertingkat.

    Dan menurut saya pribadi, lebih baik membuat kandang sendiri. Selain lebih murah, jika nanti sewaktu-waktu kita ingin mengubah susunan kandang, atau memperluas kandang itu akan jauh lebih mudah untuk dilakukan daripada kalau kita harus mengubah kandang untuk kucing/kelinci. Dan kebanyakan GP owners sadar ga sadar jadi ketagihan buat terus-terusan mengupgrade atau mengubah dekorasi kandangnya. Karena ngubah-ngubah kandang itu menyenangkan sekali (mirip kaya main rumah-rumahan). Saya sendiri mungkin udah sekitar 8 kali mengupgrade, mengubah posisi, dan mengubah dekorasi kandang.

  3. pipit says:

    kalo beli iglo selain di petshop dmna dong?

  4. caca says:

    aku baru beli gp^^ lagi bingung nyari buat kandangnya, apa cagenya selalu ada di petshop? soalnya dari kemarin aku susah nyarinya

  5. klo beli hammock di daerah tasik di mana ya? di petshop blm tentu ada…..

  6. klo tempat bwt ngelahirin mending pake apa ya? klo temen nyaranin pake pipa pvc yang lebar & besar……

    • Seperti yang pernah kami kemukakan, kami adalah komunitas non breeding. Jadi pertanyaan yang berkaitan dengan breeding atau beresiko untuk mendorong orang untuk melakukan breeding tidak akan kami jawab🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s