Pro & Kontra Berbagai Jenis Kandang

Posted: August 2, 2010 in All About Cages
Memilih kandang adalah hal utama yang gampang-gampang susah, malah terkadang cenderung digampangkan oleh pet owner. Padahal kandang itu merupakan kebutuhan utama, dan sifatnya long used item. Pilihlah kandang yang benar-benar GP Anda butuhkan (bukan yang Anda butuhkan), ingat yang hidup disana adalah GP Anda dan bukan Anda sendiri. Sekali salah membeli kandang bisa dibilang sebagai pemborosan.

Sekedar sharing, dulu kandang pertama saya adalah kandang jeruji yang ukuran kecil, saya beli dengan harga 300ribu (saya nutup mata dan telinga ttg kandang C&C karena yang dipikiran say tu “C&C mah ribet, harus nyari material dulu, harus bikin dulu, kayanya mahal dan ga praktis!”. Tiap hari kandangnya saya bersihin, handuk untuk alasnya saya cuci, serbuk kayu diganti hampir 3 kali sehari, dan karena serbuknya berceceran kemana-mana, hampir tiap setengah jam saya nyapu kamar dan ngepel. Setelah itu saya coba menerima pendapat orang lain ttg C&C Cage, kalo memang ternyata itu lebih menguntungkan saya kenapa saya ga berani coba. Akhirnya saya coba cari materialnya, dan untungnya murah dan gampang ditemukan. Saya coba buat dan ternyata memang mudah. Pas GP2 saya dipindahin, mereka seneng banget, langsung popcorning. Modal saya waktu itu ga banyak, cuma 300-400ribu rupiah aja. Dan saya nyesel kenapa dulu beli kandang petstore yang ukurannya 4-5 kali lebih kecil dari kandang saya dengan harga yang sama. Ampe sekarang saya masih ngerasa pembelian kandang petstore itu adalah hal yang percuma dan sia-sia.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHITUNGKAN SAAT MENENTUKAN KANDANG :
-Jumlah GP
Sesuaikan luas kandang dengan jumlah GP. Panduan ttg luas kandang yang baik tertulis jelas pada post ttg “Kandang”.
-Biaya
Persiapkan dana yang cukup untuk kandang. Membeli kandang jeruji dengan alasan “dananya kurang” adalah kesalahan besar, karena harga C&C Cage sama dengan harga kandang jeruji (atau bahkan dibawah itu).
-Luas area yang disediakan untuk kandang
Ada baiknya sebelum membeli GP, Anda sudah mempertimbangkan luas area yang dibutuhkan oleh si GP. Sesuaikan jumlah GP yang Anda beli dengan luas areanya. Jangan sampai setelah Anda membeli 6 ekor GP, Anda kebingungan karena tempatnya sempit. Menggeser, memindahkan atau membuang sebagian barang Anda karena hal ini adalah resiko atas kesalahan Anda yang kurang perhitungan ketika membeli GP. Haruskah GP Anda menanggung kesalahan Anda?

JENIS-JENIS KANDANG

1. C&C Cage
Kandang ini adalah kandang yang dianggap paling layak dan paling disukai GP. Kandang ini terdiri dari box yang umumnya terbuat dari impraboard dan beberapa buah grid yang berfungsi sebagai pagar. C&C Cage mudah dimodifikasi, modah didekor, dan mudah dibersihkan. Silahkan berkreasi dengan C&C Cage, Anda bisa membuat kandang tertutup (closed cage), kandang terbuka (open cage), atau bahkan kandang bertingkat-tingkat (multilevel cage) untuk GP Anda. Overall : Ini kandang yang paling recommended!

2. Petstore Cage
Kandang petstore sebenarnya kurang layak untuk dijadikan sebagai kandang, karena umumnya ukurannya kurang dari standar dan harganya jauh lebih mahal. Tapi kandang petstore dengan alas datar masih bisa digunakan. Kandang jeruji bisa digunakan hanya jika bagian jerujinya sudah ditutup oleh sesuatu yang datar. Overall : Not Recommended, ukuran kurang besar, mahal.

3. Alternative Cage
Kandang handmade ini umumnya dibuat karena sulit mencari material untuk C&C Cage. Ukuran kandang alternative disesuaikan dengan ukuran standar kandang GP. Material yang digunakan bisa bermacam-macam, tergantung anggaran dana dan ketersediaan bahan. Bahan yang umum digunakan adalah kayu, kawat jaring, ecoplast, plastik mika tebal, polycarbonate, rangka besi, pipa paralon, karpet puzzle, pagar-pagaran anjing/kucing, acrylic, dsb. Biaya dapat bervariasi tergantung material

4. Outdoor Cage
Outdoor cage sebenarnya kurang direkomendasikan untuk GP, karena GP akan lebih terekspos pada cuaca, predator, atau hal-hal lain yang berbahaya. GP juga akan lebih mudah deket dengan ownernya apabila ditempatkan di dalam rumah. Outdoor cage sebaiknya hanya digunakan untuk GP bermain dan bukan sebagai kandang permanen.
BERBAGAI MODIFIKASI KANDANG

1. Open Cage
Open cage dapat dibuat bila lingkungan sekitar kandang dianggap aman. Bebas dari anak kecil yang nakal dan bebas dari hewan peliharaan lain yang dapat membahayakan GP (anjing/kucing).

2. Closed Cage
Closed cage adalah kandang tertutup, kandang ini dibuat jika lingkungan sekitar kandang dapat berbahaya bagi GP. Apabila Anda memiliki bayi yang sedang belajar jalan/merangkak, untuk keamanan bayi Anda, sebaiknya buat kandang tipe ini. Anda tentu tidak ingin menemukan bayi Anda di dalam kandang, sedang memunguti pup GP dan memasukkannya ke mulutnya 

3. Multilevel Cage
GP sebenarnya senang tempat datar, tapi kadang untuk kepuasan GP owner sendiri, ada beberapa GP owner yang membuat kandangnya bertingkat. Ada beberapa GP yang menikmati kandang multilevel ini, dari pengakuan beberapa GPL, GP2 mereka senang naik-turun ramp dikandangnya. Multilevel cage bisa dibuat tertutup (closed cage) atau terbuka (open cage).
Apakah Anda berpikir bahwa membuat kandang seperti itu adalah impossible-sama seperti yang dulu ada di pikiran saya? Salah besar, banyak GPL yang udah mencoba membuat kandang C&C/alternative yang ga kalah bagusnya dengan kandang-kandang diatas.
Comments
  1. gan kalo beli c&c cage dmn ya??

  2. kalo kandangnya bikin sendiri boleh ga? pake kayu ….terus di ram in…. terus ditilamin keset yang tebal & empuk, lap …. bisa ga?? klo beli C&C Cage berapa y harganya??

    • Selama bahan yang digunakan tidak berbahaya, ukurannya memenuhi stadar, dan kandangnya beralas datar (GP tidak terekspos pada kawat ram sehingga tidak rawan bumblefoot) menurut saya tidak apa-apa.

      Mungkin yang harus diperhatikan adalah keset yang tebal cenderung lebih cepat basah, mungkin harus dilapis lagi dengan fleece/material lain yang mampu mendistribusikan air ke lapisan dibawahnya tetapi permukaannya tetap kering sehingga keset tidak perlu diganti terlalu sering.

      Kalau C&C cage, sebenarnya sangat murah karena hanya membutuhkan impraboard dan grid. Grid ini juga sebenarnya optional karena fungsinya adalah untuk menjaga GP agar tidak keluar kandang sesukanya dan mungkin dapat melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya sendiri (misalnya menggigiti kabel, atau memakan sampah). Tetapi apabila ruangan tempat kandang tersebut cukup aman, box impraboard dengan tinggi 18-20 cm juga sudah cukup.

      Untuk kandang-kandang yang DIY bisa dilihat disini : http://www.guineapigcages.com/photos/showgallery.php?cat=512

  3. ema says:

    saya mau tanya kalau kandangnya pakai container yg dijual di supermarket bisa tidak? sama dilapisi dengan serbuk kayu saja bagaimana? harus ada tempat tidur apa bagaimana? terima kasih

    • Kandang container yang terbesar-pun setau saya masih terlalu kecil bahkan untuk 1 ekor GP (ukuran 91x76cm). Penggunaan serbuk kayu tidak direkomen karena bisa menyebabkan URI, sebaiknya pakai fleece dan handuk saja. Tempat tidur tidak harus ada, itu additional aja, yang wajib ada itu hidey🙂

  4. Nabila says:

    Gan kalo biasanya kan saya slalu make ac dikamar, terus GP bolehnya ditaro diluar apa didalem? Takutnya kedinginan gitu? Oiya kalo kandangnya kaya aquarium plastik kotak yg gede bgt gabisa ya gan?Mohon sarannya:)

    • GP adalah hewan indoor, jadi kandang sangat disarankan untuk diletakkan didalam rumah.
      Kandang akuarium sangat tidak disarankan karena sirkulasi udara didalamnya tidak baik, akuarium juga biasanya memiliki sisi-sisi yang cukup tinggi. Apabila akuariumnya custom dengan ukuran tinggi maksimal 20 cm sementara luas kandang sesuai standar, mungkin masih bisa digunakan. Tapi apabila sis beli akuarium yang sudah jadi lalu digunakan untuk kandang GP, saya rasa tetap tidak bisa digunakan.

  5. putri says:

    gan kalo dijakarta yg ngejual kandan GP itu diderah mana aja ….???
    mohon dijawab ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s