underbedding, piggy bedsheets and piggy pads

Posted: July 9, 2010 in All About Cages
Tags: , ,

underbedding
underbedding adalah material tambahan yang digunakan dibagian bawah fleece, underbedding ini berfungsi sebagai penyerap air yang utama. Tanpa adanya underbedding, penggunaan fleece akan percuma. Banyak macam underbedding yang umum digunakan, tergantung dari keinginan dan kebutuhan kita.
1. Koran-fleece
memiliki daya serap yang kurang baik sehingga harus sering diganti. Koran yang basah juga sering menempel pada fleece dan cukup sulit dicuci.
2. Serbuk kayu-fleece
daya serapnya baik, hanya saja serbuk kayu yang menempel pada fleece sedikit merepotkan. Biasanya ditambah lapisan koran atau jaring yang terbuat dari plastik agar serbuk kayu tidak menempel pada fleece. Lapisan koran sebaiknya diganti 4 hari sekali. Nantinya, serbuk kayu yang basah bisa dijemur lagi/diganti sementara bagian yang kering tetap dibiarkan dan digunakan kembali. Serbuk kayu yang basah, dijemur kembali dan telah kering dapat digunakan hingga 2-4 kali lagi.
3. Handuk-fleece
pilihan yang paling populer di gp owner internasional karena bisa digunakan untuk jangka panjang sehingga tidak perlu mengeluarkan duit lagi untuk keperluan bedding. Belilah handuk yang berkualitas dan berdaya serap baik. Handuk dengan kualitas yang kurang baik, tidak akan berfungsi semaksimal handuk yang berkualitas, pada akhirnya penggunaan handuk dengan kualitas buruk akan merepotkan kita sendiri karena terlalu cepat basah. Gunakan 1-3 lapis handuk dibawah fleece untuk penyerapan sempurna. Kelemahannya, underbedding ini cukup berat ketika basah, dan proses mencucinya tidak semudah mencuci fleece. Disarankan bagi yang menggunakan mesin cuci. Dan sebaiknya pisahkan antara mesin cuci baju kita sendiri dengan mesin cuci fleece-handuk gp.
4.busa-fleece
busa bisa digunakan sebagai bedding karena menyerap air dengan baik. Usahakan carilah busa lembaran karena akan lebih mudah dipasang. Jangan biarkan gp anda memiliki kontak langsung dengan busa tersebut, gp dengan mudah dapat memakan busa tersebut. Dengan kata lain, anda harus mencari cara agar busa tetap tertutup oleh fleece, dan gp tidak memiliki akses untuk masuk ke sela-sela fleece.
5. Selimut/bed cover bekas-fleece
selimut/bed cover bekas dapat menjadi underbedding yang baik. Gunakan selimut yang memiliki lapisan busa didalamnya. Selimut sarung/kain tidak akan berfungsi sebagai underbedding.

piggy bedsheets/bedspread and piggy pads
penggunaan fleece dengan underbedding sebenarnya sudah cukup praktis, hanya saja beberapa gp owner mengeluhkan gp2 mereka yang sering masuk ke dalam lapisan fleece dan mengacak-ngacaknya sehingga kandang menjadi berantakan. Gp pada dasarnya senang bersembunyi dibawah lapisan fleece, itu membuatnya merasa aman dan nyaman. Sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mudah, yaitu dengan menjepit ujung-ujung fleece ke ujung box impraboard sehingga fleece terikat dengan impraboardnya. Apabila fleece yang kita gunakan cukup besar, kita bisa menyelipkan fleece hingga ke bagian bawah box impraboard (seperti menggunakan sprei).
Beberapa gp owner tersebut kemudian mencari jalan bagaimana agar fleece tidak mudah diacak-acak. Lalu mereka mendapat ide untuk membuat piggy pad, dengan cara menjahit fleece dengan lapisan handuk/busa/selimut/bedcover/mattres pad bekas didalamnya sehingga berbentuk sebuah selimut besar yang sesuai dengan ukuran alas impraboard. Nantinya, bagian bawah cage pad dan impraboard bisa ditambahkan dengan velcro sehingga bedspread tidak mudah berantakan. Dengan begitu mereka akan mudah mencuci dan memasangnya kembali.

ide lain yang mereka gunakan adalah membuat piggy bedsheet/bedspread. Caranya sama, dengan menjahit fleece dengan handuk/busa/selimut/bedcover/mattres pad bekas tetapi dengan bentuk yang disesuaikan dengan bentuk impraboard. Perbedaan bedsheet/bedspread dan piggy pad terletak dari bentuknya, apabila bedsheet melapisi keseluruhan impraboard, pad hanya melapisi bagian dasar impraboard.

Comments
  1. jojo says:

    maaf, tny lg kk…lbh rekomended mana? menggunakan busa-fleece atau handuk-fleece…? kalau sy mau pakai busa..lbh baik busa yg tebal atau tipis ya kak? makasih..

    • handuk-fleece.

      Busa bukanlah penyerap air yang baik, busa sifatnya seperti fleece, hanya mengantarkan air ke bagian bawah. Memang lapisan atas kandang akan terasa lebih kering, tetapi karena bagian bawahnya bisa menjadi sangat basah, sangat memungkinkan untuk bakteri, insects dan berbagai penyakit lainnya untuk berkembang didalamnya tanpa sepengetahuan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s