Bedding

Posted: June 8, 2010 in All About Cages
Tags: , , ,

Bedding adalah material yang diletakkan di dalam kandang yang biasanya berguna untuk menjaga kandang tetap kering, tidak bau dan nyaman bagi peliharaan. Tidak semua bedding dapat ditolerir oleh GP, ada beberapa jenis bedding yang malah berbahaya bagi GP. Semua brand dan petshop menyatakan bahwa “beddingnya baik dan aman untuk hewan peliharaan”, tapi sadarkah Anda bahwa terkadang itu hanya taktik marketing mereka saja? Untuk itu, kita harus punya pengetahuan tentang bedding, sehingga tahu mana yang baik dan mana yang berbahaya bagi GP.

JENIS-JENIS BEDDING
Jenis-jenis bedding disini hanya saya ambil yang memang terdapat di Indonesia, untuk jenis bedding lain yang tidak tersedia di Indonesia tidak saya bahas.

1. Serbuk kayu
Serbuk kayu umumnya digunakan untuk hamster, dan masih banyak orang yang menganggap semua serbuk kayu adalah sama. Jangan salah, kayu yang digunakan untuk serbuk kayu itu bermacam-macam, yang paling umum di Indonesia adalah serbuk kayu cedar/cemara (yang ini tidak boleh digunakan) dan serbuk kayu pine/pinus/jati belanda, tapi kedua serbuk kayu ini memiliki kandungan phenol yang berbahaya bagi GP dan small animal lainnya. Serbuk kayu yang paling aman adalah serbuk kayu aspen, tapi serbuk ini masih sangat jarang di Indonesia. Pembahasan mengenai serbuk kayu, cara mengenali phenol dan cara membedakan jenis-jenis serbuk kayu akan saya bahas pada pembahasan tersendiri.

2. Handuk, busa, selimut bekas, bedcover bekas
Material-material ini merupakan penyerap air yang baik. Penggunaan material ini tidak bisa digunakan langsung karena meskipun menyerap air, tapi permukaan material-material ini akan tetap basah dan lembab. Oleh sebab itu, di atas material ini harus ditambah material lain yang namanya fleece. Bedding ini yang paling murah, karena sifatnya bisa dipakai terus menerus (cuci-jemur-pakai lagi), berbeda dengan serbuk kayu/bedding lain yang sifatnya hanya sekali pakai. Hanya saja, ketika basah material2 ini menjadi cukup berat sehingga mencucinya juga membutuhkan tenaga ekstra. Kalau dirumah ada mesin cuci nganggur yang bisa dipakai, bedding seperti ini cocok untuk Anda. Kalo ga punya mesin cuci, tapi mau pakai bedding ini, siapkan tenaga ekstra untuk mencucinya 

3. Fleece/kain polar/selimut emen
Fleece adalah material berbahan 100% polyester. Material ini fungsinya hanya untuk mengalirkan air dari permukaan fleece ke lapisan bedding. Nantinya, bedding dibawahnya akan basah, tapi fleece-nya sendiri tetap kering. Fleece ini nyaman untuk GP karena selain empuk dan hangat, fleece menjaga agar badan GP tidak kotor dan tidak basah. Fleece akan dibahas lebih lanjut pada posting tersendiri.4. Wood Pellets
Wood pellet adalah kayu yang dipadatkan sehingga berbentuk seperti pellet. Wood pellet bisa digunakan asal tidak mengandung phenol. Wood pellet cukup berat jadi kurang cocok untuk digunakan pada seluruh kandang, mungkin hanya untuk bagian kitchen saja. Wood pellet yang basah nantinya akan hancur dan berbentuk serbuk, serbuk-serbuk ini nantinya akan menumpuk di bagian bawah kandang sementara bagian atas kandang tetap tertutup dengan wood pellet yang masih utuh (meskipun tidak selalu). Masih ada kontroversi apakah serbuk-serbuk dari wood pellet ini berbahaya bagi GP atau tidak, dan selama ini masih belum ada studi mengenai hal ini tapi beberapa orang masih menggunakan wood pellet pada GPnya dan menyatakan aman. Wood pellet kurang nyaman di kaki GP karena bentuknya padat. Pada saat membersihkan kandang, serbuk-serbuk wood pellet yang menempel di bagian bawah kandang cukup merepotkan.

4. Koran
Koran aman dijadikan sebagai bedding. Namun kurang baik karena daya serapnya yang buruk, dan meninggalkan area yang basah pada kandang. Daya penyerap bau pada koran juga buruk. Menggunakan bedding berupa koran pada kandang GP berarti harus rajin-rajin menggantinya dengan koran yang baru agar kandang tidak kotor dan bau. Kertas majalah, dan kertas sisa print tidak layak untuk dijadikan bedding.

5. Puppy Pads
Untuk tekstur dan bahannya sendiri saya belum tau karena belum pernah coba puppy pads, tapi dari hasil googling keliatannya puppy pads ini bentuknya seperti selimut kotak dengan tekstur seperti popok bayi. Puppy pads bisa digunakan sebagai bedding GP, tetapi penggunaannya harus tetap dilapis lagi dengan fleece. Puppy pads ini ada yang sekali pakai ada juga yang bisa dipakai beberapa kali.
6. Rumput/hay
Rumput dan hay sebenarnya bisa dijadikan bedding. Tapi karena daya serapnya yang kurang baik sebenarnya bedding ini kurang cocok. Karena hay dan rumput adalah makanan GP, jadi GP yang dikandangkan di kandang yang berbedding rumput/hay berpotensi mengkonsumsi hay/rumput yang telah terkena pee/pupnya sendiri.

7. Corn Cobs Bedding
Corn cobs bedding merupakan salah satu bedding yang umum digunakan untuk hamster. Terbuat dari biji-biji jagung yang dikeringkan, jadi si GP aman dari bahaya phenol. Tapi bedding jenis ini bukan termasuk jenis bedding yang baik, karena lebih cepat basah, dan rawan dimakan oleh GP. Apabila termakan, bisa menimbulkan penyumbatan pada perutnya dan akhirnya menimbulkan masalah kesehatan. Meskipun demikian ada beberapa GP owners menggunakan corn cobs sebagai bedding untuk GPnya dan menyatakan aman. Ini review dari bro stenlyaga yang pernah menggunakan corn cobs bedding :
Dulu pernah pake ke hamster, GP juga.selama pake bedding ini aman sih, tp kadang ada yg nakal dikirain makanan dan digigit karena memang berbau jagung ^^ tapi karena uda terbiasa akhirnya GP dan hamsternya uda tau kalo itu bukan makanan, jadi mereka uda ga gigit-gigit lagi, cuma pas baru awal-awal dikasih bedding corn cobs aja, kalo uda terbiasa insting mereka pasti tau juga kl itu bukan makanan dan ga dimakan atau digigit lagi.
Cuma kekurangan dr corncobs ini teksturnya kurang lembut aja, jd ga terlalu nyaman buat bobo GP dan masih berbau jagung.


8. Pasir Zeolit/Pasir hamster/pasir kucing
Pasir zeolit/pasir hamster/pasir kucing tidak boleh digunakan sebagai bedding untuk GP. Pasir ini rawan dimakan oleh GP, dan ada beberapa kelinci yang memiliki alergi terhadap pasir zeolit. Permukaannya kasar dan berat, tidak cocok untuk digunakan pada seluruh kandang. Kaki GP tidak dapat menapak dengan nyaman dan walaupun dilapisi dengan fleece masih belum dapat dipastikan apakah pasir zeolit membawa dampak buruk bagi GP.

Comments
  1. yoseph says:

    mas / mbak mw nanya.saya bru rencana bli gp.untuk bedding berarti kalo sudah kotor harus dibuang y?

    • Tergantung jenis beddingnya bro. Kalau pakai serbuk kayu aja sebaiknya langsung dibuang, tapi kalau pakai handuk/bedcover atau selimut bekas-fleece, tinggal dicuci aja. Sebenernya kalau untuk bedding, yang paling hemat memang pakai jenis kain2an diatas, karena bisa dipakai ulang, makanya ini paling direkomen oleh GP owners di luar. Hanya memang modal awalnya cukup besar, dan mencucinya juga cukup repot.

      Kalau pakai serbuk kayu-fleece, selama kandangnya luasnya mencukupi biasanya kandang tidak akan sepenuhnya kotor, tapi hanya pada spot2 tertentu saja. Nanti spot2 itu aja yang dibuang dan diganti dengan yang baru supaya lebih hemat juga. Mungkin sekitar 3-4 bulan sekali (tergantung ukuran kandang dan jumlah GP juga) baru ganti seluruh serbuk kayunya dengan yang baru. Usahakan serbuk kayu cukup tebal, minimal 3 cm, semakin tebal akan semakin baik.

      Moga2 bahagia dengan GP barunya ya bro🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s