Fleece

Posted: June 9, 2010 in All About Cages
Tags: , ,

fleece kalo diliat dari dekat

Fleece sebenarnya bukan bedding yang biasa dihubungkan dengan GP. Tapi ketika kita mengerti tentang bagaimana fleece ini bekerja, kita akan memahami kenapa banyak orang memilih menggunakan fleece untuk GP mereka.

APA ITU FLEECE?
Fleece adalah nama kain yang tidak umum di Indonesia. Biasanya fleece digunakan sebagai bahan untuk membuat hoodie olahraga. Fleece yang kita cari ini menggunakan 100% polyester, bukan kain berbahan wol. Mencari fleece gampang-gampang susah, tapi begitu kita mengerti bagaimana bentuk fleece itu kita akan mudah menemukannya dimana saja. Sebenarnya jenis-jenis kain fleece banyak sekali, tetapi saya rasa kita tidak perlu membuang waktu untuk mengulik semuanya karena akan terlalu membingungkan nantinya. Tapi kalau ingin tau lebih lengkap tentang jenis-jenis fleece bisa dibaca disini :
http://www.guinealynx.info/forums/viewtopic.php?t=26093

Disini, saya akan membahas satu jenis kain fleece yang paling sering ditemukan. Fleece yang paling popular dan digunakan adalah printed polar fleece. Biasanya dijual dalam bentuk selimut. Sebut saja selimut polar atau selimut emen atau selimut kemping atau selimut rumah sakit ketika pergi ke pasar kain, atau ke mall. Polar fleece diluar sana dikenal juga dengan nama microfleece. Biasanya digunakan untuk membuat sweater olahraga, celana olahraga, baju senam, hoodie, baju outdoor, dan alternatif lain dari wool.
Polar fleece yang paling popular dan digunakan adalah printed polar fleece. Biasanya dijual dalam bentuk selimut, baik selimut anak ataupun selimut dewasa. Sebut saja selimut polar atau selimut emen atau selimut kemping atau selimut rumah sakit ketika pergi ke pasar kain, atau ke mall. Harga selimut printed polar fleece bervariasi, antara 30ribu (harga selimut reject di pasar) hingga 200ribu (harga fleece import) tergantung tempat, kualitas dan ukuran yang dibutuhkan. Seperti namanya, printed polar fleece adalah polar fleece yang sudah di print dengan gambar-gambar. Tekstur printed polar fleece ini lembut dan ringan.

PRINSIP DASAR PADA PENGGUNAAN FLEECE]
Fleece bukanlah berfungsi sebagai bedding yang sebenarnya.Fleece hanya mendistribusi air yang ada di permukaan fleece ke lapisan bedding dibawahnya (misal : handuk, serbuk kayu, koran, bed cover, dsb). Nantinya, lapisan bedding dibawahnya (yang biasa disebut underbedding) akan basah (sesuai dengan daya serapnya masing-masing) dan lapisan fleece itu sendiri tetap kering. Inilah yang menyebabkan kenapa fleece lebih nyaman, karena fleece menjaga GP tetap kering.

DIMANA SAYA HARUS MEMBELI FLEECE?
Fleece dijual di Carrefour, Giant bagian selimut/taplak/keset, di ACE Hardware bagian pet, toko-toko anak, toko kain. Mungkin untuk memudahkan, berikut laporan dari GPL2 yang udah berhasil mendapatkan fleece :

Originally Posted by blackcatfool

sekedar info aja (mgkn sdh ada yg tahu) utk para GPL yang masih nyari2 atau mau beli bahan Fleece (untuk daerah Jakarta ya ) bisa beli di daerah pasar Cipadu, dekat Bintaro (juga dekat Ciledug).
tapi kita harus mencari sendiri tokonya yg menjual bahan ini. tanya saja bahan selimut bayi (karena mereka tidak mengerti Fleece)
disana sistem harganya dihitung dari beratnya & dijual sudah dalam potongan2. aku dulu beli 3 (lembar) fleece dgn ukuran kira2 1m x 1,5 m itu sekitar Rp40ribuan <— tahun 2009 awal
tapi harus diperhatikan juga kalau ukurannya ini tidak akurat. karena mereka cenderung memotong sesukanya.jd kain yg 1 dengan yg lain bisa berbeda ukurannya. utk GPL yg mgkn msh mencari fleece dengan harga yg lbh murah dr carrefour bs datang Cipadu

Originally Posted by raeventus

referensi fleece jakarta:
- Di Ace Hardware, yang ini ukurannya 100 x70 kalo ga salah, harganya 23.800. Cari di tempat perlengkapan hewan. motif kaki anjing
Di Care4, ukuran 100x sekian, harga 50an- 100an. tergantung motif n jenis, kalo polos lebih mahal.

Originally Posted by fridzalone

Kalo domisili di Bandung, fleecenya bisa dibeli di:

  • Istana Plaza, lt dasar, klo ga salah di belokan deket petshop. Harganya ya harga mall, 45ribu untuk yang ukuran 150x100cm (klo ga salah), dan 75ribu untuk yang ukuran besar. Motifnya dan print-nya bagus.
  • Di Ace Hardware, yang ini ukurannya sedikit lebih kecil dari yang ukuran diatas, dan harganya 30ribu. Cari di tempat perlengkapan hewan.
  • Di Pasar Baru. Temen saya pernah beli selimut fleece di Pasar Baru, ukurannya yang ukuran besar (saya lupa berapa kali brapa-nya) harganya 55ribu.
  • Di Gasibu. Banyak dijual disana klo hari minggu pagi, saya pernah beli yang besar dan nawar harga ampe 40ribu/pcs (kalo beli borongan sih). Waktu itu saya beli 4 pcs. Harga awal kira-kira 50ribu. Kualitas motif dan print sedikit dibawah IP
  • Di Cigondewah. Kemaren saya beli di satu toko (yang kebetulan buka pas hari libur), motifnya biasa aja bukan motif yang lucu-lucu kaya di IP ato Gasibu. Malah kebanyakan warna polos. Saya akhirnya beli yang warna polos dengan harga 35ribu/pcs. Niatnya lain kali mau hunting di Cigondewah lagi. Kali-kali aja ada yang meteran.

AMANKAH MENGGUNAKAN FLEECE?
Hingga saat ini masih terdapat perdebatan antara pengguna fleece dengan non-fleecer. Pertanyaan-pertanyaan seperti “bagaimana kalau GP saya makan fleecenya?” “apa saja bahayanya?” “mungkin ga kaki GP kesandung fleece, dan kemudian luka dalam?” “gimana kalau GP masuk ke dalam fleece dan tau-tau kepanasan/over heated?”.
Fleece digunakan oleh ribuan GP didunia, dan banyak GPL di Indonesia dan sangat tidak wajar mendengar ada GP yang tersedak oleh fleece, dan GP tidak mungkin tersandung oleh fleece meskipun fleece itu berbulu, karena bulu pada fleece umumnya padat. GP yang bisa masuk ke dalam lapisan fleece akan mudah keluar juga, jadi kejadian seperti overheated sangat sangat jarang terjadi. Resiko menggunakan bedding lain seperti serbuk kayu, corn cobs bedding, wood pellets, koran, dan bedding lainnya sangat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan fleece. Jadi apabila resikonya jauh lebih rendah, kenapa kita harus merepotkan diri dengan menggunakan bedding lain yang lebih tinggi resikonya?

APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN SETELAH MENDAPATKAN FLEECE?
Sebelum digunakan, fleece harus dicuci beberapa kali terlebih dahulu karena fleece yang masih baru memiliki lapisan “anti-wick” yang menghambat air masuk ke dalam lapisan fleece. Akibatnya air akan menggenang di permukaan fleece. Cucilah fleece dengan menggunakan deterjen biasa, tanpa pewangi, pembersih, pengharum, pemutih dan embel-embel lainnya. Larutan pewangi juga jangan digunakan karena itu akan membuat lapisan “anti-wick” bertambah kuat.
Fleece yang baru pertama dibeli sebaiknya dicuci antara 2-5 kali agar bisa menyerap dengan baik. Proses mencuci fleece untuk pertama kali kira-kira seperti ini :

Untuk yang menggunakan mesin cuci :

  • Cuci fleece untuk pertama kali (penggunaan air hangat disarankan) dengan deterjen
  • Keringkan dengan pengering pada mesin cuci
  • Jemur hingga kering
  • Cuci kembali

Untuk yang menggunakan tangan :

  • Cuci fleece untuk pertama kali (kekuatan tangan anda pada saat mencuci amat berpengaruh) dengan deterjen
  • Setelah diperas, jemur/ angin-anginkan fleece
  • Tunggu hingga fleece kering
  • Fleece siap dicuci lagi

Setiap selesai mencuci dan fleece telah kering, ada baiknya fleece tersebut dites terlebih dahulu, caranya dengan meletakkan fleece diatas lapisan handuk/bed cover/selimut dan tumpahkan sedikit air di atas permukaan fleece. Tunggu beberapa menit (fleece yang masih baru biasanya membutuhkan waktu hingga 5-10 menit untuk menyerap air dan menjaga permukaan tetap kering). Apabila setelah itu fleece tetap kering, dan lapisan handuk dibawahnya basah, berarti fleece telah siap digunakan.

KENAPA FLEECE SAYA GA MENYERAP AIR?
Ada beberapa kemungkinan kenapa fleece sampai tidak menyerap air dengan baik :

  • Salah membeli kain
  • Tidak dicuci dengan sempurna
  • Menggunakan terlalu sedikit/terlalu banyak lapisan fleece pada kandang. Normalnya kita bisa menggunakan 1-2 lapisan fleece pada kandang, tapi dari pengalaman saya 1 lapis fleece sudah cukup untuk menyerap air dengan baik.
  • Tidak ada/kurang underbedding dibawah fleece
  • Kualitas underbedding yang kurang baik (misalnya koran)
  • Menggunakan softener ketika mencuci
About these ads
Comments
  1. yurnike says:

    terima kasih untuk penjelasannya,sangat membantu sekali,saya sdg butuh referensi tentang bahan fleece. mohon ijin menggunakan link web ini untuk olshop saya.
    thx

  2. Pandu The Bonersss... says:

    good artikel nie… thx dah bagii2 info..

  3. ayo says:

    permisi sdr2 klo underbedding itu baiknya apa ya? atau ada opsi lain kah selain koran klo ga pasir zeolit. trimakasih

  4. jodie says:

    jika menggunakan fleece, mungkin kencing gp bisa terserap. Namun bagaimana dengan kotoran gp? apa itu berarti kita harus sering membersihkan kotorannya?

  5. rahardian rizqi says:

    gan, kmarin saya ke Istana Plasa. mau cari fleece sesuai degnan ptunjuk agan yang “Istana Plaza, lt dasar, klo ga salah di belokan deket petshop”.
    tp kmarin nanya ma satpam, di Istana Plasa kok ga ada petshop.
    mohon lebih detail lg untuk ptunjuk di istana plasanya.
    soalnya ntar siang saya mau ke istana plasa lagi.

    • Wah, saya krg tau jg ya bro. Soalnya itu sudah lama sekali. Dulu ada petshop di dekat ATM2 itu. Toko selimutnya ada di dekat toko yg jual kelomang, tapi kalo ga nemu, coba cari di ITC, Cigondewah, Pasar Baru, BTC. Saya suka liat ada yg jual selimut fleece. Ato pesen online aja, banyak toko online yg menjual selimut fleece :)

  6. sutepen says:

    Mau tanya, kalau fleece nya sudah terlanjur dicuci dengan softener, apa masih bisa menyerap air? apa saya harus mencuci ulang kembali? kalau iya, harus di cuci ulang berapa kali agar bisa menyerap air nya.. terima kasih

    • Terus terang saya belum pernah kelepasan nyuci dengan softener. Tapi kemungkinan besar masih bisa dipakai. Dicuci ulang aja, lalu dites dengan cara setelah selesai dikeringkan, coba dibawah fleece diletakkan handuk, lalu dituangkan sedikit air, tunggu sekitar 5 menit kalau air mengalir ke bawah (ke handuknya) dan permukaannya kering, berarti fleece sudah siap dipakai lagi. Kalau belum, harus dicuci kembali untuk menghilangkan anti wick-nya.

  7. Fheby Queeny says:

    di mana saya bisa mendapatkan guinea pig di daerah sulawesi selatan? saya sudah mencari2 ke mana2 tp tdk ketemu.
    apa anda menjual gp juga? kisaran harga gp per ekor kira2 berapa ya?
    mohon infonya. makasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s