Kandang GP

Posted: June 8, 2010 in All About Cages

kandang yang layak
kandang gp yang sesuai standar harusnya memiliki:

  • alas yang datar
  • tidak berjeruji
  • memiliki luas yang cukup untuk gp bermain
  • memiliki sirkulasi udara yang lancar
  • mudah dibersihkan
  • semakin luas kandang, semakin baik.

kandang yang tidak layak

1. Kandang yang alasnya berjeruji besi/kawat.
kandang tipe ini memang praktis, tapi kandang seperti ini bisa menyebabkan bumblefoot dimana kaki gp membengkak dan luka (kadang bernanah). Bayangkan bila kita hidup diatas kandang berjeruji, pasti badan kita sakit-sakit semua. Kandang seperti itu juga rawan cedera, kaki gp itu rapuh.
2. Kandang bambu untuk kelinci
kandang bambu memang dipandang praktis, karena bambu adalah material yang sifatnya antibakteri. Disamping itu kandang bambu juga mudah dibersihkan. Tapi, kandang bambu juga memiliki lubang-lubang kecil yang bisa menyebabkan kaki/kuku kaki gp terjepit disitu, akibatnya kaki/kuku gp bisa patah/luka. Karena materialnya dari bambu yang tahan air, ada kemungkinan permukaan bambu menjadi basah ketika gp pee.

3. Kandang hamster
it’s big no no!!! kandang hamster itu ukurannya disesuaikan dengan ukuran tubuh hamster yang 10 kali lebih kecil dari gp. Menempatkan gp di kandang hamster sama dengan tinggal di ruangan sebesar tempat tidur.
4. Kandang-kandang lain yang ukurannya lebih kecil
kandang yang kecil = extra maintenance. Kandang kecil akan lebih cepat kotor, otomatis membersihkannya juga harus semakin sering. Kemungkinan gp terkena penyakit akan semakin besar.

ukuran kandang standar (credit to : bro avan kakusinger for the pics)

  • 1 ekor = 76 cm x 91 cm (2 x 3 grid), atau setara dan minimal 0.7 m persegi  
  • 2 ekor = 76 cm x 127 cm (2 x 4 grid) atau setara 1.00 m persegi – minimal 0.7 m persegi 
  • 3 ekor = 76 cm x 157 cm (2 x 5 grid) atau setara 1.20 m persegi – minimal 1 m persegi
  • 4 ekor = 76 cm x 193 cm (2 x 6 grid) atau setara 1.50 m persegi – minimal 1.2 m persegi 
  • selanjutnya penambahan satu ekor gp sebanding dengan penambahan satu buah grid plus connector. Atau gini ngitungnya :

Dari bilangan ganjil ke genap (1 ke 2, 3 ke 4, dst) ada penambahan 36 cm
dari bilangan genap ke ganjil lagi (2 ke 3, 4 ke 5, dst) ada penambahan 30 cm
ukuran satu gridnya diasumsikan sebesar 35.5 cmx35.5cm.

kenapa harus besar?
banyak yang bertanya mengapa kebutuhan kandang gp yang badannya kecil justru ukurannya lebih besar dari kandang anjing/kucing? Mari coba kita balik pertanyaannya, sanggupkan anda apabila gpnya berada diluar kandangnya sesering anjing/kucing anda dan membiarkan gp anda berkeliaran bebas di rumah sama seperti anjing/kucing sementara gp adalah hewan yang tidak mudah untuk di litter train, pup dan pee sepanjang hari? Wajar dan adilkah bila anda memberikan area seluas rumah anda untuk anjing/kucing anda, tapi hanya memberikan area seluas 60×40 untuk gp anda? Gp akan menghabiskan sebagian besar waktunya didalam kandang. Mereka bermain, tidur, pup dan pee disitu, bagaimana rasanya apabila kita ditempatkan di kamar 2×3 sepanjang hari, tidur, makan, pup, dan pee disitu dan hanya diberikan waktu keluar sekitar 2 jam/hari?

keuntungan kandang yang luas


1. Gp bisa berolahraga
gp sama seperti manusia, mereka juga butuh olahraga. Penyakit-penyakit seperti obesitas, bumblefoot, uri/infeksi saluran pernapasan, bladder stones/kencing batu juga bisa berbahaya bagi gp. Untuk itu kandang yang luas akan membantu gp tetap sehat.

2. Gp bisa bermain kapanpun mereka mau
gp itu hewan yang hampir sepanjang hari beraktivitas. Otomatis jadwal kegiatan mereka berbeda dengan jadwal kegiatan kita. Belum tentu pada saat kita mengajak mereka flooring, mereka sedang ingin bermain. Dan meskipun diberikan waktu floor time yang banyak, belum tentu mencukupi kebutuhan aktivitas gp (kecuali mungkin gpnya mau dilepasin di area rumah).

3. Menjaga gp agar tidak bosan
bayangin ketika kita dipaksa hidup dikamar ukuran 2×3 seumur hidup, makan, mandi, tidur, pup, pee, dan berusaha *bersenang-senang* diarea 2×3 itu. Pasti stress kan? Seperti itulah rasanya 

4. Menjaga gp tetap akur
gp itu hewan yang suka privasi, kandang yang luas akan memberikan masing-masing gp yang ada di kandang tersebut untuk memiliki area privasinya masing-masing.

5. Mudah dibersihkan
semakin luas kandang berarti kotoran gp tidak akan menumpuk di satu tempat, karena tersebar maka otomatis kandang akan lebih bersih dan memungkinkan kita untuk semakin jarang membersihkannya.

6. Kita lebih mengenal gp kita
apabila gp ditempatkan dalam kondisi yang bebas stress, menyenangkan dan bersahabat. Gp tersebut akan lebih mudah dekat dengan kita. Kita bakal disuguhi dengan pemandangan gp yang bermain, melompat-lompat senang, kejar-kejaran, main petak umpet dengan temannya atau sekedar berlari mengikuti kita dari dalam kandang ketika meminta makan. Ketika kita melihat mereka sebahagia itu, kita akan sadar kalau kita melakukan hal yang benar, dan itu akan membuat kita bahagia juga.

JENIS KANDANG

c&c cage
c&c cage adalah sistem kandang yang dianggap paling baik untuk gp. Kandang ini menggunakan box (umumnya terbuat dari impraboard) yang dikelilingi oleh grid sebagai pagar kandang tersebut. Karena sifatnya handmade, kita bebas menentukan ukuran kandang yang diinginkan. C&c cage beralas datar. Biasanya diberi bedding berupa serbuk kayu, kertas koran atau fleece. C&c cage memungkinkan kita untuk berkreasi dan mendekor kandang gp sesuka kita.

alternative cage
karena bahan-bahan untuk alternative cage belum tentu tersedia, biasanya gp owner membuat kandang alternatif c&c cage dengan material-material yang tersedia. Material pengganti dapat berupa apa saja yang memenuhi kriteria kandang yang layak dan tidak berbahaya bagi gp. Kandang alternatif ini dibuat dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran standar.

GRIDS
Grids adalah material yang digunakan sebagai pagar pada kandang C&C Cage. Didalam area yang dikelilingi grids, nantinya akan diletakkan box impraboard. Tujuan digunakannya grids adalah agar GP tidak mudah keluar dari kandangnya. Grids ini kalau di luar negeri digunakan sebagai material untuk membuat storage, inilah sebabnya kita tidak akan menemukan grids di petshops.

Di luar negeri, grids dihargai cukup murah. Harga rata-rata adalah $15- $20 USD per bungkus. Biasanya berisi 30 panel dan 30 grid connector. Tetapi karena masih termasuk barang impor, grid di Indonesia harganya cukup mahal dan jarang ditemukan. Satu-satunya toko yang diketahui menjual grids adalah The Daiso, sebuah toko serba 22ribu yang menjual berbagai peralatan jepang-jepangan. Sementara di ACE Hardware atau supermarket bangunan lainnya, tidak semua cabang menyediakan grid ini, kalaupun ada harganya lebih tinggi dari harga di The Daiso. Grid juga bisa didapatkan di Roxy Mas-Jakarta, harganya jauh lebih murah dari yang di The Daiso 25ribu untuk grid ukuran 100cmx60cm. Hanya saja kualitasnya tidak sebagus produk The Daiso, ukuran lubang tengahnya lebih besar, sehingga mungkin harus di dobel agar GP tidak terjepit di gridnya. Kekurangan lainnya, grid ini lebih tipis dan catnya kurang rata. Bisa menjadi alternatif yang baik meskipun dari segi estetik terlihat kurang indah dan kurang kokoh. Tempat lain yang juga menjual grid adalah di Pasar Pagi (kota)tempatnya : dibelakang Asemka pasar pagi masuk dari gang dekat BCA. Harganya untuk yang 60×30 = 15.000 dan untuk yang 120×30 = 26.000

Lokasi The Daiso (by sis hiopipop) :
1.Artha Gading
Address : Jl.Bulevar Artha Gading Selatan.No.1 Lt.1 Blok B7 No.1
2.Blok M
Address : Jl.Melawai Raya No.28 Kebayaron Baru Jakarta 12160
3.PARIS VAN JAVA
Address : JL. SUKAJADI NO. 137-139 BLOK 6C 08 BANDUNG[b]
4.Surabaya Darmo
Address : Jl. Raya Darmo Permi Selatan No.3 Surabaya 60226
5.THE DAISO TUNJUNGAN PLAZA
Address : JL BASUKI RAHMAT No,8 – 12 Tunjungan PlazaⅠLt.LG No.11 Surabaya Jawa Timur.

Ukuran-ukuran grid (by bro dip.dip) :
– 26×26 cm (harga 22ribu/2pcs)
- 40×40 cm @pcs
- 51×26 cm (stock kadang ada, kadang enggak) @pcs
- 33×26 cm (stock kadang ada, kadang enggak) @pcs
- 33×33 cm (stock kadang ada, kadang enggak) @pcs

 

DI KOTA SAYA GA ADA DAISO, TRUS GIMANA?
Banyak alternatif lain yang bisa digunakan sebagai pengganti grid. Selama material pengganti tersebut aman bagi GP, cukup tinggi sehingga GP tidak mudah keluar dari kandangnya, material tersebut bisa digunakan. Bahkan ada beberapa GPL yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah memiliki masalah dengan tidak menggunakan grid sama sekali, GP2 mereka memilih untuk tetap di kandangnya.
Beberapa alternatif yang bisa digunakan adalah :

 

 

 

  • pagar-pagaran anjing/kucing (carilah yang tidak terlalu tinggi)
  • pagar-pagaran hamster (sedikit kurang tinggi, mungkin harus didobel biar lebih tinggi)
  • karpet puzzle (sejauh ini saya belum menerima laporan GP yang mencoba mengkonsumsi karpet puzzle, tapi hal ini mungkin saja terjadi)
  • ecoplast + kayu
  • ecoplast + rangka besi yang telah dilas berbentuk kotak
  • kawat jaring + kayu (pilihlah kawat yang tidak mudah berkarat)
  • kawat jaring + rangka besi (pilihlah kawat yang tidak mudah berkarat)
  • acrylic + kayu

- atau dibuat seperti ini :


About these ads
Comments
  1. jodie says:

    adakah tempat untuk beli grid secara online?
    dan impraboard itu apa?

  2. gan , saya mau tanya .. saya mau pelihara GP tapi saya rada khawatir
    soalnya kalo kamar saya diatas panas gan, apa boleh kalo panas?
    dan kalo dibawah rawan ada tikus gan ..
    jadi gmana solusinya supaya letak kandang yang benar gan ?

    • Sebenarnya GP rawan heat stroke, tetapi kamar yang panas bisa diakali dengan memasukkan botol es yang dibungkus dengan handuk ke dalam kandangnya, dengan begitu kalau GPnya merasa kepanasan dia bisa ngadem disitu. Botol es ini bisa secara rutin diganti.

      Kalau saya pribadi, justru lebih concern ke permasalahan sirkulasi udara, apabila sirkulasi udaranya kurang baik otomatis kandang cenderung jadi lebih bau, dan akan lebih beresiko terkena URI.

      Kalau diletakkan di lantai bawah, mungkin kandang bisa diletakkan di atas meja jadi tidak terjangkau oleh tikus, dan mungkin kandang bisa dibuat dengan tipe closed cage agar kalaupun misalnya nanti tikusnya bisa manjat ke meja, tapi ga akan bisa masuk ke dalam kandang :p

  3. Dira says:

    kaa, ada tutorial bikin c&c cage dr grid & impraboard ga?hhe aku mau bikin tp bingung..

  4. Vincent Hung says:

    Gan beli grid dimana si????

  5. kang ada ga cara bikin gp ga pup sembarangan atau tiba2 pup????
    lagi berduka gp ane ninggal 2 semalam

    • GP adalah hewan dengan sistem pencernaan pendek, artinya dia akan makan terus2an sepanjang hari, sekaligus pup dan pee sepanjang hari juga. Jadi ga ada bro cara agar GP tidak tiba2 pup. Kalo untuk melatih litter train agar GP pupnya lebih teratur (di tempat yg itu2 aja) mungkin masih bisa, tapi itupun belum tentu berhasil 100% dan tergantung oleh kecerdasan GP dan kecerdikan ownernya dalam mengakalinya :)

  6. vivi says:

    bang aku mau beli grids &connector nya dong, bagi linknya dong u.u

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s